Industry Updates

Berbagai Jenis Plastik dalam Sebuah Kemasan Air Mineral

Kemasan air mineral dalam botol plastik sangat populer karena praktis. Ada banyak merek air mineral yang menggunakan botol berbahan plastik dengan beragam bentuk pada produk mereka. Tapi sayangnya, air mineral kemasan plastik sekali pakai dapat menimbulkan masalah yakni sampah kemasannya yang makin menggunung.

sampah air kemasan
Sampah botol air mineral

Melansir dari laman UN Environment Programme, ada satu juta air mineral kemasan yang dibeli setiap menitnya di seluruh dunia. Alhasil akan ada timbunan sampah kemasan air yang terus menggunung apabila botol-botol plastik itu tidak diolah dengan benar.

Selain itu, dalam sebuah botol kemasan air biasanya terdiri dari beragam jenis plastik yang berbeda-beda. Membuat proses pengolahan dan daur ulangnya pun tidak sama. Ketahui beragam jenis plastik dalam sebuah air mineral kemasan pada penjelasan di bawah ini.

Jenis Plastik Tutup Botol Kemasan Air Mineral

Tahukah kamu? Faktanya, tutup botol air mineral kemasan menggunakan jenis plastik yang berbeda lho. Tutup botol ini nantinya akan dipisahkan ketika sudah masuk fasilitas daur ulang. Biasanya, tutup botol plastik memiliki warna yang beragam, dari biru, merah hingga putih. Tutup-tutup botol kemasan air ini umumnya terbuat dari jenis plastik HDPE (High-density Polyethylene) atau PP (Polypropylene).

Jenis plastik HDPE atau plastik dengan kode daur ulang sampah 02, termasuk dalam kategori plastik mudah-sedang untuk didaur ulang. Sedangkan jenis plastik PP memiliki kode 05 yang cukup sulit untuk didaur ulang. Cara mudah mendaur ulang sampah tutup botol plastik ialah dengan membuatnya menjadi kerajinan. Jika kesulitan mengolah sampah kemasan air ini, Anda bisa mengirimkannya ke Waste4Change.

Jenis Plastik Botol Kemasan Air Mineral

Berbeda dengan tutup botol plastik, badan botol biasanya berwarna bening atau transparan. Jenis plastik yang digunakan sebagai kemasan air ialah PET (Polyethylene) yang cukup mudah untuk didaur ulang. PET memiliki kode daur ulang sampah 01 yang biasa terdapat di bagian belakang atau bawah botol. Daur ulang sampah kemasan air jenis plastik ini cukup mudah, karena sudah banyak inovasi yang dibuat dari botol plastik.

Selain didaur ulang menjadi bijih plastik, plastik PET juga bisa dijadikan kerajinan, seperti bahan dakron untuk boneka/bantal/guling, atau bahan pembuatan karpet hingga kain polyester. Dari tiga bagian botol plastik, bagian badan botol ini adalah yang paling mudah didaur ulang. Walau begitu, sebagai konsumen cerdas, kita tetap harus bijak dalam mengonsumsi produk yang menggunakan plastik.

Jenis Plastik Label Kemasan Air Mineral

Bagian terakhir dari botol plastik kemasan air ialah label. Umumnya, label pada botol kemasan air berbentuk stiker yang terbuat dari campuran beberapa jenis plastik di antaranya PE (Polyethylene), PP dan bahan nylon.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, plastik bahan PP cukup sulit didaur ulang karena materialnya yang dianggap kurang bernilai. Untuk mendaur ulang plastik jenis ini, perlu pengolahan khusus. Anda bisa mengirimkan sampah kemasan air ke Waste4Change lewat layanan Send Your Waste (SWY), agar proses daur ulang sampah jadi lebih mudah.

Guna Tumblr untuk Kurangi Sampah Botol Plastik Air Mineral

sampah air kemasan
Tumbler Corkcicle sedang hype saat ini (Sumber: Detikfood)

Untuk bantu mengurangi timbulan sampah botol plastik sekali pakai, kita bisa mulai menggunakan tumblr minuman guna ulang dalam kegiatan sehari-hari. Selain menghemat budget dalam membeli air, membawa tumblr minum sendiri juga memudahkan kita ketika kehausan. Dalam tahap pengelolaan sampah 3R, mengurangi adalah langkah pertama yang perlu difokuskan sebelum daur ulang.

Send Your Waste adalah layanan kelola sampah individu dari Waste4Change yang bertujuan untuk mengatasi timbunan sampah di TPA dan lingkungan. Ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh lewat layanan ini, di antaranya pengelolaan sampah yang lebih bertanggung jawab, mudah dan praktis. Anda juga bisa mengumpulkan poin lewat layanan ini dan menukar poin dengan pilihan produk yang menarik.

Cara untuk mendapatkan itu semua cukup mudah, Anda bisa mendaftarkan akun di link berikut ini, lalu pilih menu Jemput Sampah atau Kirim Sampah, sesuai kebutuhan. Setelah itu, ikuti langkah selanjutnya. Dengan menggunakan layanan ini, Anda sudah tidak perlu khawatir lagi soal sampah kemasan air dan cara daur ulangnya. Cukup pilah dan bersihkan sampah, lalu kirimkan ke Waste4Change.

Posted on Last Updated on
Bagikan Artikel Ini

Mulai Pengelolaan Sampah
Secara Bertanggung Jawab
Bersama Waste4Change

Hubungi Kami