Our Impacts

Waste4Change Internship Program 2020: Magang Aman Di Tengah Pandemi

Berawal dari September hingga Desember 2020, Waste4Change Internship Program 2020 batch 2 telah diselenggarakan. Yap, meskipun masih di tengah pandemi, Waste4Change terus membuka program magang yang dapat dilakukan secara jarak jauh dan dari rumah.

Waste4Change Internship Program 2020 Batch 2

Ketika melamar, peserta magang dapat memilih departemen yang mereka inginkan untuk mendaftar. Beberapa Departemen yang tersedia antara lain; Operational Services, Strategic Services, Communication & Engagement, Information & Technology, Finance & General Affairs, Human Capital, and also Business Development.

Selama mengikuti rangkaian program magang, para peserta akan diberikan satu kali induksi terkait Waste4Change dan hal-hal yang berkaitan dengan masalah sampah yang sedang kita hadapi. 

Selain itu, Waste4Change Internship Program (WIP) terdiri dari:

  • Capacity Building: peningkatan pengetahuan dan keterampilan para peserta magang melalui beberapa sesi pelatihan internal.
  • Sharing Session: sesi berbagi cerita dan pengalaman setiap bulan antara peserta magang untuk mendorong evaluasi sekaligus sebagai proses yang reflektif untuk setiap peserta. 
  • Collaboration Project: sesi dimana peserta magang dapat menuangkan ide dan kreativitas sambil mempraktikkan kerja tim antar divisi sekaligus meningkatkan kemampuan manajemen proyek serta keterampilan pemecahan masalah. 
  • Trying out New Roles: kesempatan dimana setiap peserta magang dapat mencoba peran baru untuk memperkaya pengalaman dan perjalanan magang mereka. 
WIP 2020 Batch 2: Sesi sharing secara daring melalui Zoom

Terkait situasi pandemi yang masih berlangsung, sebagian besar kegiatan dilakukan secara daring melalui Zoom. Sedangkan untuk kondisi di mana para peserta magang perlu untuk hadir di kantor, kami pastikan mereka mengisi formulir pemantauan terlebih dahulu untuk meninjau jumlah orang yang akan berada di kantor setiap hari.

Ketika peserta magang perlu datang ke kantor, kami memastikan bahwa mereka mematuhi protokol kesehatan.
Ketika peserta magang perlu datang ke kantor, kami memastikan bahwa mereka mematuhi protokol kesehatan.

Selama program magang berlangsung, para peserta juga dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk proyek kolaborasi, kemudian masing-masing kelompok akan menghasilkan proyek atau kampanye lingkungan untuk dijalankan.

Kelompok dan proyek akhir mereka, yaitu mengumpulkan penerimaan sampah dan mendistribusikannya ke mitra daur ulang yang telah dipilih.

Proyek ini menjadi tugas akhir mereka sebelum masa magang berakhir dan nantinya mereka akan mempresentasikannya kepada para supervisor magang ini. Proyek akan mendapatkan skor berdasarkan beberapa kriteria dan satu pemenang akan dipilih berdasarkan skor tertinggi.

Waste4Change Internship dan Green Jobs

Pernahkah Anda berpikir bahwa kegiatan magang (atau bahkan berkarir) di Waste4Change dapat dianggap sebagai green job atau pekerjaan ramah lingkungan?

Menurut Organisasi Buruh Internasional, pekerjaan ramah lingkungan dapat didefinisikan sebagai pekerjaan layak yang berkontribusi untuk melestarikan atau memulihkan lingkungan, berada di sektor tradisional seperti manufaktur dan konstruksi, atau di sektor hijau baru yang sedang berkembang seperti energi terbarukan.

Sumber: norbertbol.files.wordpress.com

Dengan kata lain, definisi pekerjaan ramah lingkungan dapat mencakup satu atau lebih dari kriteria berikut:

  • Meningkatkan efisiensi energi dan bahan baku
  • Membatasi emisi gas rumah kaca
  • Meminimalkan limbah dan polusi
  • Melindungi dan memulihkan ekosistem
  • Mendukung adaptasi terhadap efek perubahan iklim

Jika kita mengacu pada definisi green jobs atau pekerjaan ramah lingkungan di atas, jelas terlihat bahwa apa yang kami lakukan di Waste4Change termasuk ke dalam kriteria ketiga, yaitu meminimalkan limbah dan polusi.

Misi kami sebagai perusahaan bukanlah untuk mendapatkan keuntungan sebanyak mungkin, melainkan untuk mengubah ekosistem pengelolaan sampah agar lebih berkelanjutan dan bertanggung jawab.

Hal ini juga dibuktikan dengan bagaimana sebagian besar karyawan kami tidak hanya bekerja untuk mencari nafkah, tetapi juga untuk visi yang lebih besar dalam menyelesaikan masalah persampahan di Indonesia. Sungguh, ini lebih dari sekadar pekerjaan.

Program Magang dimana Kami Peduli

Sebagai perusahaan yang sedang berkembang, kami sangat menghargai dan dengan rendah hati dapat memberikan program magang yang telah kami rancang dengan seksama kepada para peserta magang, dengan harapan kami dapat memenuhi kebutuhan para peserta magang.

Karena kami percaya bahwa program magang harus menjadi sebuah proses yang dua arah, tidak hanya bagi perusahaan untuk memilih kandidat yang ideal, tetapi juga untuk peserta magang untuk memilih perusahaan tujuan mereka bekerja.

Kami akan terus meningkatkan program magang kami dengan tujuan untuk memberikan kurva pembelajaran yang berharga bagi para peserta magang dan pengalaman sekali seumur hidup di bidang pengelolaan sampah.

Kami senang meskipun masih berada di situasi pandemi, kami tetap dapat mengadakan program magang bagi yang membutuhkan dan tentunya kami banyak terbantu oleh para peserta magang kami yang luar biasa, semoga perasaan yang sama turut mereka rasakan. 

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang persyaratan magang dan program-program mendatang, silakan kunjungi w4c.com/internship.

Referensi:

https://www.ilo.org/global/topics/green-jobs/news/WCMS_220248/lang–en/index.htm

Posted on Last Updated on
Bagikan Artikel Ini

Mulai Pengelolaan Sampah
Secara Bertanggung Jawab
Bersama Waste4Change

Hubungi Kami