Industry Updates

Carbon Footprint Taylor Swift Terburuk di Dunia?

Yard, sebuah perusahaan media global meluncurkan laporan daftar selebriti dengan emisi CO2 tertinggi. Laporan yang diterbitkan pada Juli 2022 itu menyebutkan nama-nama penting yang disebut hasilkan carbon footprint terburuk dari kegiatannya. Daftar tersebut berhasil mengundang pro dan kontra publik. 

Studi yang dilakukan oleh Yard menyebutkan 10 selebriti Hollywood dengan emisi CO2 jet pribadi terburuk di 2022. Taylor Swift berada di peringkat pertama dengan emisi CO2 sebanyak 8.293,54 ton, diikuti oleh Floyd Mayweather, Jay-Z, A-Rod, Blake Shelton, Steven Spielberg, Kim Kardashian dan masih banyak lagi. 

carbon footprint
Taylor Swift disebut jadi selebriti pencemar CO2 terbesar tahun 2022 

Pada dasarnya, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan dalam perhitungan carbon footprint dan carbon footprint bukan hanya sekadar emisi jet. 

Apa itu Carbon Footprint

Carbon footprint adalah emisi gas rumah kaca yang dihasilkan dari kegiatan seseorang, salah satunya gas CO2 (karbon dioksida). Ada banyak hal yang bisa menghasilkan CO2, mulai dari penggunaan kendaraan berbahan dasar fosil, memasak, peternakan, deforestasi, hingga hal sesimpel kegiatan bernapas makhluk hidup.

Ada banyak jenis gas rumah kaca, diantaranya karbon dioksida (CO2) dan gas metana (CH4).

Fakta Carbon Footprint

Faktanya, satu manusia menghasilkan gas CO2 sebanyak kurang-lebih 500 liter, atau 1 kilogram dalam satu hari (sciencefocus.com). Jika dikalikan dengan jumlah penduduk dunia sebanyak 7,8 milyar, maka ada 2,8 trilyun kilogram emisi gas CO2 dalam setahun. Jumlah tersebut sudah setara dengan 7,4% jumlah emisi gas CO2 dari pembakaran fosil selama tahun 2022.

Emisi CO2 banyak disebabkan dari industri makanan, konsumsi, transportasi, dan energi. Data dari activesustainability.com menyebutkan China sebagai penghasil emisi karbon terbanyak di dunia. Yaitu sebanyak 30% dari total emisi karbon dunia. 

Bagaimana Menghitung Carbon Footprint

Emisi karbon dapat dihitung sejak kita bangun hingga tidur. Bahkan hal sesimpel mengirimkan pesan singkat menggunakan telepon genggam menghasilkan emisi karbon. Surat kabar yang kita beli dan baca di pagi hari juga memiliki jejak karbon yang tidak bisa kita abaikan. Begitu juga mandi dan mencuci baju. 

Ada 2 jenis carbon footprint:

  1. Direct carbon emission adalah emisi karbon yang terjadi atas kegiatan yang kita lakukan sendiri, contohnya kendaraan pribadi dan bernapas.
  2. Indirect carbon emission, yaitu emisi karbon yang dihasilkan oleh entitas atau pelaku lain atas urusan yang berhubungan dengan kita, contohnya proses daur ulang dari sampah yang kita hasilkan.

Tidak ada kegiatan dan pilihan hidup manusia yang tidak menghasilkan emisi karbon. Itulah mengapa kita perlu aktif dalam mengurangi jejak karbon yang kita hasilkan, yaitu melakukan carbon offset agar kita bisa menjadi carbon neutral.

Bagaimana Mengurangi Carbon Footprint

Menurut carbonfootprint.com, berikut adalah langkah untuk mengurangi carbon footprint

  1. Calculate, hitung jejak karbon yang kita hasilkan
  2. Aim, targetkan untuk mengurangi jejak karbon sesuai jumlah yang kita hasilkan
  3. Reduce, kurangi emisi karbon
  4. Offset, kurangi lebih banyak emisi karbon dari yang kita hasilkan untuk bantu melestarikan lingkungan
  5. Communicate, ajak lingkungan untuk ikut mengurangi emisi karbon
  6. Comply, data dan lakukan pengurangan emisi karbon secara resmi dan tercatat, terutama untuk bisnis

Beberapa kegiatan yang dapat mengurangi emisi karbon adalah mengurangi produksi sampah, mengurangi penggunaan listrik, juga menanam pohon.

Selebriti dan Jejak Karbon

Selebriti membentuk pola pikir publik, terutama generasi muda. Kenyataannya, menghitung emisi karbon dari penggunaan jet pribadi tidak bisa dibilang mewakili emisi karbon yang dihasilkan dan dikurangi sepenuhnya oleh selebriti tersebut dalam 1 tahun. 

Namun, ada banyak hal yang bisa dilakukan selebriti untuk membantu menyebarkan pemahaman dan edukasi tentang pengendalian jejak karbon. Ada banyak solusi yang ditawarkan untuk mengurangi emisi karbon mulai dari carbon credit hingga mencapai carbon neutral, bahkan carbon offset.

Edukasi Jejak Karbon

Akademi Bijak Sampah Waste4Change menawarkan edukasi manajemen sampah untuk meningkatkan pemahaman dan pengambilan keputusan yang lebih baik. AKABIS Waste4Change melibatkan pengajar ahli dan menyesuaikan dengan usia dan kebutuhan partisipan. 

Posted on Last Updated on
Bagikan Artikel Ini

Mulai Pengelolaan Sampah
Secara Bertanggung Jawab
Bersama Waste4Change

Hubungi Kami