Industry Updates

5 Film Bertema Lingkungan dan Perubahan Iklim

film bertema lingkungan
Climate change menjadi inspirasi film. (sumber: Photo by Vlad Chețan: pexels.com)

Isu climate change akhir-akhir ini sering kali menjadi sorotan di berbagai media salah satunya film bertema lingkungan. Menurut indonesia.un.orgClimate change sendiri diakibatkan oleh banyak faktor yang sama-sama mengeluarkan emisi seperti pembuatan energi listrik dan panas dengan membakar bahan bakar fosil, Manufaktur dan industri, Kendaraan yang beroperasi menggunakan bahan bakar fosil. 

Kasus kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh pembuangan emisi baru-baru ini terjadi adalah polusi udara yang meningkat tajam di Jakarta. Akan tetapi, kasus ini bukan satu-satunya kasus kerusakan lingkungan yang seharusnya sudah menjadi sorotan. 

Kasus-kasus yang mendasar seperti, banjir akibat mampetnya got atau sungai karena sampah, sampah ditepi pantai yang kian menumpuk, atau kasus pembuangan limbah pabrik yang sembarangan juga merupakan isu kerusakan alam yang harusnya sudah menjadi fokus kita sejak lama.

Lantas apa benar semua ini terjadi karena murni kelalaian manusia? Apa benar butuh ratusan tahun untuk menangani kerusakan lingkungan? Dan apa langkah-langkah yang bisa lakukan untuk memperbaiki atau mencegah masalah ini lebih parah?

Mari cari tau informasinya lebih banyak melalui deretan film bertema lingkungan berikut ini. Cocok bagi kamu yang baru tertarik dengan isu ini dan ingin mendalami isu kerusakan alam dan ingin sekali menjawab pertanyaan di atas. Yuk langsung cek lima rekomendasi film dibawah ini!

1. The Human Element 

Poster film The Human Element. (Sumber: imdb.com)

Film ini merupakan film dokumenter yang mengangkat kisah dari seorang fotografer asal Amerika Serikat bernama James Balog yang hobi memotret segala sesuatu tentang alam.

Namun kesenangan itu berubah setelah dirinya menemukan fenomena yang lebih kompleks yaitu kerusakan alam. Film ini akan memperlihatkan akibat dari pemanasan global yang menyebabkan kebakaran hebat dan badai yang mematikan.

Selain itu, film ini juga akan menunjukan rusaknya hubungan antara alam dan manusia yang rusak akibat pemanasan global tersebut.

2. Don’t look up

Film Bertema Lingkungan
Poster film Don’t Look Up. (imdb.com

Film ini memuat cerita seorang profesor science yang diperankan oleh Leonardo diCaprio dan seorang muridnya diperankan oleh Jennifer Lawrence yang menemukan sebuah meteor besar yang mengancam keberlangsungan hidup manusia di bumi.

Mereka berdua berusaha semaksimal mungkin untuk menyebarluaskan berita tersebut ke publik lewat media-media mainstream

Namun, dalam film digambarkan bagaimana media-media mainstream menganggap sebuah bencana yang mengancam keberlangsungan hidup di bumi ini dengan tidak serius.

Film ini juga secara tidak langsung mengajarkan kita tentang apa yang terjadi jika kita mengabaikan ancaman di bumi ini.

3. 8 Billions Angels

Film Bertema Lingkungan
Poster film 8 Billions Angels. (imdb.com)

Film ini merupakan film dokumenter yang mengantar kita untuk melihat ketimpangan yang terjadi diantara jumlah pertumbuhan populasi dunia dan semakin berkurangnya sumber kehidupan di bumi ini.

Film ini juga mengajak kita untuk melihat secara luas tentang hubungan timbal balik antara manusia dan alam yang semakin buruk. Hal ini bisa dilihat dari beragamnya bencana-bencana alam yang terjadi akibat ulah manusia sendiri.

Selain itu, Film ini juga menampilkan beragam solusi akan permasalahan kerusakan lingkungan yang terjadi dan juga membuat harapan kita untuk memelihara bumi terus terjaga.

4. Plastic China

Film Bertema Lingkungan
Poster film Plastic China. (imdb.com

Film ini menunjukan cerita yang menyedihkan dari seorang anak bernama Yi-Jie yang terpaksa harus bekerja di pabrik daur ulang plastik di China.

Yi-Jie sebenarnya ingin sekali sekolah namun terpaksa harus bekerja karena tuntutan keluarga dan dijanjikan bersekolah pada awal tahun.

Film ini akan menyajikan kisah lengkap keluarga Yi-Jie mulai dari latar belakang dirinya, latar belakang keluarganya termasuk bapaknya yang suka mabuk-mabukan.

Selain itu, film ini juga memperlihatkan betapa buruknya polusi plastik di negeri China yang sudah mengkhawatirkan yang membuat kita sadar seberapa bahayanya polusi plastik jika sudah masuk dalam level mengkhawatirkan.

5. Before the Flood 

Film Bertema Lingkungan
Poster film Before The Flood. (imdb.com

Film dokumenter ini membawa kita menjelajahi dunia bersama aktor ternama, Leonardo diCaprio yang juga sebagai aktivis climate change melihat seberapa kerusakan yang telah kita perbuat di bumi ini.

Selain itu, film ini juga menjelaskan beberapa posisi orang-orang berpengaruh di dunia seperti politisi dan pengusaha ternama tentang climate change.

Film ini juga akan mengajak para pemimpin dunia dan para pengambil kebijakan lainnya  untuk terus menunjukan dukungan untuk menanggulangi climate change demi menjaga membuat masa depan cerah untuk anak cucu kita nanti.

Selain itu, film ini juga menunjukan cara-cara untuk menanggulangi climate change yang dapat dilakukan oleh masyarakat luas.

Demikian lima daftar film bertema lingkungan yang membahas isu climate change yang bisa membuka wawasan kamu lebih luar. 

Jika kamu sudah mulai tertarik atau ingin mendalami isu climate change lebih dalam, kamu bisa mulai membuka wawasan kamu lebih luar dengan membaca buku atau materi climate change dari internet dan bergabung dengan komunitas terkait.

Selain itu, kamu juga bisa langsung memulai melakukan segala kegiatan yang bersifat ramah lingkungan. Salah satu dari kegiatan tersebut adalah bijak dalam pengelolaan sampah.

Kami dengan bangga menyediakan program yang bernama AKABIS (Waste Management Academy) yang membantu kamu untuk lebih memahami persoalan sampah khususnya di Indonesia.

Melalui program ini, kamu akan diajak untuk melihat lebih dekat permasalahan sampah di Indonesia dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya menjaga lingkungan, terutama mengenai pengelolaan sampah yang bertanggung jawab.

Kamu bisa daftarkan diri kamu atau perusahaan kamu melalui link ini. Yuk buruan daftar!

Sumber: earth.org, netflix.com, uniteforchange.com, movieweb.com, pbs.org

Posted on Last Updated on
Bagikan Artikel Ini

Mulai Pengelolaan Sampah
Secara Bertanggung Jawab
Bersama Waste4Change

Hubungi Kami