Industry Updates

Manfaat Daur Ulang Plastik dalam Kehidupan Sehari-hari

Indonesia termasuk dalam lima besar negara dengan produksi sampah plastik terbanyak di dunia. Melansir data dari Badan Pusat Statistik (BPS) 2021, Indonesia menghasilkan sampah plastik sebanyak 66 juta ton per tahun, dan parahnya, sekitar 0.26 hingga 0.59 juta ton sampah berakhir ke laut.

Sungai yang airnya tertutupi sampah plastik. Sumber: www.cardiff.ac.uk

Sedangkan secara global, setidaknya ada 14 juta ton plastik berakhir di lautan setiap tahunnya (melansir data dari IUCN). Kondisi ini tentu memprihatinkan, sehingga perlu dilakukan langkah pencegahan dan penanganan dampak yang makin memburuk. Daur ulang plastik misalnya, bisa menjadi salah satu solusi.

Plastik yang Mengancam Kehidupan

Dari hari ke hari, dampak polusi sampah plastik makin meningkat. Bahkan, ilmuwan memperkirakan di tahun 2050 nanti, jumlah plastik di laut lebih banyak daripada ikan, jika masalah sampah plastik ini tak segera menemui titik terang.

Tidak hanya di laut saja, permasalahan plastik juga mengancam kelestarian lingkungan dan makhluk hidup di darat. IUCN menyebut, polusi plastik dapat mengancam keamanan dan kualitas pangan manusia, sehingga akan berdampak pada kesehatan. Juga, plastik berkontribusi dalam perubahan iklim.

Polusi plastik membuat kualitas tanah menurun, hingga sulit menyerap air, mikroplastik mencemari air sungai hingga membuat ekosistem rusak, dan masih banyak lagi dampak buruk dari polusi plastik.

Manfaat Daur Ulang Plastik

Daur ulang plastik menjadi salah satu upaya untuk mengurangi sampah plastik yang makin menggunung tiap tahunnya. Langkah ini dapat dilakukan di mana saja, dan tak harus berskala besar. Misalnya saja daur ulang plastik kemasan yang sehari-hari digunakan menjadi ecobrick atau barang bernilai guna lainnya.

Bisa juga, menabung sampah plastik yang sudah dipilah ke bank sampah terdekat. Atau, dengan mengirimkan sampah plastik ke organisasi/lembaga/perusahaan yang menangani masalah daur ulang plastik, seperti Waste4Change.

Tidak hanya berdampak dalam mengatasi permasalahan polusi sampah, hasil dari daur ulang plastik itu punya banyak manfaat bagi kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa manfaat daur ulang sampah plastik dalam kehidupan sehari-hari:

  • Rumah Jadi Lebih Bersih

Plastik bak jadi kebutuhan primer, karena hampir semua kebutuhan wadah terbuat dari plastik. Misalnya saja botol minum, galon, tempat makan, hingga alat elektronik. Karena usia pakai barang-barang yang terbuat dari plastik ini tidak lama, barang-barang ini akan dibuang. Terlebih lebih plastik sekali pakai. Tanpa daur ulang plastik, barang-barang ini akan tertumpuk dan mengotori rumah, juga lingkungan sekitar.

Daur ulang plastik yang benar, akan membuat usia barang jadi lebih panjang dan barang memiliki nilai guna lain. Seperti membuat tas dari bungkus kemasan kopi, memakai lagi botol plastik untuk membuat eco-enzyme, pot bunga atau barang lain. Dengan begitu, rumah akan jadi lebih bersih karena terbebas dari plastik sekali pakai yang memenuhi ruang. Nilai guna lainnya, barang yang dibuat dari daur ulang plastik, dapat menambah nilai estetik.

  • Jadi Lebih Hemat

Dalam kehidupan sehari-hari, daur ulang mungkin terbatas ke beberapa barang saja. Namun, dalam artian luas, daur ulang plastik merupakan bagian dari efisiensi sumber daya dan energi. Melansir dari laman Stanford University, ketika industri memproduksi barang dengan bahan daur ulang, maka dapat menghemat bahan baku. Selain itu, pemakaian energi untuk pengolahan juga lebih ringan.

Sedangkan dalam kehidupan sehari-hari, daur ulang plastik dapat menghemat pengeluaran, karena kita dapat membuat barang sendiri. Misalnya dengan botol plastik bekas untuk menanam, jadi tidak perlu membeli pot atau polybag. Dan masih banyak lagi contoh daur ulang yang membuat dompet jadi lebih aman dan tetap tebal.

  • Bisa Jadi Peluang Bisnis

Manfaat daur ulang plastik dalam kehidupan sehari-hari selanjutnya ialah bisa menjadi peluang bisnis. Jika memiliki ide daur ulang yang berdampak pada pengurangan sampah dan polusi plastik, Anda bisa mencoba bisnis kecil-kecilan. Misalnya menjual hasil kreasi daur ulang, menjual hasil dari eco-enzyme dan masih banyak lagi. Dengan begitu, tidak hanya rumah yang bersih dan bisa berhemat saja, tapi Anda juga bisa menambah pemasukkan dari hasil daur ulang plastik.

  • Menghemat Lahan dan Ruang TPA

Satu lagi manfaat daur ulang plastik dalam kehidupan sehari-hari yang paling berdampak. Dengan mendaur ulang plastik dan sampah, maka sampah yang terbuang di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) juga akan berkurang.

Dampak jangka panjangnya, jika aksi daur ulang plastik disertai dengan 4R (Reuse, Refuse, Reduce dan Rot) lainnya, maka TPA tidak akan menggunung dan menimbulkan permasalahan lingkungan lain. Dengan begitu, lahan kosong yang seharusnya menjadi TPA, bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan lain, misalnya lahan terbuka hijau, taman kota atau tempat publik lainnya.

Untuk mendapatkan segala manfaat daur ulang plastik ini, kita bisa memulainya dari diri sendiri. Mencoba adalah awal yang baik. Yuk daur ulang plastik.

Posted on Last Updated on
Bagikan Artikel Ini

Mulai Pengelolaan Sampah
Secara Bertanggung Jawab
Bersama Waste4Change

Hubungi Kami