Ellen MacArthur Foundation launches “The New Plastics Economy Global Movement”

The New Plastics Economy Global Commitment
The New Plastics Economy Global Commitment

 

Yayasan Ellen MacArthur meluncurkan “The New Plastic Economy Global Commitment”

Pada hari ini, tanggal 29 Oktober 2018, ada gerakan global yang mendukung penghapusan sampah dan polusi plastik yang telah ditandatangani oleh 250 organisasi dari brand, retailer, pendaur ulang, dan penghasil produk kemasan, termasuk pemerintahan dan organisasi non-profit di seluruh dunia.

Gerakan yang dinamai The New Plastic Economy Global Commitment (Komitmen Global Ekonomi Plastik Baru) ini digagas oleh Ellen MacArthur Foundation yang berkolaborasi dengan UN Environment dan diumumkan secara resmi di Our Ocean Conference di Bali pada hari Senin, 29 Oktober 2018 ini.

Gerakan New Plastic Economy Global Commitment memiliki misi utnuk membuat standar ‘normal’ yang baru untuk penggunaan kemasan plastik. Target-target yang disusun untuk mencapai misi utama ini akan dievaluasi ulang setiap 18 bulan sekali dan akan terus ditingkatkan setiap tahunnya. Bisnis-bisnis yang ikut menandatangani komitmen bersama ini akan mempublikasikan data tahunan mereka dalam usaha mereka mendukung gerakan New Plastic Economy Global Commitment.

The New Plastics Economy Global Commitment
The New Plastics Economy Global Commitment

3 Target Utama The New Plastics Economy Global Commitment adalah:

  1. Eliminasi kemasan plastik yang berlebihan atau menimbulkan masalah terhadap lingkungan, dan mengganti model kemasan sekali pakai ke kemasan yang bisa digunakan berulang kali
  2. Mengadakan usaha inovasi untuk memastikan 100% kemasan plastik yang dihasilkan dapat secara mudah dan aman digunakan kembali, didaur ulang, dan diproses menjadi kompos paling lambat pada tahun 2025.
  3. Melakukan usaha sirkulasi untuk produk plastik yang dihasilkan dengan cara meningkatkan jumlah plastik yang digunakan kembali atau didaur ulang dan dibuat menjadi kemasan atau produk baru.

Dame Ellen MacArthur, pendiri the Ellen MacArthur Foundation berkata:
“Kami tahu bahwa membersihkan plastik dari pantai dan lautan kita merupakan hal yang vital, tapi itu saja tidak bisa menghentikan tambahan jumlah plastik yang mencemari lautan kita setiap tahunnya. Kita harus mulai menangani masalah dari hulu, sumber segala masalah ini bermula. Gerakan The New Plastics Economy Global Commitment bertujuan untuk memberi batas pada fenomena ini, bersama dengan pemilik bisnis, pemerintah dan pihak-pihak terkait lainnya di seluruh dunia, bersatu dengan visi yang sama untuk menciptakan sistem ekonomi melingkar yang efektif bagi plastik. Gerakan ini hanyalah satu langkah dalam perjalanan yang pastinya tidak mudah, tapi bisa menjadi langkah awal untuk mendapatkan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat, ekonomi, dan lingkungan. Saya mendukung semua bisnis dan instansi pemerintahan untuk berani bergerak maju dan melibatkan diri dalam kompetisi menuju yang terbaik dalam penerapan ekonomi melingkar plastik. Supaya bahan plastik yang ada tidak menjadi sampah apalagi polusi bagi lingkungan kita.”

Pavan Sukhdev, Presiden WWF Internasional, mengatakan: “Krisis plastik hanya dapat diselesaikan dengan upaya gabungan dari semua pemain kunci dalam sistem. Strategi World Wide Fund for Nature (WWF) dalam plastik adalah untuk mengadvokasi, memperkuat dan mempercepat rangkaian inisiatif yang terhubung untuk perubahan; oleh karena itu kami bekerja sama dengan organisasi-organisasi kunci lainnya, seperti Yayasan Ellen MacArthur, untuk menyampaikan pesan bersama tentang komitmen bersama kami, dan untuk mengembangkan alat yang diperlukan untuk mencapai ini dalam kemitraan dengan perusahaan, masyarakat sipil, pemerintah dan warga negara. Oleh karena itu, WWF mengesahkan Komitmen Global The New Plastics Economy karena kami menganggapnya sebagai langkah maju yang penting untuk bergabung dengan upaya bisnis dan pemerintah di seluruh dunia menuju solusi di seluruh sistem. ”

The New Plastics Economy Global Commitment
The New Plastics Economy Global Commitment

UN Environment, yang memimpin Global Partnership on Marine Litter and its Clean Seas Campaign, bulan lalu juga meluncurkan Global Plastics Platform untuk mendukung upaya internasional untuk mengatasi polusi plastik. Dikatakan bahwa UN Environment akan menggunakan kekuatan bersidang untuk mendorong keterlibatan dengan Global Commitment dari pemerintah dan pemain kunci lainnya. Pemerintah yang menandatangani, berjanji untuk menerapkan kebijakan dan memungkinkan kondisi untuk mendukung target dan visi Komitmen Global.

Direktur Eksekutif Erik Solheim mengatakan: “Sampah plastik di lautan adalah salah satu contoh yang paling terlihat dan mengganggu dari krisis pencemaran plastik. The New Plastics Economy Global Commitment adalah rangkaian target paling ambisius yang telah kita lihat dalam pertempuran untuk mengalahkan polusi plastik. Ini menetapkan langkah-langkah bisnis dan pemerintah harus mengambil jika kita menemukan solusi untuk akar penyebab polusi plastik dan kami mendorong semua orang yang bekerja untuk menangani masalah global ini untuk menandatanganinya. ”

Baca lebih lanjut dan tunjukkan dukunganmu: https://newplasticseconomy.org/

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.