Industry Updates

Black Soldier Flies (BSF): Peluang Bisnis yang Menguntungkan & Solusi Masalah Sampah Organik

FAO (Food and Agriculture Organization of the United Nation) telah menyebutkan bahwa sekitar sepertiga dari makanan yang diproduksi di dunia untuk konsumsi manusia setiap tahunnya – sekitar 1,3 miliar ton – hilang atau terbuang.

Di Indonesia sendiri, kita menghadapi kenyataan bahwa hampir 13 juta ton makanan terbuang setiap tahunnya. Makanan yang terbuang tersebut bisa memberi makan sekitar 28 juta orang, jumlah yang sama dengan tingkat kelaparan di Indonesia (menurut sebuah penelitian yang dibuat oleh Detik Finance).

Sampah Organik Jadi Penyumbang Pemanasan Global

Mempertimbangkan bahwa sampah organik adalah salah satu penyumbang terbesar pemanasan global, pernyataan tentang situasi sampah makanan di Indonesia telah menarik banyak perhatian dari para ahli makanan dan limbah di seluruh dunia. Bahkan, menurut sebuah penelitian yang dibuat oleh Economist Intelligence Unit (EIU) pada tahun 2016, Indonesia adalah pembuang makanan terbesar kedua di dunia, menyia-nyiakan hampir 300 kilogram makanan per orang setiap tahun.

picture via sciencemeetsfood
picture via sciencemeetsfood

Potensi Besar Sampah Organik

Biogas sebagai alternatif baru sumber energi terbarukan, kompos yang menyuburkan tanah, dan pakan ternak, itu hanya 3 dari banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengelola sampah organik dengan cara yang benar dan bertanggung jawab.

Sampah organik juga dapat digunakan sebagai sumber makanan untuk komoditas lain yang sangat berharga: Black Soldier Flies (BSF).

Courtesy of Northern Recycling
Courtesy of Northern Recycling

Sampah Organik dan Black Soldier Flies (BSF)

Black Soldier Flies (BSF) merupakan tipe lalat yang berukuran lebih besar dari lalat biasa dan terkenal akan kemampuannya untuk mengonsumsi dan mengurangi sampah organik. Inilah alasan utama mengapa sampah Organik dan Black Soldier Flies (BSF) merupakan kombinasi yang luar biasa. BSF berguna dalam mengurangi jumlah sampah organik yang ada, menghasilkan bahan baku yang baik untuk kompos dan residu limbah air yang dapat diolah menjadi biogas.

BSF sendiri dapat dibiakkan dan dijual sebagai sumber protein baru yang dapat digunakan sebagai pakan ternak. Telur dan larva dapat diproduksi dan dipasarkan untuk berbagai tujuan.

Di bawah ini adalah bagan rinci tentang penguraian sampah organik menggunakan Black Soldier Flies (BSF) dan daftar komoditas yang dihasilkan dari proses tersebut:

Di mana dan bagaimana saya mempelajari budidaya Black Soldier Flies (BSF)?

Mengingat banyaknya manfaat yang dapat diperoleh dari proses penguraian sampah organik oleh Black Soldier Flies (BSF), Waste4Change Sidoarjo telah mendedikasikan waktu dan sumber daya untuk mendidik dan mengadakan kelas pengembangbiakan tentang teknik budidaya dan pemeliharaan Black Soldier Flies (BSF).

How Black Soldier Flies can be utilized for business and to manage organic waste
Bagaimana Black Soldier Flies dapat dimanfaatkan untuk mengelola sampah organik

Kelas Budidaya Black Soldier Flies(BSF) oleh Waste4Change Sidoarjo saat ini hanya tersedia di:

Waste4Change Sidoarjo

TPST 3R

Tempat Pengolahan Sampah Terpadu

Pasar Induk Modern Puspa Agro

Jalan Sawunggaling No.177-183

Inquiries:

Ardiana Rahma Safitri

+62 896-9960-3667

waste4change.com

BSF Facilities Waste4Change Sidoarjo (courtesy of Waste4Change Sidoarjo)

Siapa yang bisa ikut di Kelas Pelatihan Pengembangbiakan dan Budidaya Black Soldier Flies (BSF) oleh Waste4Change Sidoarjo?

Kelas Budidaya Black Soldier Flies (BSF) oleh Waste4Change Sidoarjo didedikasikan untuk siapa saja yang ingin belajar tentang penguraian sampah organik menggunakan Black Soldier Flies (BSF) atau siapa saja yang ingin memperdalam pengetahuannya tentang proses pembudidayaan dan pembibitan Black Soldier Flies (BSF).

Siswa workshop kami berkisar dari ahli ekologi, pengusaha, restoran atau pemilik bisnis makanan, pelajar, mahasiswa, dan profesor akademis. Kami mengundang semua orang yang memiliki perhatian besar dan ketertarikan pada sampah organik, limbah makanan, Black Soldier Flies (BSF), juga tertarik mengeksplorasi peluang bisnis untuk menghadiri kelas kami.

black soldier flies
One of our participants, Fabio from Costarica (right side of the picture)

“My first feeling when I arrived there, was like a great discover for me. Everything that I knew, everything that I learned everyday was very useful. I am very happy, very glad, for that training. I learned a lot, and without a doubt, I would recommend this training to anyone (who) wants to make change in terms of waste management and new protein development.”

– Fabio Samora, Costarican Biologist

Apa yang Akan Saya Pelajari di Kelas Pelatihan Budidaya Black Soldier Flies (BSF) oleh Waste4Change Sidoarjo?

Waste4Change Sidoarjo saat ini menyediakan 3 paket pembelajaran:

  1. Program Kunjungan 1 Hari, cocok untuk siapa saja yang dianggap sebagai pemula di bidang budidaya Black Soldier Flies (BSF). Kami akan memberi Anda tur dan pengenalan fasilitas pembibitan dan budidaya BSF kami dan sesi langsung yang sederhana untuk memungkinkan Anda mengalami proses keperawatan BSF dan dekomposisi limbah makanan menggunakan BSF.
  2. Program Magang Singkat 5 Hari, cocok untuk peserta yang ingin mengeksplorasi lebih jauh tentang teknik budidaya Black Soldier Flies (BSF) dan menjalani langsung proses perawatan BSF. Anda akan memiliki kesempatan untuk memperdalam pengetahuan Anda dengan berpartisipasi dalam perawatan dan budidaya BSF setiap hari.
  3. Program Intensif 21 hari, cocok untuk pengusaha, pemilik bisnis, atau siapa saja yang ingin membangun fasilitas pengembangbiakan dan budidaya BSF miliknya sendiri. Selain mendapatkan pengenalan yang sama dan sesi langsung seperti dua program lainnya, kami juga akan membantu Anda untuk merancang dan merencanakan fasilitas pembibitan dan budidaya BSF Anda sendiri di kota / daerah Anda. Bersama-sama kita akan membahas jadwal kerja terbaik dan rencana bisnis yang sesuai dengan kondisi dan sumber daya daerah Anda.

Sertifikat, modul, dan starter kit BSF akan diberikan kepada peserta program magang pendek dan intensif.

black soldier flies
BSF Cultivation learning session (courtesy of Waste4Change Sidoarjo)

Di mana saya akan tinggal selama saya menjadi peserta Kelas Budidaya Black Soldier Flies (BSF) oleh Waste4Change Sidoarjo?

Semua program yang ditawarkan oleh BSF Cultivation Workshop Waste4Change Sidoarjo tidak termasuk:

  • Transportasi ke dan dari lokasi Waste4Change Sidoarjo
  • Akomodasi selama kunjungan dan pelatihan
  • Biaya visa untuk masuk ke Indonesia
  • Asuransi
  • Makanan sehari-hari

Jika Anda membutuhkan bantuan untuk mencari tempat penginapan dan akomodasi terdekat dan sesuai dengan kebutuhan Anda, mohon mengabari pihak Waste4Change Sidoarjo sebelum kunjungan/kelas berlangsung.

Berapa banyak uang yang harus saya investasikan Mengikuti Kelas Budidaya Black Soldier Flies (BSF) oleh Waste4Change Sidoarjo?

Biaya investasi bervariasi, tergantung pada program dan tujuan studi Anda.

Jika Anda ingin mendapatkan rincian biaya dan penjelasan lengkap dari kelas budidaya BSF atau jika Anda memiliki pertanyaan tentang Kelas Pelatihan Budidaya Black Soldier Flies (BSF) oleh Waste4Change Sidoarjo, harap luangkan waktu Anda untuk mengisi formulir berikut.

BSF Cultivation learning session (courtesy of Waste4Change Sidoarjo)

Di mana saya bisa mendapatkan peralatan budidaya Black Soldier Flies (BSF), produk BSF, dan starter kit Black Soldier Flies (BSF)?

Waste4Change Sidoarjo menyediakan produk-produk BSF, juga peralatan dan starter kit untuk keperluan pengembangbiakan dan pembudidayaan Black Soldier Flies (BSF). Produk BSF yang kami tawarkan berkisar dari telur, larva, dan pupa.

Pemesanan dan Pertanyaan:

Ardiana Rahma Safitri

+62 896-9960-3667

waste4change.sda@gmail.com

Baca artikel versi Bahasa Inggris/English version di sini.

Posted on Last Updated on
Bagikan Artikel Ini

Mulai Pengelolaan Sampah
Secara Bertanggung Jawab
Bersama Waste4Change

Hubungi Kami