Industry Updates

Zero Waste Skincare: Tips Perawatan Ramah Lingkungan

Memberikan kontribusi yang baik terhadap lingkungan dapat dilakukan melalui berbagai cara. Seperti dengan cara mengurangi penggunaan kendaraan bermotor, memilih alat elektronik yang ramah lingkungan, memilih produk-produk yang lebih sustainable, menghindari penggunaan kemasan sekali pakai, serta mulai menerapkan gaya hidup zero waste yang salah satunya adalah zero waste skincare. 

Skincare namun tetap zero waste

Gaya hidup zero waste skincare dapat menjadi salah satu cara untuk mengurangi produksi sampah skincare. Gaya hidup ini sangat cocok untuk orang-orang yang secara rutin menggunakan produk skincare. Selain iti, zero waste skincare dapat berkontribusi untuk meminimalisir dampak berbahaya bagi lingkungan.

Fakta Sampah Skincare

zero waste skincare
Limbah skincare butuh waktu lama untuk terurai. (sumber: Freepik)

Semakin hari, banyak sekali merek skincare bermunculan. Hal ini tidak mengherankan, karena jumlah pengguna skincare juga terus menerus meningkat. Seiring dengan penggunaan skincare yang tinggi, sampah sisa produk skincare saat ini mulai menjadi perhatian. 

Menurut laporan dari Cosmetic Packaging Market – Growth, Trends and Forecasts (2020-2025), ada hampir 50% kemasan produk kosmetik terbuat dari plastik. Menyadari hal tersebut, maka limbah dari produk kosmetik dan skincare perlu untuk dikelola secara bertanggungjawab agar tidak berakhir di permukaan tanah.

Akan tetapi, terdapat realita yang menyedihkan bahwa menurut laporan Minderoo Foundation dari sekitar 120 miliar unit produksi kemasan kosmetik global, sebagian besar limbah yang dihasilkan tidak didaur ulang. 

zero waste skincare
Skincare juga bisa kita jadikan media untuk menjaga lingkungan. (sumber: Freepik)

Bermunculannya sampah kosmetik dan sampah skincare tidak cukup mudah untuk dikendalikan. Faktanya, beberapa produk skincare hanya digunakan dalam beberapa waktu saja kemudian menjadi sampah. Seperti contohnya, produk sheetmask yang penggunaanya hanya dipakai 15-20 menit saja lalu kemudian dibuang. Padahal, limbahnya dapat memakan waktu hingga ribuan tahun untuk dapat terurai.

Tips Zero Waste Skincare Dalam Sehari-hari

zero waste skincare
Kemasan ramah lingkungan akan membantu menjaga lingkungan. (sumber: pvproductions dari Freepik)

Dengan melihat realita mengenai sampah skincare yang saat ini menyumbang dampak buruk pada lingkungan, setiap dari kita dapat mulai menerapkan gaya hidup zero waste skincare agar jumlah sampah skincare dapat dikendalikan secara bertahap.

Beberapa tips zero waste skincare dalam rutinitas kecantikan dapat coba dilakukan. Beberapa tips tersebut adalah sebagai berikut:

1. Pertimbangkan Membuat Produk Perawatan Sendiri

Jumlah sampah skincare yang dihasilkan adalah salah satunya dikarenakan banyaknya produk yang dibeli dan digunakan. Untuk itu, Anda juga sebetulnya dapat mencoba untuk membuat produk skincare Anda sendiri di rumah sehingga tidak perlu membeli skincare yang menghasilkan limbah kemasan.

Salah satu bentuk skincare atau perawatan kulit yang dapat Anda buat sendiri adalah seperti produk perawatan kulit kepala yang terbuat dari minyak kelapa. Dalam hal ini, Anda bukan hanaya mengurangi limbah kemasan, tetapi juga memberi Anda kendali atas bahan yang Anda gunakan.

2. Pilih Skincare dengan Kemasan Ramah Lingkungan

Tips lainnya yang dapat Anda lakukan untuk menerapkan gaya hidup zero waste skincare adalah dengan memilih produk skincare yang ramah lingkungan. Beberapa contoh kemasan skincare yang ramah lingkungan adalah seperti kemasan yang berbahan kaca, bahan logam, atau bahan lainnya yang tidak mengandung bahan plastik berbahaya.

3. Beli Skincare Sekaligus dalam ukurang Besar

Selain beberapa tips zero waste skincare yang telah dijelaskan di atas, Anda juga dapat coba membeli skincare dalam ukuran besar sehingga tidak terlalu sering membelinya dalam kemasan kecil yang banyak. Tips ini akan berguna untuk mengurangi jumlah sampah kemasan yang dihasilkan.

4. Dukung Brand Skincare yang Berkomitment pada Zero Waste

Di samping itu, Anda juga dapat mulai mendukung beberapa brand yang berkomitmen terhadap gaya hidup zero waste. Belakangan ini, kesadaran terkait zero waste sudah mulai diadopsi oleh para pemilik brand skincare di berbagai belahan dunia tidak terkecuali di Indonesia.

5. Daur Ulang Sampah Skincare

Tips yang terpenting dalam menerapkan gaya hidup zero waste skincare adalah untuk mengelola sampah skincare yang dihasilkan. Oleh karena penggunaan skincare telah menjadi kebutuhan bagi hampir semua orang, maka setiap dari kita perlu untuk bertanggungjawab terhadap sampah yang kita hasilkan tersebut. Anda dapat mulai mendaur ulang sampah kemasan skincare secara holistik.

Kelola Sampah Kemasan Produk Kecantikan Bertanggungjawab lewat PWM

zero waste skincare
Program Personal Waste Management bisa menjadi salah satu media untuk mengelola sampah anda.

Kelola sampah kemasan produk kecantikan dan skincare kini tidak lagi menjadi hal yang sulit. Karena, sudah terdapat berbagai layanan yang menyediakan jasa untuk membantu daur ulang sampah. Salah satu layanan untuk daur ulang sampah skincare adalah layanan Personal Waste Management (PWM) yang disediakan oleh Waste4Change.

PWM membuat aktivitas daur ulang sampah menjadi lebih mudah. Anda cukup memilih dan memilah sampah anorganik sesuai kategorinya. Kemudian Waste4Change akan menjemput sampah langsung ke rumah Anda. Sehingga gaya hidup zero waste skincare dapat Anda terapkan dengan lebih mudah.

Untuk mempelajari lebih lanjut layanan PWM, Anda dapat klik di sini.

Posted on Last Updated on
Bagikan Artikel Ini

Mulai Pengelolaan Sampah
Secara Bertanggung Jawab
Bersama Waste4Change

Hubungi Kami