Industry Updates

SIARAN PERS: Walikota Tangerang Selatan Menerima 35.000 Paket Bantuan Makanan & Minuman Bernutrisi untuk Petugas Persampahan di Kota Tangerang Selatan

Sejak bulan April 2020, Greeneration Foundation dan Waste4Change telah berinisiatif melakukan galang dana bertajuk #JanganLupakan #IndonesiaLawanCorona untuk membantu petugas persampahan dan pemulung di tengah pandemi Corona, di berbagai wilayah Indonesia. Di penghujung program, total penerima paket bantuan mencapai 2.627 orang.

Inisasi ini tentu saja tidak dilakukan sendiri, melainkan ikut menggandeng 2 platform crowdfunding besar di Indonesia yaitu Kitabisa.com dan BernihBaik, serta memboyong 96 Kolaborator yang terdiri dari berbagai komunitas khususnya komunitas persampahan dan beberapa media di Indonesia. Adanya dukungan dari para influencer yang secara probono membantu penggalangan dana ini pun menjadi salah satu faktor signifikan yang mampu meningkatkan antusiasme masyarakat untuk turut berdonasi membantu para pahlawan di garda terdepan persampahan.

Dokumentasi dari Greneeration Foundation

“Petugas persampahan dan pemulung dapat dikatakan sebagai garda belakang penjaga pertahanan kita terhadap penyebaran COVID-19. Mari kita bersama edukasi dan jaga  mereka hingga orang-orang di sekitarnya untuk mengelola sampah dengan lebih hati-hati dan berkesinambungan dengan standar pengelolaan sampah dari pemerintah. Sehingga, hal ini perlu didukung dengan pemberian Alat Pelindung Diri (APD) dan kebutuhan gizi yang mencukupi agar mereka juga dapat terhindar dari penyebaran COVID-19. Selain itu, pastinya kita tetap perlu memilah sampah terutama memisahkan sampah seperti masker atau tisu bekas agar tidak tercampur dengan sampah jenis lainnya.”,

M Bijaksana Junerosano, founder Greeneration Foundation dan Waste4Change.

Kali ini, Greeneration Foundation dan Waste4Change kembali berkolaborasi bersama Nestlé Indonesia dan Ares SSG untuk membantu para petugas persampahan di tengah pandemi. Bantuan berupa makanan dan minuman bernutrisi yang diberikan khusus untuk petugas persampahan dan pemulung di wilayah Tangerang Selatan ini langsung diterima oleh Walikota Tangerang Selatan, Ibu Airin Rachmi Diany pada Selasa, 1 September 2020 pukul 10.00 WIB di Kantor Walikota. 

Dokumentasi dari Greneeration Foundation

Bantuan ini sangat membantu petugas persampahan yg setiap hari berjuang menjaga kebersihan Kota Tangerang Selatan. Kami berterima kasih atas perhatian donatur dan bentuk kerjasama seperti ini antara pemerintah, swasta, dan organisasi masyarakat yang membuat kita bisa bersama-sama menghadapi dan melalui Pandemi.”

Ibu Airin Rachmi Diany, Walikota Tangerang Selatan.

Dalam kegiatan penyerahan simbolisasi yang dilakukan, hadir juga Bapak Ganesan Ampalavanar, President Director Nestlé Indonesia, Ibu Debora Tjandrakusuma, Director Corporate Affairs Nestlé Indonesia, Perwakilan donatur: Perwakilan Ares SSG Capital Bapak Jason Tabalujan, Founder Greeneration Foundation & Waste4Change: Bpk. M. Bijaksana Junerosano, dan Program Manager – ICEF Greeneration Foundation: Bpk. M. Fahrian Yovantra.

“Di saat seperti ini, kami ingin dapat ikut hadir membantu sebanyak mungkin yang kami mampukan kepada kelompok masyarakat rentan yang terkena dampak pandemi. Salah satu komunitas terdampak yang sangat kami pedulikan adalah para pemulung atau pekerja pemungut sampah yang berperan penting terhadap perkembangan ekonomi sirkular dan kelestarian lingkungan. Dengan memberikan dukungan makanan dan minuman bergizi, kami berharap saudara-saudara kita agar tetap sehat terutama disaat pandemi ini,”

Presiden Direktur Nestlé Indonesia, Ganesan Ampalavanar.

Sejalan dengan Nestlé Indonesia, Bpk. Jason Tabalujan selaku Penasihat ARES SSG Capital Indonesia juga menyampaikan bagaimana komitmen pegawainya yang terdorong ikut berkontribusi dalam penanganan pandemi secara global.

Ares SSG Capital memiliki beragam portofolio investasi di Indonesia, termasuk di Tangerang Selatan. Bantuan ini dari pegawai SSG pribadi di Hong Kong yang bersedia menyisihkan sebagian gajinya untuk berkontribusi terhadap penanganan pandemi global. Semoga bantuan makanan minuman yang berupa produk dari Nestle Indonesia bisa menjadi sumber gizi yang memadai untuk para pemulung dan keluarga mereka.

Bpk.Jason Tabalujan, Penasihat ARES SSG Capital Indonesia.

Bantuan yang terkumpul diharapkan dapat digunakan untuk membantu para petugas persampahan dan pemulung agar tetap terjaga kesehatannya dalam berjuang menafkahi keluarga selama pandemi ini berlangsung. Tidak lupa, Direktur Greeneration Foundation juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi bagi seluruh donatur dan kolaborator yang terlibat dalam inisasi #JanganLupakan #IndonesiaLawanCorona.

Dokumentasi dari Greneeration Foundation

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para kolaborator dan donatur yang telah berkontribusi dalam penggalangan dana untuk para petugas persampahandan pemulung yang saat ini telah disalurkan dalam 2 tahap di 47 titik lokasi di seluruh Indonesia, termasuk bantuan khusus yang disalurkan di Kota Tangerang Selatan. Kami percaya bantuan dan kontribusi dari para donatur dan kolaborator akan memberikan manfaat yang begitu besar untuk para petugas persampahan dan pemulung yang selalu berkomitmen dalam pengelolaan sampah di Indonesia”

Vanessa Letizia, Direktur Eksekutif Greeneration Foundation.

Baca artikel versi Bahasa Inggris/English version in here

Posted on Last Updated on
Bagikan Artikel Ini

Mulai Pengelolaan Sampah
Secara Bertanggung Jawab
Bersama Waste4Change

Hubungi Kami