Industry Updates

Siklus Refill Bantu Kurangi Sampah Plastik Produk Rumah Tangga

Upaya untuk menciptakan iklim lingkungan yang lebih baik adalah tanggung jawab bersama. Berbagai komunitas/organisasi/startup telah banyak berkontribusi bagi pengelolaan sampah (waste management) serta mendukung gaya hidup berkelanjutan.

Permasalahan sampah di Indonesia memang tidak pernah ada habisnya, untuk itu diperlukan solusi yang aplikatif sehingga mampu diimplementasikan dan memberikan dampak yang signifikan. Salah satu jenis sampah yang banyak menimbulkan masalah adalah sampah plastik. Gerakan untuk mengurangi sampah plastik harus dimulai dengan memupuk kesadaran akan gaya hidup ramah lingkungan.

Terdapat beberapa upaya untuk mengurangi penggunaan sampah plastik di kehidupan sehari-hari. Seperti menggunakan botol minum isi ulang atau menggunakan tas belanja saat pergi ke supermarket. Bahkan, sudah ditemukan pula beberapa toko yang menerapkan konsep Bulk Store.

Konsep Bulk Store sendiri merupakan perwujudan dari toko yang menjual barang kebutuhan sehari-hari tanpa menyediakan wadah atau kemasan dari produk yang akan dibeli. Sehingga orang yang membeli barang kebutuhan sehari-hari di Bulk Store harus membawa sendiri wadah yang dapat mereka gunakan. Hal ini dapat menekan penggunaan kemasan plastik sekali pakai yang mencemari lingkungan.

Jika konsep Bulk Store memungkinkan masyarakat untuk datang langsung ke tokonya, saat ini telah ditemukan juga perusahaan yang menyediakan barang kebutuhan sehari-hari yang dapat diisi ke dalam wadah miliki sendiri namun dapat diantarkan langsung ke rumah pembeli. Salah satu perusahaan yang bergerak untuk memberikan solusi terhadap penggunaan sampah plastik tersebut adalah Siklus Refill Indonesia.

Siklus Refill Indonesia telah berkontribusi dalam aksi pengurangan sampah plastik melalui efisiensi penggunaan plastik pada produk rumah tangga di area Jabodetabek sejak April 2020. Pada bulan Oktober 2021, Waste4Change berkesempatan untuk mewawancarai Jane von Rabenau selaku Founder dari Siklus Refill Indonesia.

Jane von Rabenau - founder of Siklus Refill (image courtesy of Siklus Refill's Facebook)
Jane von Rabenau – founder of Siklus Refill (image courtesy of Siklus Refill’s Facebook)

Mari simak wawancara lengkap Waste4Change dengan Siklus Refill Indonesia berikut ini:

Hal apa yang mendasari dibentuknya Siklus Refill Indonesia? Bagaimana awal mula  dibangunnya Siklus Refill Indonesia?

Siklus Refill Indonesia dibangun untuk menjawab dua permasalahan, yang pertama yakni masalah lingkungan, khususnya masalah sampah plastik di Indonesia yang cukup mengkhawatirkan, mengingat Indonesia merupakan negara terbesar kedua penyumbang sampah plastik ke laut di dunia.

Permasalahan yang kedua adalah masalah ekonomi yang ingin dipecahkan melalui model bisnis Siklus, yang mana masyarakat Indonesia terutama masyarakat kelas menengah ke bawah memiliki kecenderungan untuk melakukan pemenuhan produk kebutuhan sehari-hari dengan melakukan pembelian produk dalam bentuk kemasan saset. Padahal, secara cost per volume, harga untuk produk kemasan saset jauh lebih mahal dibandingkan produk dengan ukuran yang lebih besar.

Oleh karena itu, Siklus Refill Indonesia hadir dengan model isi ulang dengan tujuan menjadikan produk kebutuhan sehari-hari lebih terjangkau oleh masyarakat, sekaligus turut memecahkan masalah pemakaian plastik sekali pakai.

Layanan apa saja yang disediakan oleh Siklus Refill Indonesia? 

Saat ini, kami baru menyediakan layanan antar untuk isi ulang produk. Kami mengantarkan pesanan konsumen ke daerah Jabodetabek tanpa dipungut biaya kirim sedikitpun dan tanpa minimum pembelian. Hal ini sesuai dengan tujuan kami, yaitu menjadikan produk kebutuhan sehari-hari dapat dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat dengan mudah. Produk isi ulang kami antarkan ke alamat konsumen untuk memudahkan konsumen dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Image courtesy of Siklus Refill's Facebook
Image courtesy of Siklus Refill’s Facebook

Produk apa saja yang tersedia di Siklus Refil Indonesia? Apakah Silkus Refil melakukan kerja  sama dengan produsen, perusahaan, atau penyedia produk tertentu?

Secara garis besar, kami membagi produk yang kami miliki menjadi 3 kategori, yaitu personal care yang terdiri dari sabun, sampo, dan hand sanitizer untuk kebutuhan perseorangan. Yang kedua, kategori home cleaning product, yang terdiri dari sabun pel, deterjen cair maupun bubuk, pelicin pakaian, pewangi pakaian, dan sabun cuci piring. Yang terakhir, kategori dapur, yang mana saat ini terdiri dari minyak goreng. Kami juga sedang menjalankan pilot project dengan Nestle Indonesia, yang mana produk Milo, Koko Krunch, dan Dancow disediakan dalam bentuk isi ulang (refill) dan tersedia untuk warga Tebet. Pilot project tersebut bertujuan untuk melakukan studi kemasan isi ulang dan melihat perilaku konsumen dalam mendapatkan/membeli produk makanan dalam bentuk isi ulang.

Untuk mendapatkan produk-produk tersebut adalah melalui kerja sama dengan pihak produsen atau distributor resmi. Hal ini dikarenakan produk yang disediakan di Siklus Refill Indonesia adalah produk yang sudah beredar di masyarakat dan cukup terkenal (mainstream), seperti Bimoli, Sunlight, SoKlin, dan sebagainya.

Saat ini, kami bekerja sama dengan 7 brand, di antaranya P&G, Nestle, Wings, Mars, Total Chemindo Loka, Godrej, dan Reckitt Benckiser.

Adakah produk yang diproduksi sendiri oleh Siklus Refil Indonesia?

Kami tidak memproduksi produk sendiri. Hal ini dikarenakan saat ini kami fokus terhadap permasalahan sampah plastik di Indonesia dan ingin mengubah kebiasaan konsumen dalam pemakaian plastik sekali pakai dengan menyediakan produk yang sudah mereka gunakan sejak lama dan dapat mereka dapatkan dengan harga murah.

Bagaimana cara mendapatkan layanan antar dari Siklus Refil Indonesia?

Konsumen hanya perlu memesan produk isi ulang terlebih dahulu baik melalui aplikasi Siklus, Whatsapp, ataupun Instagram. Setelahnya, motoris kami akan datang dengan membawa produk pesanan isi ulang dan konsumen hanya perlu menyiapkan wadah atau botol yang dapat digunakan berulang kali. Pengisian ulang dilakukan oleh motoris kami dengan tepat dan presisi sesuai dengan pesanan konsumen.

Mengingat produk yang kami sediakan adalah produk kebutuhan sehari-hari, tentunya segmentasi masyarakat yang diinginkan adalah seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Dengan demikian, maka diharapkan pula bahwa seluruh masyarakat Indonesia dapat turut berkontribusi terhadap usaha pengurangan pemakaian plastik sekali pakai, sekaligus tetap mendapatkan/memenuhi kebutuhan sehari-hari dari masyarakat.

Image courtesy of Siklus Refill’s Facebook

Ke depannya, apakah Silkus Refil Indonesia akan menambah jenis produk, area cakupan, atau  pengembangan teknis pelayanan?

Tentu. Kami ingin untuk terus memperbaiki dan mengembangkan Siklus Refil Indonesia, baik dari segi jenis dan jumlah produk yang kami sediakan, area cakupan yang harapannya kami bisa tersedia di seluruh Indonesia, dan meningkatkan pelayanan kami agar konsumen dapat merasa aman, nyaman, percaya, dan senang ketika berbelanja isi ulang di Siklus Refill Indonesia.

Apa harapan Siklus Refil Indonesia bagi masa depan pengelolaan sampah di Indonesia?

Pengelolaan sampah menjadi tanggung jawab seluruh pihak. Tak hanya pemerintah sebagai pemegang kekuasaan, tetapi masyarakat sebagai pengguna juga perlu turut berkontribusi dalam langkah tersebut. Dengan adanya Siklus dan waste management ataupun bank sampah lainnya, diharapkan dapat membantu masyarakat dengan menyediakan alternatif untuk masalah sampah, khususnya sampah   plastik. Harapan kami, seluruh pihak atau kelompok dapat ikut bahu-membahu menyelesaikan permasalahan ini demi terwujudnya lingkungan yang lebih baik, lebih sehat, dan lebih bersih.Demikian wawancara yang dilakukan oleh Waste4Change bersama dengan Siklus Refill Indonesia, mari bersama bijak mengelola sampah untuk masa depan lingkungan yang lebih baik!

Posted on Last Updated on
Bagikan Artikel Ini

Mulai Pengelolaan Sampah
Secara Bertanggung Jawab
Bersama Waste4Change

Hubungi Kami