#IndonesiaFightAgainstCorona: Help Protect Waste Pickers and Waste Officers from COVID-19

#IndonesiaLawanCorona: Bantu Pemulung dan Petugas Persampahan Aman dari COVID-19

29 September 2020 – Sebanyak 2.000 paket sembako yang terdiri dari beras, minyak, gula dan teh, telah disalurkan secara bertahap kepada pemulung dan petugas persampahan di 3 titik wilayah yaitu Kota Bandung, Kab. Garut, dan Kota Bekasi.

Proses Serah Terima Bantuan di Kota Bandung

Penyaluran paket sembako ini merupakan bantuan yang diberikan oleh Kitabisa.com berkolaborasi bersama Greeneration Foundation dan Waste4Change, dengan tajuk “Kitabisa.com Program Keluarga Asuh: Paket Sembako Spesial Untuk Pahlawan Yang Berjuang Demi Keluarga”, yang dibantu oleh 4 rekan penyalur yaitu; DLH Kab. Garut & GSSI, PD. Kebersihan serta DLH Kota Bekasi.

Proses Serah Terima Bantuan di Kota Bandung

Proses penyaluran paket sembako dilaksanakan mulai pada tanggal 24 September hingga 2 Oktober 2020 mendatang, diawali di Kabupaten Garut sebanyak 500 paket sembako (24 s.d 25 September), Kota Bandung sebanyak 500 paket sembako (28 s.d 29 September), dan diakhir dengan Kota Bekasi sebanyak 1.000 paket sembako (30 September s.d 02 Oktober).

Proses Serah Terima Bantuan Paket Sembako di Kabupaten Garut

Pemberian paket sembako ini merupakan usaha untuk menambah dan melengkapi kebutuhan sehari-hari para pekerja di sektor persampahan dalam menghadapi COVID-19 di Indonesia. Hingga 29 September 2020, pemerintah mengonfirmasi bahwa terdapat 282.724 warga Indonesia yang terinfkesi positif virus corona (COVID-19) dengan 210.437 orang dinyatakan sembuh dan 10.601 orang meninggal.

Oleh karena itu, pemerintah melakukan berbagai upaya untung menangani serta memutus rantai penyebaran wabah ini. Salah satunya pemerintah telah menghimbau masyarakat untuk melakukan social distancing atau jaga jarak dengan melakukan pekerjaan di rumah.

Salah Satu Penerima Paket Bantuan Sembako di Kota Bandung

Namun nyatanya, tidak semua pekerjaan dapat dikerjakan di rumah oleh setiap orang. Layaknya tenaga medis yang berada di garda paling depan untuk merawat dan menyelamatkan pasien yang terinfeksi positif virus corona, pahlawan kita yang berjuang mencari nafkah di tumpukan sampah seperti pemulung dan petugas persampahan pun terpaksa harus menaruhkan nyawanya demi mencari nafkah dan menjaga lingkungan kita agar tetap bersih.

“Kami dari Greeneration Foundation, mengajak komunitas persampahan di seluruh Indonesia untuk bergerak bersama-sama dalam membantu para pemulung di sekitar tempat kita masing-masing. Dengan kolaborasi dan dukungan banyak pihak kita harapkan dapat memberikan dampak yang cukup besar, dan menjaga keamanan para pemulung ataupun petugas persampahan dari Covid-19”

Vanessa Letizia, Direktur Eksekutif Greeneration Foundation.
Serah Terima Paket Bantuan Sembako di Kota Bekasi

Bantuan yang diberikan diharapkan dapat digunakan untuk membantu mereka tetap terjaga kesehatannya dan berjuang menafkahi keluarga selama pandemi ini berlangsung. Kami juga mengajak teman-teman semua untuk membantu meringankan tugas mereka dengan tetap memilah sampah kita dari rumah.

1 2