Investasi Berkelanjutan: Langkah dan Cara Mewujudkannya

Samakan filosofi dan motivasi, akar dari memulai investasi berkelanjutan.

Mulai berkecimpung dalam investasi berkelanjutan adalah langkah yang tepat. Pengelolaan portofolio hijau ini akan berdampak luas pada berbagai isu keberlanjutan seperti kesehatan masyarakat, perubahan iklim, hingga keadilan sosial.

Bahkan, keputusan pemilik aset dan perusahaan dalam memperhitungkan aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola (LST) memberi ruang untuk mendapatkan imbal hasil di atas rata-rata pasar.

Lihat saja bagaimana pada paruh pertama tahun 2020 ketika pandemi COVID-19 menghantam dunia, pendanaan keberlanjutan baik berupa saham maupun surat berharga lebih tahan terhadap resesi global.

Sumber: unsplash

Langkah dan Cara Melakukan Investasi Berkelanjutan

Sebanyak 4 dari tiap 5 pemilik aset setuju bahwa investasi berkelanjutan merupakan strategi pengelolaan risiko perubahan iklim yang efektif. Ini adalah hasil studi dari Morgan Stanley Institute for Sustainable Investing, dirilis pada Februari 2021 lalu.

Meski demikian, membangun strategi investasi dan pendanaan di bidang lingkungan ini bukannya datang tanpa hambatan. Ada perusahaan yang sumber daya serta datanya masih terbatas untuk bisa mewujudkan strategi ini.

Untuk memberikan bayangan lebih jelas, berikut ini langkah yang perlu dilakukan jika ingin mencoba investasi berkelanjutan:

Sumber: unsplash
  1. Tegaskan motivasi dan filosofi
    Sebelum mulai menentukan ke mana akan berinvestasi, perusahaan harus menentukan apa alasan mereka ingin mengintegrasikan faktor keberlanjutan ini ke dalam proses investasi. Pada tahap ini, seluruh pengambil keputusan internal mulai dari tim investasi hingga pimpinan harus sama-sama merancang filosofi investasinya.

    Ada banyak motivasi dan filosofi yang mendasari, mulai dari investasi demi return menjanjikan hingga mitigasi risiko perubahan iklim. Perwujudannya bisa lewat investasi ke perusahaan atau organisasi yang fokus pada pengelolaan sampah ramah lingkungan hingga pengangkutan sampah ramah lingkungan.

    Setelah rampung, akan terlihat apa yang menjadi pertimbangan etis, lingkungan, dan juga sosial dari perusahaan. Ini pula nilai yang akan melekat sebagai bagian dari branding perusahaan.

  2. Identifikasi implementasinya
    Tahap selanjutnya, investor bisa memilih pendekatan yang paling merefleksikan filosofi investasi mereka. Metode yang umum digunakan adalah:

    • Penyaringan

    Menghindari investasi di sektor-sektor tertentu atau dari pihak spesifik berdasarkan nilai atau kriteria risiko.

    • Integrasi LST

    Memperhitungkan kriteria lingkungan, sosial, dan tata kelola (LST) bersamaan dengan analisis finansial. Dengan demikian bisa diketahui risiko dan peluang sepanjang proses investasi. Dari sini keputusan investasi bisa menjadi lebih terukur.

    • Investasi tematik

    Jenis investasi yang fokus pada tema atau sektor tertentu, contohnya manajemen sampah Indonesia. Relasinya tentu dengan target menjawab tantangan berkelanjutan global.

    • Investasi berdampak

    Mengalokasikan investasi untuk mendanai perusahaan atau organisasi agar ada hasil spesifik dan terukur secara positif. Umumnya, target yang dicari adalah sosial atau lingkungan beriringan dengan return finansial.

    • Kedekatan

    Faktor kedekatan juga bisa turut diperhitungkan. Contohnya dengan melakukan dialog aktif dengan perusahaan atau penggagas yang akan didanai.

  3. Tentukan strategi investasi
    Strategi ini bisa dengan memasukkan pertimbangan keberlanjutan pada investasi-investasi yang akan datang. Demi mencapai integrasi portofolio dengan filosofi yang baru ini, perlu implementasi dan perbaikan selama bertahun-tahun, disertai dengan pendekatan operasional dan tata kelola.
  4. Buat desain operasional
    Desain operasional inilah yang akan menjadi penyokong implementasi investasi berkelanjutan. Umumnya, model tata kelola melibatkan peran-peran seperti pimpinan eksekutif, komite investasi, komite risiko, hingga jajaran direktur.

    Adanya laporan atau situs resmi yang mencatat perkembangan investasi berkelanjutan juga dapat membantu meluruskan konsep di antara para pengambil keputusan.

    Sumber: unsplash

    Dalam jangka panjang, investasi berkelanjutan akan menjadi strategi yang sangat menjanjikan. Untuk manajemen sampah Indonesia, Waste4Change telah mendapatkan kepercayaan dari Agaeti Ventures together with East Ventures and SMDV pada Maret 2020 lalu.

    Masih terbuka peluang investasi dan kerja sama dengan pihak-pihak lain agar manajemen sampah Indonesia semakin baik. Kunjungi selengkapnya di w4c.id/RWM.

    Referensi:

    4 Steps to Sustainable Investing. https://www.morganstanley.com/ideas/sustainable-investing-strategies-asset-owners

    Sustainable Funds Outperform Peers in 2020 During Coronavirus. https://www.morganstanley.com/ideas/esg-funds-outperform-peers-coronavirus

    4 Practical Tips to Help You Get Started with Sustainable Investing. https://www.forbes.com/sites/investor/2018/05/10/four-practical-tips-to-help-you-get-started-with-sustainable-investing/

    Author: Azelia Trifiana

     

 

 

Related Post

bekasi government

Mengenal Potensi dan Dampak Minyak Jelantah

Menurut data diketahui bahwa konsumsi minyak goreng rumah tangga di Indonesia mencapai 13 juta ton, nyatanya, minyak jelantah dapat dimanfaatkan menjadi berbagai hal dari yang masif seperti biodiesel hingga seperti sabun mandi untuk sehari-hari.

Read More »