Konsultan Manajemen Sampah: Apa, Mengapa, dan Bagaimana

Sistem pengelolaan sampah di Indonesia sedikit banyak mengikuti pengelolaan sampah di Amerika Serikat yang sudah lebih dulu menggunakan sistem kumpul-angkut-buang dan mengandalkan TPA.

Amerika Serikat resmi berdiri sejak 1776, sementara Indonesia baru saja merdeka di tahun 1945, belum banyak waktu kita untuk benar-benar menata negara. Saat sadar, sudah begitu banyak sampah residu yang sulit didaur ulang menumpuk di TPA dan lingkungan kita. 

Berbeda dari Amerika Serikat yang sudah lebih dulu belajar dari pengalaman menutup dan membuka kembali lahan baru untuk TPA, atau Swedia yang sudah bisa memastikan hanya 1% dari sampah yang mereka hasilkan berakhir di TPA, ketersediaan teknologi dan lahan kita dalam pengelolaan sampah terbatas. 

Belum lagi kemajuan zaman yang menuntut kita untuk segera menyesuaikan langkah dengan masalah dunia di masa ini: pemanasan global dan inisiasi untuk beradaptasi dengan circular economy.

Tapi harus dimulai dari mana? Apakah ada pihak atau organisasi yang bisa memberi konsultasi terkait manajemen sampah?

Waste Management Consultant (Source: LinovHR)
Waste Management Consultant (Source: LinovHR)

Kapan Kita Perlu Menyewa Jasa Konsultan Manajemen Sampah?

Contohnya sebuah perusahaan,yang paling ideal adalah mulai berkonsultasi perihal pengelolaan sampahnya sejak perumusan model bisnis. Tapi jika operasional sudah telanjur berjalan dan ada sedikit perbaikan yang perlu dilakukan – lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali.

Pastikan untuk selalu memikirkan pengelolaan sampah di setiap pengambilan keputusan, contohnya saat membuka cabang baru atau saat meluncurkan produk baru. Hal ini penting karena semakin maju perusahaan, semakin besar tanggung jawab perusahaan tersebut pada lingkungan.

Cakupan tanggung jawab bukan hanya terbatas pada laporan tahunan atau AMDAL, tapi juga kesesuaian sistem pengelolaan sampah dengan regulasi lokal dan tanggung jawab terhadap lingkungan secara berkelanjutan atau sustainable, yaitu menjaga semuanya tetap berjalan harmonis dari sisi sosial, ekonomi, dan alam.

Semua bagian dari perusahaan perlu memahami pentingnya manajemen sampah, tapi beberapa divisi yang memiliki kewenangan dan tanggung jawab terkait manajemen sampah perusahaan adalah Divisi HSE, Divisi Sustainability, atau Divisi CSR yang ingin memberikan dampak positif nyata pada lingkungan sekitar.

Apa tugas dan manfaat konsultan manajemen sampah?

Pengelolaan sampah bukan perkara mudah, bukan sekadar jasa angkut sampah.

Seringkali orang berpikir bahwa memastikan area kerja dan tinggalnya bersih saja sudah cukup, tapi kita memiliki tanggung jawab untuk memastikan sampah kita dikelola optimal.

Fungsi dari konsultan manajemen pengelolaan sampah adalah:

  • melakukan analisis terperinci terkait sistem pengelolaan sampah yang sudah ada
  • mengidentifikasi program dan sistem pengelolaan sampah yang paling tepat

Tujuan dari konsultasi menyesuaikan dengan kebutuhan dan situasi terkini. Permasalahan utama sampah di Indonesia saat ini adalah TPA yang semakin penuh dan pencemaran lingkungan, sehingga idealnya sampah dikelola agar tidak berakhir di TPA dengan jalan 3R (Reduce, Reuse, Recycle).

Manajemen pengelolaan sampah bukan hanya sekadar masalah pengangkutan sampah saja. Berikut adalah beberapa hasil analisa dan rekomendasi dari proses riset dan konsultasi manajemen sampah:

  • Studi Kelayakan Pengelolaan Sampah
  • Audit Sampah
  • Desain Operasional dan Teknis Pengelolaan Sampah
  • Analisis Peraturan Pengelolaan Sampah
  • Analisis Perubahan Perilaku
  • Analisis Finansial
  • Analisis Institusional
  • Pemetaan Pemangku Kepentingan
  • Analisis Rantai Nilai Daur Ulang (contoh)
  • Analisis Alur Material (VCA)
  • Studi Sampah Sungai dan Laut (contoh)
  • Studi Kelayakan Waste to Energy (contoh)
  • PTMP (Perencanaan Teknis dan Manajemen Persampahan) / Masterplan Persampahan skala Kota atau Kabupaten
  • Rancangan Program Revitalisasi Area Wisata (contoh)
  • Solid Waste Management Study (contoh)

Di Mana Bisa Mendapatkan Jasa Konsultan Manajemen Sampah di Indonesia?

Salah satu jasa konsultan manajemen sampah Indonesia adalah layanan Solid Waste Management Research dari Waste4Change, perusahaan manajemen sampah Indonesia.

Waste4Change mendukung penyelenggaraan manajemen sampah yang ramah lingkungan, 3R (Reduce Reuse Recycle), sesuai dengan regulasi dan program pemerintah, serta mendukung terwujudnya zero-waste to landfill dan circular economy.

Riset & Pengambilan Data Pengelolaan Sampah Waste4Change

Related Post