F.A.Q

#PUNTUNGITUSAMPAH

FAKTA PUNTUNG ROKOK

  • Filter yang biasanya terbuat dari selulosa asetat yang umumnya sulit terurai di alam
  • Kertas dan tembakau 
  • Abu sisa pembakaran

Filter puntung rokok konvensional membutuhkan waktu 7,5 hingga 14 tahun untuk terurai, sementara filter puntung rokok yang terbuat dari selulosa asetat membutuhkan waktu 2,3 hingga 13 tahun untuk terurai (“Comparison of cellulose vs. plastic cigarette filter decomposition under distinct disposal environments” – François-XavierJoly & Mathieu Collis, 2017)

Sebagai bayangan, ada total lebih dari 60 juta puntung rokok yang terkumpul dari sebuah acara tahunan beach cleanup (bersih-bersih pantai) dari tahun 1986 hingga 2018 (32 tahun) yang diadakan oleh Ocean Conservancy, sebuah organisasi nonprofit di Amerika. Begitu banyaknya puntung rokok yang terkumpul, puntung rokok mendominasi sepertiga dari semua total sampah yang terkumpul. (nbcnews.com)

Puntung rokok dari sebatang rokok yang dihisap penuh memiliki berat sekitar 0.2 g. (www.worldnoashtray.com)

TENTANG PROGRAM RISET DAUR ULANG #PUNTUNGITUSAMPAH

  • Usia pengirim/penitip puntung rokok harus 18 tahun atau lebih
  • Cara pertama adalah dengan mengirimkan puntung rokok melalui program Send Your Waste Waste4Change (w4c.id/puntungitusampah)
  • Cara kedua adalah dengan menitipkan puntung rokok pada dropbox #PuntungItuSampah yang tersedia pada 6 titik lokasi di Jakarta dan Tangerang Selatan.

Program riset daur ulang puntung rokok #PuntungItuSampah yang diadakan oleh Waste4Change dan Sampoerna untuk Indonesia (SUI) ini bertujuan untuk mengurangi sampah puntung rokok serta meningkatkan daur ulang puntung rokok yang berakhir di alam dan TPA.

Program riset daur ulang puntung rokok ini menerima puntung rokok dari seluruh merek ataupun tidak berlabel merek. Silakan ikuti prosedur terkait pengiriman dan penitipan puntung rokok yang sudah kami jelaskan, kami mendukung semua usaha untuk mengurangi sampah puntung rokok serta meningkatkan mendukung riset daur ulang puntung rokok agar tidak berakhir di alam dan TPA.

  • Saat ini Waste4Change bekerja sama dengan Sampoerna untuk Indonesia (SUI) untuk mengadakan pilot project riset daur ulang puntung rokok #PuntungItuSampah dari September 2020 hingga Januari 2021
  • Waste4Change dan SUI sedang melakukan penelitian dan percobaan lebih lanjut tentang alur daur ulang filter dan sisa kertas serta tembakau puntung rokok agar tidak berakhir di lingkungan dan TPA.

Saat ini Waste4Change dan Sampoerna untuk Indonesia (SUI) melalui program #PuntungItuSampah sedang bekerja sama melakukan pengumpulan puntung rokok untuk riset daur ulang, beberapa alternatif daur ulangnya adalah:

  1. Filter puntung rokok yang sulit terurai di alam akan diolah melalui proses upcycling menjadi bahan kerajinan tangan
  2. Bahan kertas akan diolah menjadi kertas daur ulang
  3. Tembakau akan diproses menjadi pengusir hama nabati untuk tanaman
  • Saat ini Waste4Change dan Sampoerna untuk Indonesia (SUI) masih dalam fase pilot project mengembangkan dan membuka kolaborasi pengelolaan puntung rokok.
  • Jika riset dan alur daur ulang berjalan berkelanjutan dan produksinya bisa dijual ke pasaran, kami akan menginfokan kemana dan bagaimana hasil akhir proses daur ulang puntung rokok tersebut bisa didapatkan.

Saat ini program riset daur ulang puntung rokok #PuntungItuSampah Waste4Change dan Sampoerna untuk Indonesia (SUI) bersifat sukarela. Tidak ada biaya yang harus dikeluarkan oleh pengirim/penitip untuk proses riset daur ulang, dan tidak ada reward yang kami tawarkan untuk durasi program hingga Januari 2021. Pengirim hanya cukup menanggung biaya pengiriman jika sampah miliknya diikutkan dalam program riset daur ulang via Send Your Waste Waste4Change (w4c.id/puntungitusampah). Program ini bertujuan untuk melakukan riset dalam meningkatkan daur ulang puntung rokok agar tidak berakhir di lingkungan atau TPA.

Saat ini program riset daur ulang puntung rokok #PuntungItuSampah Waste4Change dan Sampoerna untuk Indonesia (SUI) bersifat sukarela. Tidak ada biaya yang harus dikeluarkan oleh pengirim/penitip untuk proses daur ulang, dan tidak ada reward yang kami tawarkan untuk durasi program hingga Januari 2021. Pengirim hanya cukup menanggung biaya pengiriman jika sampah miliknya diikutkan dalam program riset daur ulang via Send Your Waste Waste4Change (w4c.id/puntungitusampah). Program ini bertujuan untuk melakukan riset dalam meningkatkan daur ulang puntung rokok agar tidak berakhir di lingkungan atau TPA.

Anda bisa membantu dengan membagikan info halaman program riset daur ulang puntung rokok #PuntungItuSampah Waste4Change dan Sampoerna untuk Indonesia pada lingkungan. Semoga kita bersama bisa mengurangi jumlah puntung rokok yang berakhir di alam dan TPA.

KIRIM PUNTUNG ROKOK VIA SEND YOUR WASTE

Cara mengirimkan sampah puntung rokok via program Send Your Waste Waste4Change:

  1. Usia pengirim harus 18 tahun atau lebih
  2. Sampah dikirimkan secara sukarela. Pengirim hanya perlu membayar biaya pengiriman sampah puntung rokok.
  3. Sampah puntung rokok sebisa mungkin terpisah dari jenis sampah lainnya (tidak digabungkan dengan jenis sampah lain).
  4. Sampah puntung rokok dikirimkan dalam keadaan kering, bersih dari abu, dan tertutup rapat.
  5. Agar menjaga keamanan dan keselamatan, disarankan untuk menyemprotkan disinfektan terlebih dahulu dan menjemur puntung sampai kering sebelum dikirimkan.
  6. Daftarkan diri dan ajukan pengiriman paket sampah pada w4c.id/puntungitusampah, paket sampah puntung rokok ditujukan pada kantor Waste4Change Bekasi (Kantor SUB, Vida Bumi Alam Hijau, Jl. Alun Alun Utara, RT.002/RW.001, Padurenan, Mustika Jaya, Bekasi City, West Java 17156) atas nama Waste4Change – Putri Azzahra (082111100170)
  7. Beri label “Sampah Puntung Rokok” pada bagian luar paket dan cantumkan nomor kode unik SYW yang akan diberikan di form pendaftaran.
  8. Paket dapat diantar sendiri atau dikirimkan menggunakan jasa pengiriman pilihan Anda atau dikirimkan menggunakan jasa pengiriman pilihan Anda ke Waste4Change Bekasi dan Waste4Change Sidoarjo.
  9. Paket dipastikan sampai di Waste4CHange Bekasi atau Waste4Change Sidoarjo pada hari dan jam kerja (Senin-Jumat, 09:00 – 18:00 WIB di luar hari libur nasional yang ditentukan pemerintah).

Boleh, selama mengikuti persyaratan berikut:

  1. Usia pengantar paket puntung rokok harus 18 tahun atau lebih
  2. Mematuhi protokol kesehatan yang berlaku: menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan tidak dalam keadaan kurang sehat
  3. Tetap mengisi form pengiriman dan menyertakan nomor unik SYW pada paket serta menambahkan label “Sampah Puntung Rokok” pada paket
  4. Paket dipastikan sampai di Waste4CHange pada hari dan jam kerja (Senin-Jumat, 09:00 – 18:00 WIB di luar hari libur nasional yang ditentukan pemerintah).

TITIP PUNTUNG ROKOK di DROPBOX #PUNTUNGITUSAMPAH

Berikut adalah cara menitipkan sampah puntung rokok pada dropbox #PuntungItuSampah:

  1. Usia penitip harus 18 tahun atau lebih
  2. Memastikan sampah puntung rokok kering, bersih, dan bebas dari abu
  3. Dengan tetap mematuhi peraturan yang berlaku, protokol kesehatan (masker, cuci tangan, tidak dalam kondisi sakit) dan jaga jarak, mengantar sendiri (tidak diantar menggunakan jasa pengiriman) sampah puntung rokok pada salah satu dari 5 lokasi berikut (sila cek hari dan jam buka pada pengelola lokasi):
    • KAUM Jakarta Jl. Dr. Kusuma Atmaja No.77, Menteng, Jakarta Pusat www.kaum.com +62 21 22393256 Daiginjo Kebayoran Lama Gandaria City Mall North Lobby, Cilandak, Jakarta Selatan daiginjo.co.id +62 21 27083381
    • Komunal 88 Jl. Ampera Raya No.5, Pasar Minggu, Jakarta Selatan www.komunal88.com +62 811-1627-493
    • Three Buns Jakarta Jl. Senopati No.90, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan www.threebuns.com +62 21 29307780
    • Toko Kopi Tuku Cipete Jl. Cipete Raya B No.7, Cilandak, Jakarta Selatan tuku.coffee
    • Toko Kopi Tuku BSD Ruko Sektor 1.3, Blok RB No. 1, Jl. Griya Loka Raya, Serpong, Tangerang Selatan www.tuku.coffee
  • Segera laporkan lokasi dropbox yang penuh pada Waste4Change atau penyedia lokasi dropbox
  • Silakan cek lokasi dropbox lainnya, atau silakan kirimkan sampah puntung rokok via program Send Your Waste Waste4Change (w4c.id/puntungitusampah)
  • Sangat tidak disarankan untuk menitipkan atau menempatkan sampah puntung rokok di luar dropbox yang sudah disediakan.
  • Untuk memastikan sampah puntung rokok dapat dikelola secara optimal, mohon untuk tidak menitipkan sampah lain selain sampah puntung rokok di dalam dropbox #PuntungItuSampah
  • Untuk daur ulang material anorganik lainnya, silakan cek w4c.id/SYW
  • Baik karena penuh atau alasan lainnya, demi menjaga keselamatan dan kebersihan dropbox serta area lokasi penyedia dropbox, kami sangat menyarankan untuk tidak menempatkan sampah puntung rokok di luar dropbox yang sudah disediakan.
  • Sampah puntung rokok yang akan disertakan dalam riset daur ulang oleh Waste4Change dan #PuntungItuSampah Sampoerna untuk Indonesia (SUI) hanya sampah puntung rokok yang ditempatkan di dalam dropbox yang sudah disediakan atau dikirimkan via Send Your Waste Waste4Change (w4c.id/puntungitusampah).
  • Silakan cek lokasi dropbox lainnya, atau silakan kirimkan sampah puntung rokok via program Send Your
    Waste Waste4Change (w4c.id/puntungitusampah).
  • Baik karena dropbox penuh atau alasan lainnya, demi menjaga keselamatan dan kebersihan dropbox serta area lokasi penyedia dropbox, kami sangat menyarankan untuk tidak menitipkan sampah puntung rokok pada siapapun, bahkan pada pengelola/petugas lokasi penyedia dropbox
  • Sampah puntung rokok yang akan disertakan dalam riset daur ulang oleh Waste4Change dan Sampoerna untuk Indonesia (SUI) hanya yang ditempatkan di dalam dropbox yang sudah disediakan atau dikirimkan via

LAINNYA

Selama mengikuti prosedur terkait pengiriman dan penitipan puntung rokok yang sudah kami jelaskan, kami mendukung semua usaha untuk meningkatkan daur ulang puntung rokok agar tidak berakhir di lingkungan dan TPA.

  • Selama mengikuti prosedur terkait pengiriman dan penitipan puntung rokok yang sudah kami jelaskan, kami mendukung semua usaha untuk meningkatkan daur ulang puntung rokok agar tidak berakhir di lingkungan dan TPA. 
  • Mohon pastikan puntung rokok dalam keadaan kering, bersih dari abu, dan tertutup rapat.
  • Sampah selain puntung rokok hanya bisa dikirimkan melalui Send Your Waste Waste4Change (w4c.id/SYW) dan harus dikirimkan terpisah dari sampah puntung rokok.
  • Mohon membaca kembali material anorganik yang bisa diterima oleh program Send Your Waste Waste4Change (w4c.id/SYW) dan mengikuti prosedur pengiriman yang sudah ditentukan.

Silakan kirimkan detail pengolahan puntung rokok yang Anda kelola ke contact@waste4change.com, tim terkait akan segera menghubungi

Pusat Bantuan

Mengalami masalah atau membutuhkan informasi lebih lanjut terkait program ? Hubungi pusat bantuan Kami

2020 - All Rights Reserved Waste4Change

Halaman ini hanya bisa diakses oleh individu di atas usia 18 tahun.
Untuk individu di bawah usia 18 tahun dapat mengirim kemasan bekas melalui layanan send your waste reguler kami