Sharing Economy: Jalan Terbaik Dukung Implementasi Ekonomi Sirkular

Suatu saat nanti ketika sampah sudah mampu diminimalisir dengan optimal, gaya hidup minimalis pun akan terwujud.

Jika Anda penggemar Joshua Fields Millburn dan Ryan Nikodemus, Anda pasti tahu bahwa gaya hidup minimalis bukan hal yang mudah untuk dicapai: bisa bayangkan betapa sederhana dan bahagianya hidup ketika Anda benar-benar dapat mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan.

Mari kita bicara sedikit tentang bagaimana sharing economy bisa menjadi jalan terbaik untuk mendukung implementasi ekonomi sirkular.

Sharing Economy
Sharing Economy – Source: First Five Years

Gaya Hidup Minimalis Mengajarkan untuk Berbagi!

Barang yang kita miliki bisa menjadi tanggung jawab dan kewajiban kita untuk membayar pajak, biaya perawatan, bahkan biaya daur ulang. Ada juga barang-barang yang kita miliki yang tidak dipakai dalam jangka waktu lama, hal ini bisa terjadi karena bosan atau rusak. 

Salah satu cara untuk mengurangi sampah dan mendukung konsep ekonomi sirkular adalah dengan berbagi barang-barang yang kita miliki. Sharing economy atau yang disebut juga ekonomi berbagi adalah hal termudah yang bisa dilakukan karena semua orang dapat melakukannya sekarang, hari ini, dan detik ini juga.

Generasi Milenial dan Gen Z di seluruh dunia mulai mengadopsi gaya hidup ini. Dengan sharing economy, hidup lebih fleksibel dengan lebih banyak pilihan dan sedikit kewajiban. 

Contohnya, menyewa ruang kerja alih-alih membeli gedung. Memesan jasa antar mobil atau motor online alih-alih membeli mobil. Keharusan untuk membayar pajak dan cicilanmenjadi berkurang: membuat kaum muda menjadi lebih bebas dari kewajiban, memiliki pola pikir bahwa hidup hanya untuk saat ini. Menabung hanya diperuntukan sebagai simpanan untuk masa pensiun atau dana darurat seperti biaya rumah sakit.

Jenis Model Bisnis Berbasis Sharing Economy

Belanda yang merupakan negara pemimpin ekonomi sirkular pada tahun 2021 ini telah mengadopsi konsep sharing economy di banyak sektor. Mulai dari fashion, inkubasi ide, hingga transportasi dan menerapkannya ke dalam bisnis dengan konsep berbagai kegunaan suatu benda.

Kalau dipikir-pikir, ada banyak cara untuk membangun bisnis berdasarkan konsep sharing economy. Bukan hanya Anda dapat mengurangi penggunaan sumber daya, Anda juga dapat menarik lebih banyak investor dan membangun model bisnis ekonomi sirkular yang berkelanjutan.

Berikut beberapa ide model bisnis sharing economy yang bisa dipertimbangkan:

  • Pinjaman Peer-to-Peer (P2P)
  • Penggalangan dana, seperti iGrow
  • Sewa Apartemen/ Rumah, seperti AirBnB
  • Berbagi tumpangan, seperti Uber dan Grab
  • Co-Working Space
  • Reselling dan Trading, seperti Carousell
  • Langganan sesuai permintaan, seperti Netflix
Sharing economy Infographic 10 steps concept. coworking, car sharing, Crowdfunding, innovation simple icons
Sharing economy Infographic 10 steps concept. coworking, car sharing, Crowdfunding, innovation simple icons

Pro dan Kontra Sharing Economy

Keuntungan nomor satu dari konsep berbagi adalah menghemat uang, tetapi dampak positif yang lebih besar contohnya banyaknya sampah yang dapat kita kurangi melalui sharing economy.

Inti dari konsep ekonomi sirkular adalah memastikan bahwa sumber daya digunakan secara optimal dan menjaga bahan tetap dalam lingkaran tertutup selama mungkin.

Untuk meringkas, berikut adalah pro dan kontra dari sharing economy:

Pro:

  • Menghemat biaya
  • Ketersediaanakses untuk masyarakat dengan ekonomi terbatas
  • Memonetisasi sumber daya yang kurang dimanfaatkan, lebih banyak pendapatan untuk penyedia
  • Proses daur ulang yang lebih stabil, mengurangi kerusakan lingkungan.

Kontra:

  • Masalah privasi/ keamanan, terutama selama situasi pandemi
  • Ketiadaan atau minim jaminan
  • Ketiadaan privasi

Menurut Anda gimana konsep sharing economy ini? Mari kita bicara lebih jauh tentang implementasi ekonomi sirkular di Indonesia dengan mendaftar ke Forum Ekonomi Sirkular Indonesia ke-4 yang akan diadakan Juli 2021 ini.

Referensi:

https://www.moneycrashers.com/sharing-economy/

https://www.neighbor.com/storage-blog/sharing-economy-pioneers/

Related Post