Industry Updates

3 Environmental-Friendly Tips if You Choose to Keep Using a Liquid Soap Instead of a Bar Soap

3 Tips Ramah Lingkungan Jika Anda Tetap Memilih untuk Menggunakan Sabun Cair daripada Sabun Batangan

Dilema Sabun Batangan

Ada keraguan saat Anda diminta untuk menggunakan sabun batangan, percayalah kami sangat paham akan hal itu.

Setelah bertahun-tahun merasakan kemudahan menggunakan sabun mandi cair daripada sabun batangan yang licin dan lembek setelah terendam air, seseorang memberitahu Anda bahwa penggunaan sabun cair berdampak buruk pada lingkungan.

Jadi Anda diminta untuk menggunakan sabun batangan.

via Google

Anda mungkin pernah membaca artikel yang mengungkap bahwa semua sabun (padat maupun cair) terbuat dari bahan kimia non-organik—bahkan dalam jumlah terkecil sekali pun. Anda mungkin berpikir tentang bagaimana orang-orang di sekitar Anda (dan mungkin mereka masih memberitahu Anda hal yang sama) bahwa sabun mandi cair lebih bersih dan higienis dibandingkan sabun batangan. Semua informasi tersebut menimbulkan pertanyaan besar dalam diri Anda:

Apakah saya benar-benar harus menggunakan sabun batangan?

Apakah aman untuk tubuh saya?

Adakah cara lain yang memungkinkan saya untuk tetap menggunakan sabun mandi cair tanpa merusak lingkungan?

Tak usah ragu dan bingung lagi, kami telah menyiapkan jawaban atas pertanyaan Anda!

3 Langkah Ramah Lingkungan saat Menggunakan Sabun Cair

1.Gunakan produk sabun mandi cair yang eco-friendly

via Google

Harganya memang lebih mahal dibandingkan sabun mandi cair biasa. Beberapa pemakai mengeluhkan sensasi yang kurang nyaman setelah mandi (terlalu licin, tidak cukup busa). Sabun cair yang dikatakan ramah lingkungan tersebut bahkan konon tidak 100% organik dan natural.

Tapi jika dibandingkan sabun mandi cair lain yang Anda temukan di luar sana, sabun mandi eco-friendly ini bisa dicoba. Jangan lupa beritahu kami saat Anda memutuskan untuk mencobanya, kami juga ingin tahu pendapat Anda!

2.Beberapa merek terkenal yang menjual sabun mandi cair bersedia menerima kemasan bekas pakai untuk didaur ulang

Source: Really Ree

Berikut adalah beberapa daftar merek ramah lingkungan yang memiliki cabang di Indonesia:

The Body Shop dengan kampanye Bring Back Our Bottle. The Body Shop memberikan diskon yang cukup besar untuk setiap botol plastic kosong yang Anda kembalikan. Simak terus media sosial The Body Shop untuk tahu lebih banyak tentang program menarik tersebut!
Innisfree telah membuat program daur ulang botol sejak 10 tahun terakhir. Ada penawaran menarik yang menunggu Anda.
Kiehl’s akan memberikan Anda satu cap untuk setiap botol kemasan kosong yang Anda bawa ke toko resmi mereka. Ada bingkisan menarik Kiehl’s setiap 10 cap yang terkumpul.
Origins menerima kemasan bekas dari mereka apa pun (bukan hanya produk mereka saja) di toko-toko resminya.
Garnier bekerja sama dengan TerraCycle untuk mengadakan program daur ulang yang memungkinkan pembeli untuk mengirim kembali botol kosong mereka—termasuk tutup botol shampoo, bekas kemasan gel, dan botol hairspray.

3.Berikan botol-botol plastik bekas pakai Anda pada agen pengolah sampah lokal

Jangan langsung dibuang! Kumpulkan sampah-sampah plastik Anda dan berikan pada agen pengolah sampah lokal. Mereka paham benar konsep 3R (Reduce, Reuse, Recycle), jadi kemungkinan besar sampah-sampah plastic Anda tidak akan hanya berakhir di pembuangan sampah atau laut.

via Google

Untuk warga Indonesia, terutama untuk yang tinggal di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangeran, dan Bekasi, Anda bisa membawa sampah plastic Anda ke markas Waste4Change di Bekasi Timur. Hubungi kami untuk tahu lebih lanjut, kami akan dengan senang hati mengolah sampah Anda!

Langkah Sekecil Apapun Merupakan Perubahan

Kami di Waste4Change mendukung semua usaha yang bertujuan untuk memastikan kelestarian bumi kita. Mengurangi sampah plastik bukanlah perkara gampang, begitu pula dengan melindungi bumi kita dari semua zat-zat berbahaya, oleh karena itu kami menghargai semua upaya untuk memperbaiki kualitas kehidupan kita bersama.

Betapapun terlihat kecil, niat baik Anda itu besar efeknya untuk lingkungan.

Posted on Last Updated on
Share this Article

It's Time to Manage
Your Waste Responsible
with Waste4Change

Contact Us