Waste4Change dan BMKG Perkuat Kapasitas Warga Kabupaten Bogor Hadapi Perubahan Iklim

Bogor, 20 September 2020 – Isu pengolahan sampah tidak hanya berdampak pada kebersihan dan kesehatan masyarakat, namun juga memiliki peran dalam mengurangi dampak perubahan iklim.

Melihat hal ini, Waste4Change bekerja sama dengan BMKG untuk menyelenggarakan pelatihan yang bertujuan memperkuat kapasitas warga Bogor dalam menghadapi perubahan iklim dan juga memperkuat kemampuan perwakilan warga untuk dapat mengedukasi masyarakat secara luas tentang sampah.

Pelatihan Literasi Iklim dan Edukasi Sampah tersebut diadakan dari 19-20 September dan bertempat di Gedung Serba Guna, Desa Cilebut Timur, Kecamatan Sukaraja. Pelatihan ini dihadiri oleh Kelompok Swadaya Masyarakat yang mengelola 3 Tempat Pembuangan Sampah Sementara Reduce, Reuse, dan Recycle (TPS3R) yang berada di wilayah Cilebut Timur, Telaga Kahuripan, dan Ciomas.

“Kesadaran masyarakat untuk mengelola sampah dengan baik dapat berkontribusi dalam mendukung komitmen Pemerintah Indonesia dalam Perjanjian Paris, yakni menahan laju peningkatan suhu bumi dari 2°C.”

ujar Siswanto, Kepala Sub Bidang Produksi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG

Dalam pelatihan ini, 26 warga pengelola tiga TPS3R mengenal lebih jauh terkait Program Literasi Iklim; sebuah inisiasi BMKG yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang adaptasi perubahan iklim. Selain itu, peserta pelatihan juga mendapatkan pelatihan bagaimana meningkatkan partisipasi warga dalam pengelolaan sampah.

Para peserta juga dibekali dengan kemampuan bagaimana menggunakan media komunikasi, seperti media sosial, video, grafis sebagai alat komunikasi yang bisa menjangkau banyak warga di lingkungan peserta pelatihan tinggal.

Meski berlangsung di tengah pandemi Covid-19, pelatihan ini berjalan dengan mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan Pemerintah. Dewobroto, warga Cilebut yang merupakan panitia menjelaskan bahwa pelatihan ini telah mendapatkan persetujuan dari Tim Covid19 Desa Cilebut dan Puskesmas, serta seluruh peserta pelatihan dinyatakan sehat.

Pelatihan yang berlangsung dua hari tersebut merupakan sebagian dari program Waste4Change untuk pemberdayaan komunitas dalam mengelola sampah di Cibinong, Kabupaten Bogor. Program yang secara khusus menyasar komunitas pengelola TPS3R di Kabupaten Bogor ini sudah berjalan dari awal 2020 dan didukung oleh DOW Indonesia; sebuah perusahaan multinasional yang bergerak di industri kimia.

“Hingga tahun depan, kami akan bekerja sama dengan kelompok masyarakat TPS3R di Cilebut, Telaga Kahuripan, dan Ciomas untuk meningkatkan kapasitas TPS3R dan mendorong warga yang berada di tiga wilayah tersebut menerapkan pengolahan sampah yang baik. Diharapkan program ini dapat memberikan kontribusi dalam isu sampah di Kabupaten Bogor”

Bilqis Rulista – Community Development Designer, Strategic Service Department Waste4Change.

Related Post