Industry Updates

FaktualNews.co: “BSF: A Solution to Overcome Organic Waste, A Low-Cost Animal Feed Alternatives”

Waste4Change diliput oleh FaktualNews.co: “Metode BSF: Solusi Atasi Sampah Organik, Hemat Buat Pakan Ternak”

Source: Faktualnews.co

Metode BSF, merupakan metode pengolahan sampah organik dengan menggunakan larva (maggot) yang diletakkan pada sampah organik dengan tujuan untuk mereduksi sampah tersebut. Metode BSF ini dapat dijumpai di PT. Waste4Change, Area Komposting di Pasar Puspa Agro, Desa Jemundo, Kecamatan Taman, Sidoarjo, Jawa Timur.

Teguh Rahayu (27), Nursery Senior Officer mengatakan, keuntungan metode BSF, selain mengurangi masalah sampah organik, juga dapat memanfaatkan larva sebagai pakan ternak seperti ikan, burung, reptil dan unggas. “Selain sampah berkurang, keuntungan yang lain yaitu larva yang dipanen juga dapat dijadikan alternatif pakan ternak,” ucapnya, Minggu (5/8/2018).

Alfan Imroni.”Metode BSF: Solusi Atasi Sampah Organik, Hemat untuk Pakan Ternak”. Faktualnews.co. https://faktualnews.co/2018/08/05/metode-bsf-solusi-atasi-sampah-organik-hemat-buat-pakan-ternak/92286/ (diakses 7 Agustus 2018).

Manfaat BSF

Black Soldier Flies (BSF) merupakan tipe lalat yang biasa digunakan untuk menguraikan sampah organik menjadi kompos. Penggunaan BSF untuk proses penguraian sampah dianggap lebih efektif dari lalat biasa dikarenakan kualitas BSF yang luar biasa. BSF tidak hanya mudah dikembangbiakkan, sistem pencernaan BSF juga dapat menghancurkan bakteri secara alami — menjadikan BSF agen pengurai sampah yang ideal. Larva BSF juga aman untuk dikonsumsi manusia dan hewan, alternatif sumber makanan tinggi protein yang rendah biaya.

Black-Soldier-Flies-Life-Cycle
Source: Nutrition Technologies

BSF dan Waste4Change

BSF telah menggunakan metode penguraian sampah menggunakan BSF untuk waktu yang cukup lama. Kami menganggap metode BSF sebagai cara paling efektif dan mudah untuk mengurai sampah organik, mengurangi jumlah sampah, dan menghasilkan lebih banyak kompos. Karena nilai manfaatnya yang cukup tinggi, Waste4Change juga mengembangbiakkan BSF untuk konsumsi manusia dan hewan. Kami juga mengadakan pelatihan metode BSF secara berkala, jadi jika Anda tertarik untuk mempelajari lebih jauh tentang metode BSF, berencana untuk mengembangbiakan BSF atau ingin membeli larva BSF, Anda bisa mengunjungi kantor Waste4Change di Bekasi Timur – Jawa Barat atau kantor cabang kami di Sidoarjo – Jawa Timur.

Posted on Last Updated on
Bagikan Artikel Ini

Mulai Pengelolaan Sampah
Secara Bertanggung Jawab
Bersama Waste4Change

Hubungi Kami