Industry Updates

Mengetahui Pengelolaan Sampah di Jerman

Jerman menjadi salah satu negara terhijau di dunia. Hal ini dihasilkan dari implementasi pengelolaan sampah di Jerman dari pemerintah yang sangat baik serta didukung dengan kesadaran masyarakat yang tinggi untuk berpartisipasi menjaga lingkungan. 

plastic credit
Simbol daur ulang

Diketahui, Jerman memiliki angka yang tinggi dalam mendaur ulang sampah mencapai 66.1%. Peraturan pemerintah yang kuat membuat Jerman berhasil mencapai prestasi ini. Peraturan tentang pengemasan menjadi salah satu sebab keberhasilan daur ulang sampah.

Daur Ulang Sampah di Jerman

Sejak tahun 1991, terdapat peraturan bahwa setiap manufaktur yang ada di Jerman harus bertanggung jawab atas setiap kemasan. Kemasan yang digunakan pada setiap produk harus bersifat mudah untuk didaur ulang atau bahkan dapat dengan mudah dikembalikan baik ke distributor maupun ke produsen.

Selain itu, pemerintah telah mengatur kepada setiap produsen untuk memberikan tanda pada kemasan berupa titik berwarna hijau. Dengan tanda tersebut, konsumen dapat memilih produk yang turut berkontribusi dalam menangani masalah sampah di Jerman. Produsen yang memiliki tanda ini dalam kemasan mesti membayar sejumlah dana kepada pemerintah karena daur ulang sampah kemasan tersebut menjadi tanggung jawab pemerintah.

Sementara produsen yang tidak memiliki tanda titik berwarna hijau harus mengumpulkan sampah kemasan serta mendaur ulang sampah tersebut. Daur ulang sampah juga sudah menjadi kebiasaan dan budaya di Jerman. Hal ini terbukti dengan tersedia nya fasilitas tempat sampah yang berbeda sesuai dengan jenis sampah. 

Alur Pengelolaan Sampah di Jerman

Pengelolaan sampah di Jerman diawali dengan peraturan pemerintah yang tegas. Selain itu, pemerintah Jerman juga memfasilitasi warga dengan tempat sampah berbeda jenis dengan warna yang berbeda untuk memudahkan warga membuang sampah. Hal ini membuat proses daur ulang sampah lebih mudah karena sampah sudah dipilah sesuai dengan jenisnya.

sampah di jerman
Jenis-jenis tempat sampah (Sumber: Urbanhotblog)

Pemerintah Jerman juga mendukung daur ulang sampah khusus seperti barang elektronik, baterai bekas, serta lampu bekar. Fasilitas yang tersedia berupa penyediaan beberapa titik lokasi yang menerima jenis sampah tersebut. Selain itu, warga Jerman biasanya tidak langsung membuang pakaian lama mereka. Pakaian atau sepatu yang masih layak pakai dapat didonasikan. Terdapat pula tempat sampah khusus yang berukuran besar untuk menerima pakaian bekas yang masih layak pakai. 

Selain proses pemilahan sampah yang sudah terfasilitasi, Pemerintah Jerman juga memiliki fasilitas pengumpulan botol plastik yang bernama Pfand. Dalam fasilitas ini, warga dapat menukarkan sampah botol plastik dengan sejumlah uang yang terdeposit. Uang yang ada dalam deposit dapat ditukarkan di toko minuman, supermarket, stasiun Pfand, dan kios yang menjual botol dengan logo Pfand. 

Pemerintah Jerman juga melengkapi warga dengan kalender pengelolaan sampah. Informasi yang tertera dalam kalender adalah berupa jadwal pengangkutan tiap-tiap tempat sampah yang tersedia. Hal ini memudahkan warga untuk mengetahui kapan sampah dapat dibuang. Selain itu, kalender juga memuat informasi bagaimana sampah khusus harus dibuang. Kalender ini juga tersedia dalam versi digital melalui mesin pencari Google dengan mengetik Abfallkalender diikuti dengan kota tempat tinggal. 

Dengan tersedianya fasilitas tempat sampah terpilah memudahkan petugas pengelola sampah untuk selanjutnya mendaur ulang sampah. Karena petugas tidak lagi melakukan pemilahan secara manual karena sampah sudah terbagi berdasarkan jenisnya di masing-masing tempat sampah yang tersedia. Keterlibatan warga menjadi kunci keberhasilan atas tingkat daur ulang sampah di Jerman. Pemerintah Jerman juga dengan tegas memberikan denda kepada warga yang tidak mematuhi peraturan pengelolaan sampah yakni dengan membayar denda sebanyak 10 hingga 15.000 euro. 

Layanan Pengelolaan Sampah dari Waste4Change

Waste4Change sebagai layanan pengelola sampah turut serta berpartisipasi dalam mengurangi permasalahan sampah yang ada di Indonesia. Waste4change memiliki beberapa layanan yang dapat digunakan seperti Reduce Waste to Landfill yang mengangkut hingga mengelola dan mendaur ulang sampah. Selain itu terdapat pula layanan Material and Document Destruction yaitu penghancuran merek bisnis secara aman dengan menghindari pelanggaran merek. Layanan daur ulang sampah berlabel juga dapat ditemukan di waste4change dengan program bernama In-Store Recycling. Layanan tersebut dapat digunakan oleh toko daring ataupun luring. Waste4change juga menyediakan produk lalat Black Soldier Flies yang dapat memakan sampah organik sehingga memudahkan pemusnahan sampah organik. 

[Sulistianing Ambarwati]

Posted on Last Updated on
Bagikan Artikel Ini

Mulai Pengelolaan Sampah
Secara Bertanggung Jawab
Bersama Waste4Change

Hubungi Kami