Program Improvement of Solid Waste Management to Support Regional and Metropolitan Cities

Program Improvement of Solid Waste Management to Support Regional and Metropolitan Cities

Sungai Citarum
Sungai Citarum (sumber: Koran Jakarta)

Program Improvement of Solid Waste Management to Support Regional and Metropolitan Cities atau disingkat ISWMP adalah sebuah program peningkatan pengelolaan sampah nasional dengan target utama kota metropolitan dan skala regional. ISWMP akan diimplementasikan melalui Direktoral Jenderal Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan, bekerja sama dengan Bank Dunia. Program ini akan mendukung program peningkatan pengelolaan sampah untuk sejumlah kabupaten/kota terkait program nasional Citarum Harum. Adapun kabupaten/kota yang menjadi prioritas adalah Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat. Peningkatan pengelolaan sampah regional Bandung Raya ini diharapkan akan mengurangi secara signifikan sampah yang masuk ke dalam Sungai Citarum. Selain Bandung Raya, program ini juga akan mendukung kota/kabupaten lain nya yang memiliki komitmen yang tinggi untuk meningkatkan kinerja pengelolaan persampahan.

Dukungan ISWMP ini dapat berbentuk bantuan teknis dan bantuan sarana prasarana. Untuk bantuan sarana prasarana, perlu disiapkan dokumen perlingkungan lingkungan hidup. Terdapat dua kota yaitu Kota Padang dan Kota Makassar yang telah mempersiapkan dokumen perlindungan yang dimaksud yaitu AMDAL ( atau ESIA: Environmental and Social Impact Assessment) dan RKL/RPL (ESMPs: Environmental and Social Management Plans).

Selain AMDAL dan RKL/RPL, bagi kabupaten/kota yang belum menyiapkan dokumen lingkungan maka disusunlah Kerangka Pengelolaan Lingkungan dan Sosial atau KPLS ini (Environmental and Social Management Framework atau disingkat ESMF) disusun sebagai acuan untuk pengelolaan dampak lingkungan dan sosial masing-masing sub proyek ISWMP. KPLS akan mengarahkan i) penyusunan rencana pengelolaan lingkungan dan sosial (ESMPs) masing-masing sub proyek di bawah ISWMP dan ii) penyusunan dokumen terkait dengan perlindungan sosial (Rencana Pengadaan Lahan dan Pemukiman Kembali dan Rencana Penanganan Masyarakat Adat yang diperlukan masing-masing sub proyek)

Konsolidasi Executive Summary meringkas hasil AMDAL dan RKL/RPL dua kota tersebut di atas dan ringkasan KPLS. Link : Consolidated Executive Summary of ESIA and ESMF

Sedangkan untuk penyusunan dokumen perlindungan lingkungan berdasarkan KPLS, silakan untuk klik link berikut ini : ESMF ISWMP

1 2