Cigarette Butts Waste: Small, Dangerous, and Omnipresent

Sampah Puntung Rokok: Kecil, Berbahaya, dan Ada Dimana-mana

Mengapa Sampah Puntung Rokok Berbahaya?

Puntung rokok mengandung saringan plastik dan residu dari rokok yang telah digunakan. Saringan berwarna putih yang terlihat seperti katun itu sebenarnya sejenis plastik yang bernama selulosa asetat.

Tanpa campur tangan manusia, selulosa asetat ini termasuk bahan yang sulit terurai di alam. Tergantung dari tempat dimana puntung rokok tersebut dibuang, sampah puntung rokok memakan waktu sekitar 18 bulan sampai 10 tahun untuk bisa terurai.

Contoh sampah puntung rokok yang ditemukan di pantai. Kredit foto: Brian Yurasits/Unsplash

Tidak hanya itu, sampah puntung rokok pun mengandung bahan beracun yang bisa mencemari tanah dan saluran air serta berdampak negatif pada organisme yang melakukan kontak dengan bahan-bahan tersebut. Kebanyakan puntung rokok dibuang dalam keadaan masih mengandung tembakau, yang notabene mengandung nikotin.

Lebih parahnya lagi, para perokok mengakui bahwa mereka membuang sampah puntung rokok sembarangan. Sebuah survei yang dilakukan oleh organisasi bernama Keep America Beautiful (KAB) melaporkan bahwa 77% responden survei berpikir bahwa puntung rokok itu bukan sampah.

Mungkin mereka juga berpikir bahwa kalaupun sampah, puntung rokok bisa terurai secara alami, itulah mengapa banyak sekali yang membuang puntung rokok sembarangan.

Fakta Mengenai Sampah Puntung Rokok

Sekitar 5.6 miliar rokok dikonsumsi setiap tahunnya, dan dua pertiga dari jumlah puntung rokok tersebut dibuang sembarangan. Dengan kata lain, sekitar 4,5 miliar puntung rokok mencemari lingkungan setiap tahunnya.

Faktanya, sejak tahun 1980an, 30% sampai 40% sampah yang dipungut dari kegiatan bersih-bersih di daerah pesisir dan perkotaan merupakan sampah puntung rokok.

Puntung rokok seringkali ditemukan di pantai. Kredit foto: Brian Yurasits/Unsplash

Di Australia, sebanyak 8 juta sampah puntung rokok berakhir menjadi sampah di lautan. Di Victoria misalnya, sekitar 350,000 puntung rokok berakhir di Port Philip Bay setiap tahunnya.

Di laut, puntung rokok membutuhkan setidaknya 5 tahun untuk bisa terurai. Selain itu, serupa dengan kasus sampah plastik, puntung rokok seringkali disangka sebagai makanan oleh burung dan hewan laut. Hal ini membuat mereka seringkali menelan puntung rokok, yang kemudian bisa menyebabkan masalah pencernaan serius atau bahkan kematian.

Dampak sampah puntung rokok terhadap hewan laut. Sumber: wastemanagementausttralia.weebly.com

Selain itu ada juga permasalahan soal bahan kimia beracun yang terkandung di dalam puntung rokok, di antaranya timbal dan kadmium. Begitu bahan-bahan ini masuk ke dalam air, mereka bisa mencemari lingkungan dan mengancam kehidupan organisme di dalamnya.

Dampak sampah puntung rokok terhadap hewan laut. Sumber: wastemanagementausttralia.weebly.com

Last but not least, the cost of cleaning cigarette butts waste is expensive. A San Fransisco audit study reported that the cost of cleaning up cigarette butts is estimated to be more than 7 million dollars annually. What’s more, taxpayers and local authorities are the ones who bear the cost.

Yang Bisa Dilakukan untuk Menanggulangi Sampah Puntung Rokok

Menangani permasalahan sampah puntung rokok berarti menangani akar dari permasalahannya, yaitu perihal bagaimana perokok masih membuang sampah puntung mereka sembarangan

Salah satu yang bisa dibilang sederhana dan efektif ialah dengan mengenakan denda kepada orang yang membuang puntung rokok tidak pada tempatnya, seperti yang sudah diterapkan di Singapore.

Selain itu, edukasi untuk masyarakat umum dan para perokok mengenai bahaya sampah puntung rokok juga harus dilakukan dalam rangka menggalang kepedulian dan kesadaran mereka. Hal ini dapat dilakukan dalam bentuk kampanye interaktif atau iklan layanan masyarakat.

Contoh tempat sampah untuk puntung rokok yang dirancang dengan kreatif. Sumber: s.yimg.com

Cara lainnya yaitu dengan menyediakan tempat sampah khusus untuk sampah puntung rokok di area-area merokok, baik yang formal maupun non-formal, seperti misalnya di luar toko/bangunan, di halte bus, dan di tempat parkir.

Hal lain yang tidak kalah penting ialah untuk memeriksa perusahaan daur ulang sampah yang ada di daerah Anda, apakah mereka sekiranya menerima sampah puntung rokok untuk didaur ulang. Jika Anda berdomisili di daerah Jabodetabek, Anda bisa mengirim sampah puntung rokok Anda ke Waste4Change melalui program Send Your Waste.

Contoh cara mengemas sampah puntung rokok secara aman untuk kemudian dikirim. Kredit foto: Jasmin Sessler/Unsplash

Sebelum mengirim, pastikan bahwa sampah puntung rokoknya dalam kondisi kering dan dikemas secara tertutup dan rapi. Jangan mencampur sampah puntung rokok dengan jenis sampah lain. Anda bisa mengirimkan sampah puntung rokok ke kantor Waste4Change Bekasi sampai bulan Januari 2021 nanti.

Cara terbaik untuk mengurangi sampah puntung rokok sebenarnya adalah dengan berhenti merokok. Akan tetapi, jika berhenti merokok dirasa masih terlalu sulit, setidaknya Anda bisa bertanggung jawab terhadap sampah puntung rokok yang dihasilkan dan memastikan bahwa puntung rokok tersebut dikelola dengan bertanggung jawab.

Referensi

https://www.mensxp.com/special-features/features/57014-5-facts-about-cigarette-butts-that-prove-they-could-be-worse-than-plastic.html

https://www.verywellmind.com/world-cigarette-litter-facts-that-will-shock-you-2824735

https://wastemanagementausttralia.weebly.com/cigarette-butts.html

Cigarette Butts Pollution Project: Just the Facts 2013 https://b04dfb67-9757-4756-90f1-a307f1d0080a.filesusr.com/ugd/eec87d_c09f98dc07704efe9946bca3a92837bf.pdf

1 2

Related Post