Industry Updates

Daftar Bank Sampah & TPA Terdekat di Tangerang

Pembuangan sampah di jalan masih kerap terjadi bahkan di kota besar yang sudah memiliki fasilitas pembuangan sampah. Selain membuat lingkungan menjadi kotor, tumpukan sampah juga dapat mengganggu aktivitas warga karena menimbulkan bau yang tidak sedap. Dengan mengetahui fasilitas pengelolaan sampah yang legal, seperti bank sampah atau TPS/TPA terdekat, kita bisa menghindari membuang sampah di jalanan.

Tumpukan Sampah di Jalanan

Salah satu tumpukan sampah di jalanan terjadi di Kota Tangerang, atau lebih tepat nya di Jalan Raden Patah, Kecamatan Ciledug. Tumpukan sampah di jalanan ini sayangnya sudah terjadi sejak lama bahkan sebelum pandemi covid-19. Hal ini biasa terjadi menjelang pagi hari saat jalanan masih sepi, warga yang tidak bertanggung jawab tersebut memanfaatkan untuk membuang sampah sembarangan di jalanan.

tpa di tangerang
Warga buang sampah di tengah jalan di Ciledug (Sumber: iNews)

Menindaklanjuti isu tumpukan sampah di jalanan ini, Pemerintah Kota Tangerang akhirnya membuka posko untuk berjaga dan memantau lokasi. Melalui laman resmi Pemerintah Kota Tangerang menyebutkan bahwa sejak Desember 2022 hingga awal tahun 2023 telah terdapat 23 orang yang diamankan karena kedapatan membuang sampah sembarangan. 

Dampak Sampah Dibuang Sembarangan

Dibutuhkan kerja sama dari berbagai pihak termasuk pemerintah serta warga untuk turut serta menjaga lingkungan, karena membuang sampah sembarangan akan memberikan dampak buruk dari berbagai sisi. Temuan sampah yang terjadi di Jalanan Ciledug umumnya adalah sampah rumah tangga yang tercampur. Hal ini dapat mengakibatkan bau yang tidak sedap yang mengganggu aktivitas warga. Terlebih lagi di saat pagi hari banyak transportasi yang lalu lalang.

Spanduk peringatan untuk tidak membuang sampah sembarangan [Sumber: Cyber News Nasional]

Selain itu, sampah yang tercampur ini pun dapat menyebarkan virus penyakit terutama saat kondisi pandemi seperti ini. Selain itu, penuntasan masalah sampah yang dibuang di jalanan ini menjadi beban tambahan untuk dinas kebersihan setempat karena harus mengangkut sampah ke tempat pembuangan. Padahal kini banyak kota besar yang difasilitasi berbagai fasilitas tempat pembuangan sampah dengan kualitas yang baik. Termasuk di Kota Tangerang. 

Fasilitas Pembuangan Sampah Bank Sampah & TPA di Tangerang 

Bank Sampah Darling

Dibangun sejak Februari 2020. Bank sampah yang terletak di Kampung Darling, Sudimara Jaya, Kecamatan Ciledug ini mampu mengelola sampah dengan baik sehingga sampah tidak lantas terbuang begitu saja  di TPA di Tangerang. Pada Juli 2021 hingga Juli 2022 terdapat lebih dari 18.000 kg sampah yang mampu terkelola dari bank sampah ini.

Selain menjadi tempat pengelola sampah, Bank Sampah Darling juga mampu menjadi wadah edukasi yang memotivasi warga untuk turut serta menjaga lingkungan. Salah satu bentuk motivasi yang dilakukan agar warga berpartisipasi adalah dengan memberikan kupon belanja di UMKM terdekat ketika warga menyetorkan sampah sebanyak 10 kg. 

TPA Jatiwaringin

Salah satu TPA di Tangerang adalah TPA Jatiwaringin yang memiliki luas 31 hektar. TPA ini mampu menampung 2.000 ton sampah perhari bagi warga yang tinggal di Kabupaten Tangerang. Diketahui, TPA tersebut memiliki lebih dari 200 armada untuk mengangkut sampah warga. TPA yang terletak di Kecamatan Mauk ini telah memiliki kerja sama dengan salah satu BUMN untuk mengelola sampah untuk dijadikan sumber energi alternatif.  

TPA Rawa Kucing

Tempat Pengelolaan Sampah di Tangerang lainnya adalah TPA Rawa Kucing. Fasilitas pembuangan sampah ini terletak di Jalan Perkutut 1 No. 8, Kedaung Wetan, Neglasari, Tangerang. TPA Rawa Kucing mendapatkan kiriman sampah sebanyak 1.500 ton sampah per harinya dari warga sekitar. Dengan angka tersebut, Pemerintah Kota Tangerang mencanangkan program Rukun Warga tanpa sampah.

Program yang diusung tersebut diedukasi kepada warga untuk memilah sampah dari rumah masing-masing, lalu sampah yang terpilah akan diangkut oleh jasa angkut sampah secara terpisah sehingga memudahkan untuk pengelolaannya di TPA di Tangerang. Dengan begitu, isu sampah yang ada di Tangerang dapat diminimalisir. 

TPST 3R Desa Ketapang

Fasilitas pembuangan dan pengelolaan sampah ini masih dalam pembangunan, namun penggunaannya akan sangat bermanfaat bagi warga sekitar karena sampah yang masuk akan dikelola dengan prinsip 3R. TPST 3R ini terletak di Kecamatan Mauk.

Nanti nya TPST 3R ini berperan sebagai jasa angkut sampah dengan armada gerobak motor nya untuk mengambil sampah dari warga lalu kemudian sampah diolah dengan mesin pemilah. Sisa residu sampah tersebut baru dikirim ke TPA di Tangerang yaitu TPA Jatiwaringin. 

Selain menyediakan fasilitas pembuangan dan pengelolaan sampah guna membantu warga membuang sampah, pemerintah juga dapat mengedukasi warga agar terciptanya kesadaran dalam menjaga lingkungan. Layanan edukasi tersedia di Waste4Change sebagai layanan pengelola sampah serta layanan jasa angkut sampah.

Melalui program AKABIS, pemerintah dapat mendapatkan informasi mengenai isu sampah yang ada di Indonesia serta cara tepat untuk menangani nya. Program ini juga direkomendasikan untuk sektor lain seperti yayasan, perumahan, pengelola bangunan/kawasan, Divisi HSE, Divisi CSR ataupun Divisi Sustainability. Informasi lebih lengkap mengenai program AKABIS dapat diakses melalui laman ini. 

[Sulistianing Ambarwati]

Posted on Last Updated on
Bagikan Artikel Ini

Mulai Pengelolaan Sampah
Secara Bertanggung Jawab
Bersama Waste4Change

Hubungi Kami