Industry Updates

Rayakan Hari Ibu Nasional, Waste4Change Gelar Virtual Talk Show Bersama Ibu Penggiat Bank Sampah Vida Bekasi

Bekasi, 23 Desember 2021 – PT Wasteforchange Alam Indonesia (Waste4Change) menyelenggarakan acara bertajuk “Virtual Talk Show Kiprah Komunitas Ibu dalam Pengelolaan Bank Sampah di Kawasan Perumahan” dalam momen memperingati Hari Ibu Nasional yang jatuh pada 22 Desember. Pada kesempatan tersebut, Waste4Change turut mengundang Arum Tri Windari selaku General Admin Supervisor dari Town Management Vida Bekasi dan Nia Kurniasih selaku Pengurus Bank Sampah Vida Bekasi.

Bekasi, 23 Desember 2021 - PT Wasteforchange Alam Indonesia (Waste4Change) menyelenggarakan acara bertajuk “Virtual Talk Show Kiprah Komunitas Ibu dalam Pengelolaan Bank Sampah di Kawasan Perumahan” dalam momen memperingati Hari Ibu Nasional yang jatuh pada 22 Desember. Pada kesempatan tersebut, Waste4Change turut mengundang Arum Tri Windari selaku General Admin Supervisor dari Town Management Vida Bekasi dan Nia Kurniasih selaku Pengurus Bank Sampah Vida Bekasi.
Simak rekaman acaranya di Youtube Waste4Change

Berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI Tahun 2020, 37,3% sampah di Indonesia merupakan sampah yang berasal dari aktivitas rumah tangga. Namun, data Statistik Lingkungan Hidup Indonesia menunjukkan bahwa hanya 1,2% rumah tangga yang mendaur ulang sampahnya. 

Sejak 2015, Perumahan Vida Bekasi bersama Waste4Change telah mengajak warga Vida Bekasi untuk memilah sampah dan memastikan sampah dikelola optimal untuk mengurangi jumlah sampah yang berakhir di TPA. Edukasi terhadap warga ini terbukti memberikan hasil yang baik, yaitu ditandai dengan berdirinya Bank Sampah Vida yang dikelola oleh komunitas ibu-ibu Perumahan Vida Bekasi.

Ibu Nia Kurniasih salah satu Pengurus Bank Sampah Vida Bekasi

“Vida sangat mendukung program yang sudah dilakukan oleh ibu-ibu komunitas Bank Sampah bersama Waste4Change. Kami turut memfasilitasi dengan memberikan area/lahan (untuk komunitas Bank Sampah) Vida agar bisa beroperasi secara layak dalam mendaur ulang sampah yang terkumpul,” jelas Arum Tri Windari selaku General Admin Supervisor dari Town Management Vida Bekasi.

Peran ibu memang terbukti sangat krusial dalam mendorong tingkat pengelolaan sampah yang lebih bijak dari lingkungan terkecil, yaitu rumah tangga. Sejak awal didirikan hingga sekarang, Bank Sampah Vida Bekasi telah berhasil memiliki lebih dari 130 nasabah yang menyetorkan sampahnya ke Bank Sampah Vida Bekasi.

Ibu-ibu Pengurus Bank Sampah Vida Bekasi

“Saya menerapkan dan mengajarkan ke anak dan suami bagaimana menjaga lingkungan dengan memilah sampah dari rumah. Kita (dari komunitas ibu-ibu Bank Sampah Vida) juga berusaha untuk mensosialisasikan ke RT-RT lain untuk ikut berpartisipasi dalam program Bank Sampah hingga kegiatan mengompos. Selain itu, karena saya guru, anak murid saya ajak untuk membawa sampah dari rumah setiap 1 bulan sekali untuk Sedekah Sampah,” ucap Nia Kurniasih selaku Perwakilan Bank Sampah Vida Bekasi.

Nia berharap acara virtual ini dapat menyebarkan semangat bagi berbagai komunitas ibu-ibu di seluruh Indonesia untuk lebih bijak dalam mengelola sampah rumah tangga. “Mudah-mudahan banyak Bank Sampah lain yang berdiri agar semakin banyak orang yang lebih menghargai sampah-sampah yang mereka hasilkan. (Saya) mengajak ibu-ibu semua untuk selalu mengajarkan kepada anak-anak kita dalam mencintai lingkungan,” tambah Ibu Nia menutup perhelatan talkshow virtual kali itu.

Simak rekaman acaranya di Youtube Waste4Change.

Posted on Last Updated on
Bagikan Artikel Ini

Mulai Pengelolaan Sampah
Secara Bertanggung Jawab
Bersama Waste4Change

Hubungi Kami