Ide Guna Ulang Produk Perawatan Tubuh yang Kadaluarsa

Sampah kini tidak hanya berasal dari makanan saja sebagai kebutuhan primer manusia. Tetapi perawatan tubuh juga menjadi kebutuhan yang juga turut menyumbang sampah. Lantas bagaimana cara menangani sampah produk perawatan terutama produk perawatan tubuh yang sudah kadaluarsa?

produk kadaluarsa
Source: https://www.bukalapak.com/p/perawatan-kecantikan/makeup/wajah/htlve9-jual-preloved-makeup-skincare-kosmetik-perawatan-wajah

Pertumbuhan Produk Perawatan Tubuh

Perawatan tubuh kini tidak hanya dilakukan oleh kaum wanita, tetapi juga dilakukan oleh kaum pria. Mulai dari sabun mandi, sampo, sabun cuci muka, pelembab kulit, lulur dan lain sebagainya. Kini berbagai merek pun bermunculan turut bersaing dalam pemenuhan kebutuhan perawatan tubuh baik produk lokal maupun internasional.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik menyebutkan bahwa pada kuartal 1 tahun 2020 terdapat peningkatan dalam industri kosmetik dengan capaian 5.59%. Pertumbuhan pasar kosmetik pun diproyeksikan akan terus naik hingga tahun 2022. Dengan pertumbuhan tersebut, terdapat juga peningkatan sampah dari produk perawatan tubuh mulai dari kemasan, segel, label dan sebagainya.

Meskipun terdapat beberapa merek yang menerima sampah kemasan, skustomer juga dapat turut serta membantu mendaur ulang sampah atau memanfaatkan produk kadaluarsa sehingga tidak terbuang percuma. 

Ide Kreasi Pemanfaatan Produk Kadaluarsa

Menggunakan produk kadaluarsa tentunya akan membahayakan tubuh karena dapat menyebabkan gatal-gatal, kulit menjadi kemerahan, infeksi atau gangguan pada kulit lainnya. Maka dari itu, produk kadaluarsa dapat dimanfaatkan dengan cara lain agar tetap aman digunakan dan tidak memberikan beban pada tempat pembuangan sampah.

Berikut ide kreasi pemanfaatan produk kadaluarsa: 

Produk sampo

Cairan yang digunakan untuk membersihkan rambut dan kulit kepala ini tidak lagi berguna jika telah menjadi produk kadaluarsa. Tetapi sampo yang telah melewati batas kadaluarsa dapat dimanfaatkan untuk membersihkan kamar mandi, jendela, wastafel, dapur, dan area lainnya di rumah.

Selain itu, produk sampo memiliki deterjen yang tidak terlalu reaktif sehingga produk kadaluarsa sampo pun dapat digunakan untuk membersihkan aksesoris emas. Hal ini dapat membuat efek lebih bersinar.

Deodoran 

Bagi sebagian pengguna, deodoran kedaluwarsa mungkin dapat menyebabkan gangguan di kulit. Untuk itu, deodoran tersebut dapat dimanfaatkan sebagai pembersih untuk noda membandel. Papan tulis yang kotor akibat tinta permanen dapat kembali bersih dengan menggunakan produk kadaluarsa dari deodoran.  

Spons mandi

Tidak banyak yang mengetahui bahwa spons mandi terbaik digunakan dalam kurun waktu sekitar 2 bulan saja karena jika terlalu lama digunakan akan menjadi sarang kuman dan bakteri. Spons mandi yang telah digunakan terlalu lama dapat dimanfaatkan untuk membersihkan benda-benda mati.

Selain itu, spons mandi yang umumnya terbuat dari plastik juga dapat didaur ulang. Spons mandi daur ulang dapat diubah untuk mengikat barang dan dijadikan kantong penyimpan botol sampo atau botol kondisioner di kamar mandi. 

Pasta gigi dan sikat gigi

Produk kadaluarsa dari perawatan gigi ini dapat digunakan untuk membersihkan kamar mandi. Sikat gigi juga dapat dimanfaatkan sebagai sikat pembersih barang-barang kecil yang membutuhkan detail pembersihan seperti sepatu atau bahkan bagian lantai kamar mandi yang sulit dijangkau dengan sikat besar.

Selain itu, pasta gigi yang telah lewat masa kadaluarsa nya juga dapat digunakan untuk membersihkan aksesoris yang terbuat dari silver. Dengan menggunakan pasta gigi, aksesoris dapat terlihat bersinar seperti baru. Seperti membersihkan barang pada umumnya, setelah menggunakan pasta gigi dan sikat gigi yang telah kadaluarsa harus dibilas kembali dan dikeringkan dengan lap atau kain kering. 

Eyeshadow 

Produk kecantikan ini rawan digunakan jika telah melewati masa kadaluarsa karena bersentuhan langsung dengan kelopak mata yang merupakan bagian vital dari tubuh. Namun, produk eyeshadow yang sudah kadaluarsa masih dapat dimanfaatkan.

Produk kadaluarsa eyeshadow dapat digunakan sebagai pemberi warna dalam kuteks bening sehingga pengguna dapat berkreasi dengan menggunakan beberapa warna untuk diaplikasikan di kuku. 

Layanan Daur Ulang Sampah Perorangan 

Waste4Change membantu para pengguna perawatan tubuh untuk menjadi partner daur ulang sampah kemasan dari produk perawatn tubuh yang digunakan. Melalui layanan Send Your Waste, masyarakat dapat mengirimkan sampah bekas kemasan ke beberapa lokasi yang tersedia seperti Jakarta, Bogor, Bekasi, Sidoarjo dan Semarang.

Bagi masyarakat yang tidak dapat menjangkau lokasi tersebut pun dapat mengirimkan sampah kemasannya ke bank sampah terdekat. Layanan Send Your Waste membantu mengurangi timbunan sampah yang ada di TPA. Hingga saat ini, Send Your Waste telah mengelola lebih dari 30 ribu kg sampah dari lebih dari 22 ribu pengguna aktif. Ayo ikut berpartisipasi untuk menjadi pahlawan lingkungan!

[Sulistianing Ambarwati]

Related Post