Industry Updates

Decluttering 101: Mengapa dan Bagaimana

Memasuki tahun dan dekade yang baru, apa saja rencana dan hal yang ingin kamu wujudkan? Apakah decluttering termasuk ke dalam resolusi tahun barumu?

Untuk yang masih asing dengan istilah decluttering, istilah tersebut berasal dari kata clutter yang mengacu pada semua barang yang disimpan di dalam atau di sekitaran rumah yang tidak menambah nilai atau memberikan manfaat dalam hidup kita.

Adapun pengertian atau definisi decluttering adalah istilah yang digunakan untuk mengacu pada kegiatan membersihkan dan menyingkirkan barang-barang yang dimaksud tadi.

Contoh dapur yang penuh oleh berbagai macam barang. Sumber: freshclean.ie
Contoh dapur yang penuh oleh berbagai macam barang. Sumber: freshclean.ie

Decluttering sendiri juga sempat dipopulerkan oleh Marie Kondo dalam bukunya yang berjudul “The Lifechanging Magic of Tidying Up”, dimana Marie Kondo sendiri mendefinisikan decluttering sebagai kegiatan menyingkirkan barang-barang yang tidak memercikkan kebahagiaan bagi empunya.

Mengapa Decluttering?

Jika kamu seringkali kesulitan untuk menemukan barang yang kamu cari di antara tumpukan barang-barang yang ada di lemari, gudang, atau bahkan meja belajar, mungkin itu pertanda bahwa kamu harus mulai melakukan decluttering. 

Barang-barang yang terlalu banyak dan tidak teratur dapat menjadi sumber stress tersendiri. Kreditr: Aleksandra Kovac/Stocksy United
Barang-barang yang terlalu banyak dan tidak teratur dapat menjadi sumber stress tersendiri. Kreditr: Aleksandra Kovac/Stocksy United

Selain bisa menghemat lebih banyak tempat di rumah, kegiatan decluttering sendiri dipercaya bisa berdampak positif terhadap psikis dan mental seseorang, misalnya

  • Menghemat waktu dan energi karena ada lebih sedikit barang-barang yang harus dibersihkan: Membersihkan rumah dan menjaganya tetap bersih bukan pekerjaan yang enteng, apalagi jika ditambah dengan barang-barang yang sebenarnya tidak berguna dan hanya dibiarkan menumpuk di sudut-sudut rumah.
  • Menanggulangi rasa stress: Membersihkan rumah dari barang-barang yang tidak digunakan dapat memberi kepuasan tersendiri bagi seseorang, karena selain terhindar dari rumah yang berantakan, decluttering dapat membuat seseorang memiliki kendali atas hidup dan rumahnya

Bagaimana Cara Memulai Decluttering? 

Melakukan decluttering untuk pertama kalinya bisa jadi membingungkan. Kita tidak tahu harus mulai dari mana, dan jumlah barang yang begitu banyak bisa sangat mengintimidasi. Karena itu, yuk cari tahu beberapa tips yang bisa membantu mu untuk mulai melakukan decluttering di rumah,

1. Mulai berdasarkan Kategori (bisa dari Jenis Barang atau Ruangan) dan Buat Daftarnya

Pada dasarnya ada dua pilihan dalam melakukan decluttering, yaitu berdasarkan jenis barang yang ingin disingkirkan atau berdasarkan ruangan yang ada di rumah. Jika kamu ingin memulai decluttering berdasarkan jenis barangnya, maka kamu sebaiknya membuat daftar barang yang menurutmu harus dikurangi.

Contoh daftar checklist barang yang dapat dijadikan acuan dalam decluttering. Sumber: glitterguide.com
Contoh daftar checklist barang yang dapat dijadikan acuan dalam decluttering. Sumber: glitterguide.com

Jenis barang yang banyak menumpuk di rumah sebenarnya tergantung pada penghuninya, tetapi secara umum ada beberapa jenis barang yang cenderung banyak dibeli dan (seharusnya) bisa dikurangi.

Baju, buku, tas, sepatu, peralatan dapur, majalah bekas, aksesoris rambut, barang eletronik atau alat olahraga yang jarang dipakai, gelas dan tempat minum, kaset CD atau DVD, serta mainan.

Dari daftar barang tersebut, kamu kemudian bisa memeringkatnya menjadi barang yang paling banyak hingga yang paling sedikit, sehingga kamu tahu mana yang harus diprioritaskan untuk dikurangi.

Contoh pemetaan tempat/titik-titik di rumah yang menyimpan banyak barang. Sumber: budgetdumpster.com
Contoh pemetaan tempat/titik-titik di rumah yang menyimpan banyak barang. Sumber: budgetdumpster.com

Cara lain untuk melakukan decluttering ialah dengan membagi prosesnya menjadi per ruangan.

Tetapi sebelum itu, akan lebih baik untuk memetakan terlebih dulu daerah ruangan/titik-titik yang memiki banyak clutter. 

Biasanya, tempat orang cenderung menumpuk atau menyimpan barang adalah di kamar tidur (terutama di dalam lemari), gudang, dan juga dapur.

Selain itu, sama halnya seperti daftar barang yang sudah disebutkan di atas, kamu bisa memeringkati tempat atau titik-titik di rumah mulai dari yang paling banyak clutternya hingga yang paling sedikit.

2. Sediakan 5 Wadah untuk Menyortir Barang

5 Kategori yang Dapat Dijadikan Acuan dalam Melakukan Decluttering. Sumber: The Spruce/Bailey Mariner
5 Kategori yang Dapat Dijadikan Acuan dalam Melakukan Decluttering. Sumber: The Spruce/Bailey Mariner

Setelah kamu tahu harus mulai membersihkan dari mana, hal yang selanjutnya harus kamu persiapkan adalah lima buah wadah untuk menyortir barang-barang yang akan kamu singkirkan. Kelima wadah tersebut antara lain:

  • Put Away: Wadah ini diperuntukkan untuk barang-barang yang tidak pada tempatnya, sehingga yang harus kamu lakukan adalah mengembalikan barang-barang tersebut ke tempat semula. Contohnya yaitu gelas di meja belajar, atau buku di toilet, dll.
  • Recycle: Wadah ini untuk barang-barang yang ingin kamu buang tetapi bisa didaur ulang, misalnya majalah dan kertas-kertas bekas, botol plastik dan kaca, serta kaleng bekas.
  • Fix/Mend: Gunakan wadah ini untuk menaruh barang yang butuh dimodifikasi atau diperbaiki. Misalnya baju dengan kancing yang hilang atau rok dengan ritsleting yang rusak, atau sepatu yang butuh disemir.
  • Donate: Barang-barang yang jarang atau tidak pernah kamu gunakan tetapi masih dalam kondisi bagus ada baiknya kamu pisahkan ke dalam wadah ini untuk kemudian diberikan/didonasikan kepada orang-orang yang sekiranya lebih membutuhkan. Mulai dari mainan, pakaian yang kekecilan/kebesaran, produk kosmetik yang tidak cocok di kulitmu, dan masih banyak lagi.
  • Trash: Terakhir, untuk barang-barang yang betul-betul rusak atau sudah tidak bisa diapa-apakan lagi bisa kamu taruh di kategori ini untuk kemudian dibuang.

3. Lakukan secara Bertahap

Membersihkan barang yang menumpuk di sudut-sudut rumah selama bertahun-tahun bisa jadi sangat melelahkan, baik secara fisik maupun emosional.

Oleh karena itu, jangan memaksakan untuk menyelesaikannya dalam sekali jalan atau dalam jangka waktu satu hari saja.

Proses decluttering memang sebaiknya dilakukan secara bertahap dan dicicil sedikit demi sedikit.

Misalnya kamu bisa menyisihkan waktu selama 5 menit setiap hari untuk menyingkirkan barang-barang yang sudah tidak lagi berguna, atau mulai dengan membersihkan 1 barang setiap hari, sehingga dalam setahun kamu sudah bisa menyingkirkan paling tidak 365 barang.

Contoh rencana atau tahapan decluttering dalam jangka waktu satu bulan. Sumber: schoolofdecorating.com
Contoh rencana atau tahapan decluttering dalam jangka waktu satu bulan. Sumber: schoolofdecorating.com

Dalam jangka waktu tersebut, kamu juga bisa sembari melihat barang-barang mana yang jarang kamu gunakan, seperti misalnya sepatu dan baju. Caranya yaitu dengan memisahkan baju dan sepatu yang baru dipakai, misalnya menggantung baju yang habis dicuci dengan arah gantungan yang terbalik/menaruhnya di sisi kanan lemari.

Dalam jangka waktu satu atau dua bulan, akan bisa terlihat mana baju/sepatu yang tidak pernah dipakai.

4. Minta Bantuan orang lain

Kamu juga bisa meminta bantuan orang lain untuk datang ke rumahmu dan meminta mereka menentukan kira-kira tumpukan barang apa dan dimana yang terlihat harus disingkirkan.

Nantinya, jika ada barang yang menurutmu masih penting atau berhak untuk disimpan, kamu harus menjelaskan alasannya kepada orang tersebut, karena mereka akan cenderung menilai alasanmu dengan lebih objektif.

Meminta pendapat orang lain akan membantumu untuk bisa lepas dari nilai-nilai sentimental yang seringkali melekat pada barang yang sebenarnya tidak terlalu berguna.

5. Ambil Foto Sebelum dan Sesudah Sebagai Perbandingan

Pilih area kecil dalam rumahmu yang ingin kamu lihat dalam keadaan bersih, misalnya meja rias, meja belajar, atau lemari pakaian.

Setelah mengambil foto dari area/titik tersebut, singkirkan atau pindahkan barang-barang yang ada untuk membersihkan permukaan meja atau lemari yang awalnya penuh. Setelah itu ambil foto tempat/area tersebut dalam kondisi  bersih

Contoh lemari sebelum dan sesudah dibersihkan. Sumber: Pinterest
Contoh kondisi lemari sebelum dan sesudah dibersihkan. Sumber: Pinterest

Dengan membandingkan foto sebelum dan sesudah dibersihkan, kamu bisa melihat sendiri betapa suatu tempat/area bisa menjadi rapi dan enak dipandang apabila sudah dibersihkan dari berbagai macam clutter. 

Hal ini dapat menjadi motivasi agar kamu semakin bersemangat untuk membersihkan tempat-tempat di rumah yang kian berantakan dan tidak sedap dipandang.

Melawan Gaya Hidup yang Konsumtif  

Kamu bisa mendonasikan pakaian dan sepatu yang masih layak pakai ke Waste4Change, nantinya barang-barang tersebut akan kami donasikan. Selain itu, kamu bisa mengirimkan barang-barang anorganik yang bisa didaur ulang ke Waste4Change dengan mengirimkannya ke kantor kami (kecuali styrofoam, pembalut bekas pakai, serta sampah residu lain)

Decluttering sekilas terlihat sebagai kegiatan bersih-bersih belaka, proses menyingkirkan barang yang tidak berguna di dalam rumah (dan hidup) kita akan mendorong kita untuk berefleksi dan memikirkan kembali tentang gaya hidup kita yang cenderung konsumtif, bahwa selama ini keputusan kita untuk membeli barang seringkali didasari alasan yang tidak selalu rasional, melainkan cenderung emosional dan seringkali impulsif.

Menyingkirkan barang-barang yang tidak membuat kita bahagia akan membantu kita untuk merasa cukup; cukup puas memiliki sedikit barang, dan cukup bahagia dengan apa yang dimiliki

Decluttering juga akan membuat kita lebih sadar terhadap jumlah sampah yang akan kita hasilkan dari membeli dan memiliki semakin banyak barang.

Bahwa barang-barang tersebut tidak akan hilang begitu saja saat kita tidak menginginkannya lagi, bahwa sumber daya yang ada tidak akan bisa memenuhi keserakahan kita untuk terus mengkonsumsi, bahwa kita tengah merusak bumi.

Selamat memulai proyek decluttering-mu sendiri!

English version read HERE.

Referensi:

https://www.thespruce.com/decluttering-your-entire-home-2648002

https://www.budgetdumpster.com/resources/how-to-declutter-your-home.php

Posted on Last Updated on
Bagikan Artikel Ini

Mulai Pengelolaan Sampah
Secara Bertanggung Jawab
Bersama Waste4Change

Hubungi Kami