Industry Updates

Program Daur Ulang Kemasan Berlabel Brand: Bring Back Our Bottles by The Body Shop®

The Body Shop® Mengajak Konsumen Mendaur Ulang

The Body Shop® Indonesia telah turut mengambil bagian dalam proses daur ulang kemasan bekas pakai produknya.

Melalui program Bring Back our Bottles (disingkat BBOB) yang mulai diluncurkan di tahun 2008, The Body Shop® Indonesia mengajak konsumen setianya untuk mengembalikan kemasan kosong produk berlabel brand mereka untuk kemudian didaur ulang.

Konsumen dapat menitipkan kemasan bekas pakai The Body Shop® mereka ke beberapa outlet The Body Shop® Indonesia yang memang menyediakan boks khusus untuk penerimaan kemasan bekas pakai tersebut.

Setelah mengembalikan kemasan bekas pakai The Body Shop® Indonesia tersebut, konsumen bisa mendapatkan reward berupa poin melalui program Love Your Body™ yang nantinya bisa ditukarkan menjadi voucher belanja. 

Inisiatif The Body Shop® Indonesia untuk menyediakan program yang memungkinkan konsumen untuk bersama memastikan kemasan bekas pakai The Body Shop® Indonesia didaur ulang ini adalah bagian dari program Extended Producer Responsibility (EPR) The Body Shop® Indonesia (baca juga: 5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang EPR) juga merupakan dukungan The Body Shop® Indonesia dalam penerapan konsep ekonomi melingkar (circular economy) di Indonesia.

The Body Shop

Bagaimana Kemasan Bekas Pakai The Body Shop® Didaur Ulang?

Sejak tahun 2015, The Body Shop® Indonesia telah mempercayakan daur ulang kemasan bekas pakai mereka yang terkumpul via program BBOB pada outlet-outlet di area Jabodetabek dan Bandung pada Waste4Change. 

Kemasan bekas pakai konsumen The Body Shop® Indonesia akan dipilah kembali sesuai jenisnya di Rumah Pemulihan Material Waste4Change di Bekasi Timur.

Nantinya, setelah dipilah menjadi kaca, plastik, kertas, logam, dan residu serta dipisahkan dari sisa material organik, material-material tersebut akan dikelola dan didistribusikan pada mitra dan agen daur ulang terpercaya Waste4Change.

Untuk sampah residu yang sulit didaur ulang (baca juga: Hal-Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Sampah Residu), akan diproses oleh mitra teknologi RDF (Refuse-Derived Fuel) agar tidak berakhir di TPA #ZeroWastetoLandfill.

Dita Agustia, Brand Values Manager The Body Shop® Indonesia

Dita Agustia, selaku Brand Values Manager The Body Shop® Indonesia, mengungkapkan bahwa salah satu alasan program BBOB The Body Shop® Indonesia mulai ada di tahun 2008 karena The Body Shop® Indonesia tidak ingin ikut menyumbang sampah di lautan.

Selain mengutamakan penggunaan bahan-bahan berbasis tumbuhan (vegan) serta meniadakan uji coba produk terhadap hewan (mendukung animal rights), The Body Shop® Indonesia juga peduli akan pelestarian lingkungan dan pengelolaan sampah produk mereka.

Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa The Body Shop® Indonesia mempercayakan pengelolaan sampah kemasan berlabel brand The Body Shop® Indonesia pada Waste4Change.

Waste4Change Dukung Program Daur Ulang Produsen

Mendukung penerapan ekonomi melingkar (circular economy) di Indonesia, Waste4Change telah menyediakan jasa program daur ulang sampah kemasan berlabel brand, Extended Producer Responsibility (w4c.id/EPR) untuk produsen, industri, dan brand yang menginginkan adanya program daur ulang kemasan berlabel brand mereka.


Selain untuk turut andil dalam usaha mengurangi sampah yang menumpuk di lingkungan, program EPR dari Waste4Change juga dapat membantu brand client untuk melindungi identitas brand dari penyalahgunaan produk/ kemasan berlabel brand mereka.

Salah satu klien yang juga menggunakan jasa EPR Waste4Change untuk daur ulang produk mereka adalah Gojek Indonesia yang mempercayakan daur ulang helm, jaket, dan tas ransel yang tak lagi layak pakai untuk didaur ulang dengan sistem Zero-Waste to Landfill agar tidak berakhir di TPA dan juga untuk melindungi keselamatan driver dan customer dari oknum-oknum yang memanfaatkan identitas Gojek Indonesia.

Mulai dari daru ulang kemasan produk kesehatan, kecantikan, perawatan diri, hingga perlengkapan petugas dan lain-lain. Sudah saatnya kita mulai mendukung penerapan ekonomi sirkular dan menambah nilai brand dengan program daur ulang yang berkelanjutan dan Zero-Waste to Landfill (ZWTL).

Posted on Last Updated on
Bagikan Artikel Ini

Mulai Pengelolaan Sampah
Secara Bertanggung Jawab
Bersama Waste4Change

Hubungi Kami