Industry Updates

Daur Ulang Kardus Bekas Tepat dan Aman

Kardus atau karton box merupakan salah satu material yang punya karakteristik ringan juga praktis. Barangnya yang mudah didapat dan terjangkau menjadikan kardus pilihan terbaik sebagai wadah kemasan dan penyimpanan jika dibandingkan dengan plastik. Sama seperti kardus bekas yang jadi barang yang masif digunakan.

kardus bekas
Daur ulang kardus bekas (Sumber:Instructables)

Kardus umumnya terbuat dari pulp atau bubur kertas, dari bahan organik seperti kayu, dan juga ada yang terbuat dari bahan sintetis. Kardus berbeda dari plastik, tidak tahan terhadap cairan juga lebih mudah rusak. Dilihat dari kepopulerannya, bisa dibayangkan bagaimana timbulan sampah kardus jika tidak dikelola dengan baik.

Kardus Biasa Digunakan Sebagai Apa?

Kardus biasa dijadikan sebagai wadah penyimpanan juga untuk mengangkut barang dari satu tempat ke tempat lain, atau di Indonesia digunakan untuk membungkus paket kiriman..

Berdasarkan laman Detikinet, diperkirakan sebanyak 6 juta paket barang dikirim setiap hari di Indonesia. Dari angka tersebut, bisa diprediksi kebanyakan di antaranya dibungkus menggunakan kardus untuk menjaganya awet selama perjalanan. 

Kemudian dikutip dari Road Runner, di Amerika Serikat dan Uni Eropa saja, sekitar 80% dari semua produk yang dijual dikemas di dalam kardus. Menjadikannya material pembungkus yang paling banyak digunakan selain plastik. Namun pada akhirnya, kardus yang telah selesai digunakan akan menjadi barang bekas yang semakin menumpuk jika tidak lekas ditangani.

Sampah Kardus Bekas

Barang sisa yang sudah tidak lagi digunakan biasa disebut sebagai sampah. Kardus bekas pakai juga akan menjadi sampah jika tidak lagi dirasa memberi manfaat bagi yang memiliki. Padahal kardus bisa dimanfaatkan menjadi barang baru yang bernilai lho, terlebih jika dikelola secara bertanggung jawab.

Kardus terbuat dari kertas atau karton dan dikategorikan sebagai sampah organik sehingga dapat terurai secara alami di alam. Namun, segala jenis material kertas membutuhkan waktu yang cukup lama hingga beberapa bulan untuk akhirnya hancur sepenuhnya. Oleh karena itu, apabila sampah kertas hendak dijadikan bahan kompos maka perlu dicacah hingga kecil agar lebih mudah terurai.

kardus bekas
Manfaat kardus bekas (Sumber: Zero Waste Family)

Selain dijadikan material kompos, mendaur ulang sampah kardus lebih dianjurkan agar dapat diolah kembali menjadi barang guna ulang baru yang lebih bernilai. Daur ulang kardus dapat memperpanjang umur material, menghemat sumber daya dengan meminimalisir penebangan pohon untuk memenuhi kebutuhan kardus yang baru, menciptakan lapangan kerja, dan yang pasti membantu mengurangi timbulan sampah di TPA.

Apa Manfaat Kardus Guna Ulang?

Kardus bekas memiliki banyak manfaat bagi kehidupan. Sisa kardus bisa dimanfaatkan untuk mengemas dan menyimpan barang-barang selama kondisinya masih bagus dan tidak basah. Kardus juga dapat membantu menghemat ruangan, dengan memanfaatkan kardus bekas untuk mengorganisir barang-barang yang tersebar. 

Tidak hanya itu, kardus dapat diolah menjadi karya seni. Ada banyak kerajinan dan keterampilan yang membutuhkan kardus sebagai material utamanya. Biasanya hanya butuh tambahan lem, pita, manik-manik, kain, kertas warna, dan aksesoris lain untuk menjadikannya karya yang apik. Pigura foto, organizer, celengan adalah contoh dari hasil kerajinan dari kardus bekas.

Tapi, tahukah kamu? Nyatanya, kardus bekas bisa dimanfaatkan untuk dijual kembali kepada para pengepul atau pengrajin yang membutuhkan bahan baku kardus. Dikutip dari Banjarmasin Post, Andre yang merupakan seorang pengumpul kardus dan botol bekas menyebut bahwa bisnisnya tersebut dapat meraup omset hingga Rp 250 juta dalam satu bulan. Kardus-kardus bekas dihargai Rp 2500 per kilogramnya.

Bisnis yang dirintis Andre sejak tahun 2017 ini beroperasi di Jalan Trikora Banjarbaru dan bekerja sama dengan pabrik daur ulang di Surabaya yang akan membantunya mengolah sampah kardus dan botol menjadi barang serupa. Sebelum dikirim, barang-barang bekas tersebut akan dipilah terlebih dahulu kemudian dipress dan dikemas untuk dikirim.

Bisa dilihat kan bahwa kardus bekas yang dikelola secara bertanggung jawab dapat memberikan manfaat lainnya.

Jual Kardus Bekas ke Waste4Change

Waste4Change telah menjawab permintaan klien untuk dapat membeli material sisa bisnis dan kegiatan operasional. Melalui layanan Jual Sampah Cara Mudah, Anda dapat mengirimkan dan menjual sampah kardus juga plastik sisa operasional gudang atau bisnis ke Waste4Change dengan harga yang bersaing.

Material daur ulang tersebut dapat dijual dalam jumlah banyak sesuai ketentuan dan akan dikelola secara bertanggung jawab oleh mitra daur ulang terpercaya. Nantinya, setiap klien akan mendapatkan laporan perjalanan sampah yang jelas dan akurat, yang bisa dipertanggungjawabkan keabsahannya.

Layanan Jual Sampah Cara Mudah kini tersedia bagi 5 daerah di Indonesia, yaitu Jakarta Bogor Depok Tangerang dan Bekasi. Kunjungi link di sini untuk dapatkan informasi selengkapnya.

Posted on Last Updated on
Bagikan Artikel Ini

Mulai Pengelolaan Sampah
Secara Bertanggung Jawab
Bersama Waste4Change

Hubungi Kami