Industry Updates

Kriteria Penting dalam Memilih Tempat Sampah di Rumah

Tempat sampah menjadi salah satu barang yang penting di rumah, karena keberadaannya membantu pemilik rumah untuk terus menjaga kebersihan juga kesehatan di lingkungan rumah. Maka dari itu, penghuni rumah dapat memilih tempat sampah sesuai dengan keadaan serta situasi masing-masing rumah untuk memenuhi kebutuhan yang ada.

Beberapa hal yang dapat menjadi pertimbangan dalam memilih sampah adalah bentuk tempat sampah, ukuran tempat sampah, serta bahan tempat sampah. Pertimbangan yang dilakukan dapat melihat dari anggota keluarga. Jika terdapat anak-anak dalam keluarga atau hanya orang dewasa atau keduanya dapat menjadi pertimbangan dalam memilih jenis tempat sampah.

tempat sampah
Model tempat sampah di rumah

Selain itu, jumlah anggota keluarga juga mempengaruhi volume sampah yang dihasilkan, maka dapat menjadi poin pertimbangan untuk memilih tempat sampah berukuran besar ataupun kecil. Selain itu, ruang yang luas atau sempit juga bisa menjadi hal yang dipertimbangkan sebelum membeli tempat sampah. 

Pilih Bentuk yang Sesuai

Bentuk tempat sampah bukan hanya soal preferensi saja, namun juga memiliki nilai dan fungsi kegunaan terhadap pengguna nya. Untuk rumah yang memiliki anggota keluarga usia dini, bentuk tempat sampah sangat penting untuk mengajarkan nilai untuk menjaga kebersihan. Bentuk tempat sampah yang lucu seperti tempat sampah karakter yang kini banyak ditemukan bisa menjadi pilihan agar anak-anak termotivasi dan mau terlibat dalam menjaga kebersihan lingkungan rumah.

Selain itu, tempat sampah dengan bentuk sederhana tanpa menggunakan tutup tempat sampah juga memudahkan anak-anak hingga anggota keluarga dewasa untuk membuang sampah karena mereka tidak perlu membuka tutup. Bentuk tempat sampah juga dapat disesuaikan dengan luas ruangan yang ada.

Untuk ruangan yang memiliki ruang lebih tentunya tidak ada masalah dalam memilih berbagai bentuk tempat sampah, namun jika ruang terbatas maka bentuk tempat sampah persegi lebih mudah dipasang di tempat yang sempit. Sehingga tipe bentuk tersebut dapat ditempatkan di sudut ruang atau bahkan di antara kabinet dan dinding.

Pilih Ukuran Tempat Sampah sesuai Volume Sampah

Ukuran tempat sampah menjadi poin penilaian yang penting untuk dipilih karena harus mengakomodasi jumlah sampah yang ada di dalam rumah. Jika volume sampah yang dihasilkan tinggi, maka ukuran tempat sampah yang dibutuhkan harus lebih besar begitu juga sebaliknya. Untuk memastikan pemilihan ukuran tempat sampah yang tepat, luangkan waktu beberapa hari hingga minggu untuk melacak volume sampah yang dihasilkan lalu gunakan tempat sampah yang besar untuk angka tertinggi yang dihasilkan.

Selain itu, ukuran tempat sampah dapat disesuaikan dengan ruangan yang ada di rumah. Ruang kamar mandi ataupun kamar tidur mungkin membutuhkan ukuran tempat sampah yang lebih kecil karena hanya digunakan oleh penghuni ruangan tersebut. Berbeda dengan dapur yang dapat menghasilkan volume sampah lebih banyak karena terdapat proses membuang sisa sayur, potongan buah, sisa makanan dan sebagainya. Ukuran tempat sampah pun bervariasi di pasaran yakni 5 liter, 10 liter, 20 liter, 42 liter, hingga 72 liter.

Sesuaikan Bahan Tempat Sampah

Sama seperti bentuk dan ukuran yang harus disesuaikan dengan kebutuhan yang ada, bahan dasar atau material tempat sampah pun demikian adanya. Bahan tempat sampah dapat disesuaikan dengan komposisi dan volume sampah yang dihasilkan di ruangan-ruangan yang ada.

Komposisi sampah yang kering seperti kertas, plastik, botol plastik, dan sebagainya dapat ditempatkan di tempat sampah plastik. Alasan nya adalah jenis sampah tersebut kering dan relatif ringan, sehingga tidak membutuhkan tempat sampah yang kuat dan tahan dan tempat sampah plastik dapat menampung jenis sampah tersebut.

Sementara itu, untuk jenis sampah yang basah dan relatif berat seperti sampah organik maka dibutuhkan tempat sampah yang kuat yang dapat berbahan dasar logam dari stainless steel. Bahan ini merupakan bahan yang kuat dan tahan lama sehingga mampu menampung jenis sampah organik yang banyak berasal dari dapur. Selain itu, tempat sampah yang berbahan stainless steel juga direkomendasikan untuk digunakan di kamar mandi, karena bahan ini kuat dan cocok untuk tempat yang lembab karena kata ‘stainless’ juga yang berarti tidak rentan terhadap noda air. 

Selain ketiga pertimbangan di atas, pemilahan jenis sampah kering dan sampah basah perlu dilakukan guna mengurangi bau sampah yang dihasilkan dan serangga yang dapat tumbuh dan berkembangbiak serta memudahkan proses daur ulang yang ada. Pengosongan tempat sampah juga harus diperhatikan dan dilakukan secara rutin agar sampah tidak menumpuk dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Kamu juga dapat menggunakan tip ini untuk mengurangi bau yang tidak sedap dari tempat sampah yaitu dengan menaruh beberapa biji kopi ke dalam kaus kaki bekas dan letakkan di bawah tempat sampah. Bau biji kopi akan menghalau bau tidak sedap yang dihasilkan dari tempat sampah. Namun, jika sampah basah dan kering sudah dipisah maka seharusnya bau yang dihasilkan tidak akan terlalu menyengat. 

[Sulistianing Ambar Wati]

Posted on Last Updated on
Bagikan Artikel Ini

Mulai Pengelolaan Sampah
Secara Bertanggung Jawab
Bersama Waste4Change

Hubungi Kami