Waste Sorting at Office 101: How to Get Your Office’s Waste Sorted

Pemilahan Sampah di Kantor 101: Cara Memilah Sampah Kantor Anda

Memilah sampah di rumah merupakan hal yang penting namun, selain itu, sudahkah Anda mulai memilah sampah di kantor? 

Melansir Envirowise, 70% sampah yang dihasilkan di kantor sebenarnya dapat didaur ulang. Berdasarkan data ini, dapat Anda bayangkan betapa banyaknya sampah dari kantor yang sebenarnya dapat didaur ulang kembali, tetapi berakhir sia-sia begitu saja di TPA.

Untuk dapat semakin memudahkan proses daur ulang, pemilahan sampah juga dapat dilakukan di tingkat perkantoran, hal ini sekaligus menjadi langkah awal untuk semakin mewujudkan Green Office di kantor.

Apa Manfaat Memilah Sampah di Kantor

Selain menumbuhkan kebiasaan baik bagi karyawan untuk bijaksana mengelola sampah, ternyata pemilahan sampah juga membawa banyak manfaat baik. Beberapa manfaat tersebut antara lain dapat meningkatkan jumlah sampah yang akan didaur ulang, mengurangi jumlah sampah yang harus berakhir begitu saja di lingkungan dan TPA, hingga mencegah bercampurnya sampah yang dapat membahayakan tanah dan lapisan ozon. 

Jenis Sampah yang Lazim Ditemukan di Kantor 

  1. Sampah Kertas
    Menurut Environmental Protection Agency, rata-rata pekerja kantor menghasilkan sekitar 2 pon kertas dan produk karton setiap hari dan menggunakan 10.000 lembar kertas setiap tahun.

Untuk mengurangi jumlah sampah kertas di kantor, Anda dapat mencetak dokumen secara bolak-balik atau cukup dengan mengirim berkas secara digital jika memungkinkan.

Sampah kertas di kantor. Sumber: thegreentimes.co.za
  1. Sisa Makanan
    Menurut data dari Badan Ketahanan Pangan, Kementerian Pertanian, setiap orang di Indonesia dapat menghasilkan sampah makanan hingga 300 kilogram setiap tahunnya.  Untuk menghindari sampah makanan yang menumpuk di kantor, Anda dapat membiasakan untuk menghabiskan makanan selain itu, Anda juga dapat membawa pulang sisa makanan dan mengolahnya menjadi kompos di rumah.

  2. Produk sekali pakai
    Botol plastik dan alat makan sekali pakai berpotensi sering ditemukan di kantor. Padahal melansir National Geographic Indonesia, Indonesia menjadi negara keempat pengguna botol plastik terbanyak di dunia dan tercatat penggunaan botol plastik di Indonesia telah mencapai 4.82 miliar.

Sebagai alternatif, Anda dapat membawa tumbler dan alat makan pribadi yang dapat dipakai berulang kali. Membawa bekal dari rumah juga dapat menjadi salah satu solusi untuk mengurangi penggunaan plastik dan alat makan sekali pakai. 

Bagaimana Memulai Pemilahan Sampah di Kantor?

Membangun kebiasaan memilah sampah di kantor dapat Anda lakukan dengan: 

  1. Sediakan setidaknya  dua wadah sampah terpisah dengan kategori organik dan anorganik. 
  2. Untuk sampah organik di kantor, pastikan Anda menggunakan penutup tempat sampah agar terhindar dari hama dan bau yang tidak sedap. Sampah organik mudah terurai dan dapat menghasilkan gas metana di lingkungan tanpa oksigen, sehingga pastikan Anda 

menaruh sampah organik Anda dalam wadah tertutup rapat untuk waktu yang lama. Temukan agen pengelolaan sampah yang bertanggung jawab yang akan mengumpulkan sampah organik Anda setiap hari. Atau Anda dapat membuat instalasi pengolahan kompos sederhana di taman kantor Anda untuk memproses sampah organik karyawan Anda

3. Untuk sampah anorganik dapat Anda sediakan wadah terpisah menurut kategori berikut:
a. Sampah kertas: Kertas HVS, Karton Minuman Bekas (Food / Beverage Carton), majalah bekas.
b.
Sampah plastik: Plastik berjenis PET, HDPE, LDPE, PP, PVC, Styrofoam, dan jenis sampah plastik lainnya.
c.
Sampah kaca: botol kaca, lampu bohlam, cermin
d. Sampah logam: kaleng minuman, peniti, hingga paku

Wadah pemilahan sampah di kantor. Sumber: swannrubbish.com

4. Mengingat masih berada di tengah pandemi Covid-19, Anda dapat menyediakan wadah terpisah khusus untuk sampah medis dan infeksius. Masker medis sekali pakai termasuk ke dalam jenis sampah ini. Buanglah sampah medis dengan cara yang benar untuk mencegah penularan penyakit dan mencegah penggunaan limbah oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Kelola sampah anorganik perusahaan Anda bersama Waste4Change. Layanan Responsible Waste Management akan membantu Anda dan bisnis Anda untuk dapat mengelola sampah dengan lebih bijaksana. Ketahui lebih lanjut di w4c.id/RWM

Referensi:

https://www.roadrunnerwm.com/blog/office-worker-waste-generation

https://www.epa.gov/sites/production/files/2013-09/documents/fec_automatic_duplexing.pdf

https://nationalgeographic.grid.id/read/132011639/empat-langkah-sederhana-mengurangi-penggunaan-plastik-sekali-pakai?page=all

1 2

Related Post