Industry Updates

Lokasi Buang Sampah Besar di Bandung

Sampah besar memiliki penanganan khusus dalam pembuangan dan pengelolaannya. Hal ini dikarenakan ukurannya yang besar yang tidak dapat langsung dibuang karena tidak banyak fasilitas tempat sampah besar yang tersedia.

Hal tersebut sering membuat banyaknya warga membuang sampah besar di Bandung secara sembarangan. Padahal pemerintah setempat telah memberikan layanan khusus untuk menangani sampah besar di Bandung. 

Penanganan Sampah Besar

Sampah besar seperti kasur, lemari, kulkas, mesin cuci, bak mandi, meja dan lain sebagainnya perlu ditangani dengan baik. Karena ukuran sampah yang besar, jika tidak dikelola dengan baik akan jelas mengganggu tempat pembuangan sampah besar yang biasanya menjadi sasaran warga adalah sungai.

sampah besar di bandung
Sampah besar termasuk sampah yang perlu penanganan khusus

Pembuangan sampah besar pun berdampak pada lingkungan dan pada warga sekitar seperti terjadinya bencana banjir. Tidak hanya terjadi di Bandung, banjir juga terjadi di beberapa titik lain di Indonesia. Salah satu yang terjadi adalah banjir di Gresik pada November 2022 lalu. Pemerintah setempat pun mendapati adanya kasur yang menyumbat saluran air.

Selain itu, hal ini juga pernah terjadi di Jembatan Banaran Sukoharjo, Solo. Terdapat banyak jenis sampah besar seperti kasur hingga ranting kayu yang membuat aliran air sungai di bawah jembatan tersebut tersendat sehingga air meluap dan membanjiri area sekitar. Kedua contoh musibah banjir tersebut seharusnya dapat menjadi pelajaran untuk menangani sampah besar dengan baik. 

Penanganan sampah besar yang baik adalah pengelolaan sampah yang tidak mengotori dan mengganggu lingkungan. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menangani sampah besar:

  1. Mendonasikan sampah besar

Jika keadaan sampah besar masih layak, maka pilihan donasi dapat dipilih. Sehingga barang tersebut dapat berguna untuk orang lain dan tidak langsung berakhir di TPA. 

  1. Mendaur ulang sampah besar

Mengkreasikan bagian atau seluruh bagian sampah besar dapat dilakukan tiap-tiap individu agar sampah besar dapat digunakan kembali. Pilihan menggunakan layanan daur ulang pun dapat dilakukan.

  1. Menjual ke toko

Sampah kasur misalnya dapat dijual kepada toko untuk digunakan kembali material kasur yang masih dalam keadaan baik. 

  1. Membuang sampah besar

Langkah ini merupakan langkah terakhir yang dapat ditempuh. Sama dengan sampah lainnya, membuang sampah besar harus dilakukan pemilahan sehingga nantinya akan lebih mudah untuk dikelola. Sampah besar kasur misalnya, dapat dipilah menjadi busa, kayu, per, kain, besi, benang. Beberapa material bahkan dapat dikirimkan ke tempat pengelolaan sampah langsung seperti bank sampah, ataupun dapat dibuang ke tempat sampah sesuai dengan jenis tempat sampah yang tersedia. 

Lokasi Tersedia dalam Penanganan Sampah Besar di Bandung

Dalam rangka menjaga lingkungan, Pemerintah Kota Bandung memfasilitasi pembuangan sampah besar di Bandung melalui beberapa titik, yaitu: 

  1. Jalan Sadang Serang No. 10, Kecamatan Coblong 40133
  2. Jalan Pasir Impun No. 8, Kecamatan Mandalajati 40195
  3. Jalan Sekelimus Barat No. 10, Kecamatan Bandung Kidul 40287
  4. Jalan Cicukang No. 12, Kecamatan Cicendo 40174
  5. Jalan Raya Cibatu No. 1, Kecamatan Antapani 40291
  6. Gang Kini No. 12, Pajajaran, Kecamatan Cicendo 40173
  7. Jalan Babakan Sari No. 64, Kecamatan Kiaracondong 40272
  8. Jalan Surapati No. 126, Kecamatan Cibeunying Kaleur 40123

Lokasi di atas memiliki jadwal pembuangan yakni setiap hari Jumat pukul 08.00-11.00 WIB. Bagi warga yang ingin membuang sampah besar di Bandung perlu memperhatikan jadwal pembuangan sampah yang telah ditetapkan, sehingga tidak terjadi penumpukan sampah. 

Jasa Angkut Sampah

Selain lokasi pembuangan sampah besar di Bandung di atas, Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandung juga memfasilitasi layanan jasa angkut sampah yang dapat dinikmati oleh warga. Warga dapat meminta DLH untuk mengangkut sampah besar dengan menghubungi layanan pusat panggilan 022-720-7889. Setelah dihubungi, pihak dinas kebersihan dan lingkungan hidup tersebut akan menjadwalkan serta mengkonfirmasi alamat serta jadwal.

Melalui layanan jasa angkut sampah ini, warga Bandung akan lebih mudah dalam membuang sampah besar. Terlebih lagi jasa angkut sampah ini dapat dinikmati warga secara gratis. Dengan berbagai fasilitas yang telah disediakan, Pemerintah Kota Bandung berharap kerja sama dari seluruh warga Kota Bandung untuk menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. 

Kota selain Bandung pun dapat menikmati layanan jasa angkut sampah yang dapat hadir langsung di depan rumah melalui salah satu layanan yang diberikan oleh Waste4Change. Meskipun saat ini program Reduce Waste to Landfill tidak menerima sampah besar seperti furniture, tetapi program ini dapat menerima sampah lain baik dari jenis organik maupun anorganik.

Layanan ini pun telah tersedia di 17 kota termasuk area Jabodetabek. Melalui layanan ini Waste4Change telah mengelola lebih dari 7 juta ton sampah agar tidak langsung berakhir di TPA. Informasi lebih lanjut mengenai layanan RWTL dapat diakses melalui laman ini. 

[Sulistianing Ambarwati]

Posted on Last Updated on
Bagikan Artikel Ini

Mulai Pengelolaan Sampah
Secara Bertanggung Jawab
Bersama Waste4Change

Hubungi Kami