Industry Updates

Rekomendasi Tempat Penyimpanan Makanan yang Aman dan Awet

Food waste atau sampah sisa makanan menjadi salah satu masalah persampahan di Indonesia. Melansir dari laman Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), sisa makanan mendominasi total sampah nasional, bahkan mencapai 28,3 persen di tahun 2021. Angka ini diperkirakan bisa bertambah jika tidak ditangani dengan baik. Selain dengan menghabiskan makanan, menyimpan makanan di tempat penyimpanan makanan yang baik, juga bisa menjadi solusi untuk mengurangi food waste.

tempat penyimpanan makanan
Rekomendasi wadah penyimpanan makanan (Sumber: The Spruce Eats)

Jauh sebelum plastik dan senyawa kimia lain ditemukan, manusia purba memanfaatkan daun, batang pohon, hingga kulit hewan untuk wadah makanan mereka. Seiring berkembangnya zaman, tercipta inovasi wadah makanan yang praktis dan tahan lama. Kini beragam jenis tempat penyimpanan makanan dapat ditemukan dengan berbagai ukuran, bahan dan model.

Tapi, tidak semua jenis material bisa menjadi bahan wadah menyimpan makanan. Kandungan bisphenol-A (BPA) menjadi salah satu senyawa berbahaya yang biasa digunakan untuk membuat wadah dari plastik. Meski begitu, masih ada banyak jenis wadah makanan yang aman digunakan. Berikut beberapa rekomendasi tempat penyimpanan makanan yang aman dan awet:

Tempat Penyimpanan Makanan Berbahan Kaca/Gelas

Wadah makanan berbahan kaca jauh lebih aman dibanding wadah berbahan plastik. Wadah berbahan kaca juga sangat aman digunakan sebagai tempat penyimpanan makanan panas atau dingin, karena memiliki sifat inert (tidak bereaksi dengan bahan apapun). Selain itu, wadah kaca lebih awet karena bisa didaur ulang. Berikut beberapa produk berbahan kaca yang bisa digunakan untuk menyimpanan makanan:

1. Pyrex Simply Store dari Glasslock

Melansir dari laman New York Times, wadah dari merek Glasslock ini mengklaim anti bocor, tahan banting dan bisa digunakan untuk memanggang dalam oven. Anda bisa membeli produk ini di situs belanja online dengan harga rata-rata Rp680.000 untuk satu set berisi 18 wadah.

2. Good Grip Smart Seal dari OXO

Sama dengan wadah dari Glasslock, produk dari OXO ini juga berbahan kaca yang aman dan awet. Produk ini mengklaim tutup Good Grip Smart Seal ini rapat dan tahan bocor. Harga untuk satu set yang berisi 12 tempat penyimpanan makanan ini sekitar Rp510.000.

Tempat Penyimpanan Makanan Berbahan Stainless Steel

Melansir dari buku Sustaination (Sasetyaningtyas, 2019), material stainless steel terbuat dari senyawa kromium, silikon, mangan, nikel, karbon dan nitrogen, sehingga tahan karat. Tapi sayangnya, wadah berbahan stainless steel tidak aman untuk microwave. Berikut rekomendasi wadah berbahan stainless steel:

1. G.A Homefavor

Wadah stainless steel dari merek G.A Homefavor mengklaim aman digunakan untuk menyimpanan makanan panas atau dingin. Kelebihannya adalah tidak mudah pecah dibanding wadah berbahan kaca. Tempat penyimpanan makanan ini dilengkapi dengan tutup silikon yang kuat, sehingga cocok untuk wadah sup.

Tempat Penyimpanan Makanan Berbahan Silikon

Silikon terbuat dari rangkaian senyawa polimer plastik dan karet sintetis, sehingga tahan air, mudah dibentuk dan lentur seperti karet. Wadah silikon juga aman untuk microwave dan oven. Tapi, perlu diperhatikan juga kualitasnya. Berikut rekomendasi wadah berbahan silikon yang aman untuk menyimpan makanan:

1. Thin Bins

Thin Bins adalah salah satu merek yang memiliki produk wadah makanan berbahan silikon dengan bentuk persegi dan lingkaran. Kelebihan dari tempat penyimpanan makanan ini ialah tidak mudah pecah dan bisa dilipat, sehingga hemat ruang dan praktis dibawa bepergian. Harga untuk satu set berisi empat wadah, dibanderol dengan harga Rp355.000.

Jika Anda ingin membeli wadah berbahan silikon, perhatikan jika produknya aman (food grade dan medical grade). Pastikan juga wadah tersebut tidak mengandung fillers. Selain itu, perawatannya juga harus diperhatikan, agar makanan tetap aman dikonsumsi.

Menyimpan makanan di tempat yang aman, seperti yang sudah dijelaskan di atas, dapat membuat makanan jadi lebih awet sehingga dapat mengurangi produksi food waste. Selain dengan penyimpanan yang benar, mengompos juga bisa menjadi solusi mudah mengurangi food waste. Mengompos mudah bisa dilakukan di mana saja dengan Composting Bag dari Waste4Change yang cocok untuk rumah dengan lahan sempit. Informasi lengkap mengenai cara mengompos, bisa diakses di laman Waste4Change.

Posted on Last Updated on
Bagikan Artikel Ini

Mulai Pengelolaan Sampah
Secara Bertanggung Jawab
Bersama Waste4Change

Hubungi Kami