Hal yang Mesti Diperhatikan Dalam Pemilihan Angkutan Sampah

Layanan jasa angkut sampah harus memperhatikan prosedur pengangkutan sampah. Termasuk di dalamnya kendaraan yang digunakan dalam pengangkutan sampah. Kendaraan yang dipilih harus memenuhi kriteria yang telah ditetapkan agar sampah yang diangkut tidak tercecer dan mencemari lingkungan. 

Jenis Layanan Jasa Angkut Sampah

Terbagi berdasarkan penyedia, layanan jasa angkut sampah dibagi menjadi dua yaitu dari jasa angkut sampah dari pihak pemerintah dan jasa angkut sampah  pihak swasta. Kedua nya harus mengikuti prosedur pengangkutan sampah sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan di DLH kota atau kabupaten masing-masing. Prosedur yang harus diikuti tak hanya kompetensi dari petugas pengangkut sampah tetapi fasilitas atau sarana prasarana dari layanan jasa angkut sampah juga penting untuk dimiliki. Fasilitas dapat terdiri atas tempat sampah, gerobak sampah, TPS yang menjadi tempat penampung sampah, serta angkutan sampah atau kendaraan yang beroperasi dalam mengangkut sampah. 

Sebagai pihak penyedia jasa angkut sampah, waste4change telah memenuhi kriteria yang ditetapkan karena memiliki sistem manajemen sampah 100% menyeluruh. Layanan yang bernama Reduce Waste to Landfill ini dilengkapi dengan beberapa jenis angkutan sampah yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kustomer. Beberapa angkutan sampah yang tersedia adalah adalah bak motor, arm roll, pick up, light truck, serta dump truck. Angkutan sampah tersebut dapat menampung sampah sebanyak 700 kg hingga 16 ton sampah. Tidak hanya dapat digunakan oleh perumahan, layanan jasa angkut sampah ini juga tersedia untuk gedung, kantor, restoran, kawasan komersil dan perbelanjaan, serta hotel. 

Jenis Kendaraan Angkutan Sampah

Angkutan sampah yang umumnya digunakan di Indonesia adalah sebagai berikut: 

  1. Bak Motor

Kendaraan yang umum digunakan untuk mengangkut sampah perumahan ini memiliki kapasitas hingga 700 kg sampah. Kelebihan dari kendaraan angkutan sampah ini adalah kepraktisan dalam penggunaannya karena dapat menjangkau area yang memiliki jalan kecil. Selain itu, harga pembelian bak motor pastinya lebih ekonomis dari truk sampah sehingga memperingan layanan jasa angkut sampah dalam penyediaan fasilitas angkutan sampah. 

  1. Dump Truck 

Truk sampah ini memiliki kapasitas yang bervariasi mulai dari 6 meter kubik hingga 14 meter kubik. Meski memiliki sistem manual dalam pengisian muatan, harga dari kendaraan pengangkut sampah ini masih lebih terjangkau sehingga memudahkan layanan jasa angkut sampah. Dengan keadaan bak yang terbuka, penggunaan truk sampah ini direkomendasikan untuk menggunakan terpal untuk menutup bak sehingga. 

  1. Compactor Truck

Desain bak yang tertutup menjadi kelebihan truk sampah ini. Dengan kelebihan tersebut mampu membuat sampah aman tak tercecer di dalam bak serta menghindari adanya bau sampah yang lebih menyengat dibandingkan dengan truk biasa. Selain itu, bak truk sampah ini miring ke arah dalam sehingga dapat menjaga cairan sampah di dalam bak. Namun dari kelebihan tersebut, harga dari truk sampah ini lebih mahal daripada biasanya. Tetapi dapat menjadi investasi jangka panjang dalam pengangkutan sampah. Jakarta serta Surabaya pun telah menggunakan jenis truk sampah ini. 

Kriteria Angkutan Sampah

Kendaraan yang digunakan untuk mengangkut sampah akan berbeda jenis sesuai dengan kebutuhan yang digunakan. Kendaraan yang digunakan untuk mengangkut sampah dari perumahan ke TPS akan lebih kecil dari angkutan sampah yang digunakan ke TPA karena jumlah muatan lebih banyak. Namun secara umum kendaraan yang digunakan kebanyakan merupakan kendaraan yang terbuka seperti bak motor ataupun truk engkel. Hal ini mengkhawatirkan karena dapat resiko jatuhnya sampah ke jalan ataupun tercecernya air lindi yang justru dapat merusak lingkungan. Maka dari itu, angkutan sampah yang digunakan oleh setiap layanan jasa angkut sampah harus memenuhi kriteria sebagai berikut: 

  1. Kendaraan pengangkut sampah harus tertutup

Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya sampah atau air lindi yang tercecer di jalan saat proses pengangkutan sampah ke tempat pembuangan. 

  1. Tinggi bak kendaraan maksimum 1.6 meter

Kapasitas bak kendaraan  harus dibatasi. Selain untuk menjaga performa mesin dari kendaraan, kelebihan muatan juga berbahaya karena memungkinkan terjadinya kecelakaan perjalanan

  1. Terdapat alat pengungkit

Dengan adanya alat pengungkit, akan memudahkan petugas angkut sampah dalam proses pengangkutan karena tidak perlu mengerjakan secara manual dan tidak memakan waktu yang banyak

  1. Tidak bocor

Bak kendaraan mesti dicek secara berkala sebelum melakukan pengangkutan sampah. Hal ini untuk menghindari adanya kebocoran air lindi.

  1. Penyesuaian kondisi jalan

Rute perjalanan mesti menjadi pertimbangan karena jenis kendaraan besar tentunya akan membutuhkan ukuran jalan yang lebih besar pula. Maka dari itu penentuan rute pengangkutan harus diperiksa terlebih dahulu. 

  1. Penyesuaian pemeliharaan

Selain beberapa poin penting di atas, layanan jasa angkut sampah harus memperhatikan pemeliharaan kendaraan angkutan sampah. Hal ini dikarenakan fasilitas tersebut digunakan dalam operasional sehari-hari sehingga membutuhkan perawatan rutin. Selain itu, penggunaan dana dalam pemeliharaan kendaraan angkutan sampah juga mesti dihitung, sehingga jenis kendaraan angkutan yang dipilih akan sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan layanan jasa angkut sampah. 

[Sulistianing Ambarwati]

Related Post