Tips Konsumen Menghindari Produk Palsu dan Ilegal

Kasus pemalsuan obat, kosmetik, dan makanan sayangnya bukanlah sebuah hal baru di Indonesia. Beberapa orang memilih untuk memanfaatkan ketidaktahuan masyarakat untuk kepentingan mereka sendiri, tidak memperdulikan bahaya yang diberikannya kepada orang banyak. Oleh karena itu, masyarakat harus bisa lebih pandai lagi dalam memilih barang yang akan dibeli dan dikonsumsi seperti obat, kosmetik, ataupun makanan. Kasus pemalsuan kosmetik sudah sering terdengar karena banyaknya konsumen yang kurang teliti dalam memilih, begitu juga dengan kasus pemalsuan obat dan tanggal kedaluwarsa makanan

Kosmetik Palsu (Sumber: Kompas.com)

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan konsumen untuk menghindari produk ilegal atau palsui:

  1. Cek kemasan dan label produk

Pastikan kemasan masih dalam segel dan terkunci, menandakan belum pernah dibuka oleh siapapun agar masih aman. Konsumen juga bisa mengecek kandungan dan komposisi yang ada pada label produk, dan juga melihat tanggal kadaluarsa pada label.

  1. Jangan tergiur harga murah

Harga yang murah memang kadang menjadi alasan konsumen memilih sebuah produk, bahkan terkadang satu produk yang sama bisa memiliki perbedaan harga yang cukup jauh dari dua toko yang berbeda. Kasus seperti ini harus lebih diwaspadai, karena tidak menutup kemungkinan adanya pemalsuan kemasan atau pun isi produk obat dan kosmetik.

  1. Konsumen bisa lebih waspada dalam memilih produk dengan mengecek langsung ke situs resmi Badan Pengawas Obat dan Makanan RI (BPOM) di cekbpom.go.id.

Peran Serta Masyarakat Cegah Peredaran Barang Palsu

Masyarakat bisa berperan dalam mencegah beredarnya kemasan dan produk palsu dengan memilah sendiri sampah sesuai bahannya dan memastikan sampah daur didaur ulang dengan bertanggung jawab. Salah satu caranya adalah mengirimkan sampah agen daur  ke Waste4Change menggunakan servis Send Your Waste. Produsen juga bisa berperan aktif menjaga kemasannya agar tidak disalahgunakan dengan mengadakan program daur ulang kemasan, salah satunya bisa menggunakan servis Waste 4 Change yaitu In-Store Recycling.

Sumber referensi:

  • Waspada Produk Palsu, Simak 7 Tips Ini untuk Memilih Kosmetik yang Aman Bagi Kulit (wowkeren.com)
  • Selain Tanggal pada Kemasan, Berikut Cara Mengetahui 5 Bahan Makanan ini Sudah Kedaluwarsa atau Belum – Bobo (grid.id)
  • Awas produk palsu, ini cara cek obat tradisional yang aman menurut BPOM (kontan.co.id)

Related Post