Industry Updates

Cara Ajukan Pengangkutan Sampah Furniture oleh DLH Kota Bandung

Bagi warga yang tinggal di Kota Bandung dan memiliki sampah furniture kini bisa bersenang hati karena terdapat cara mudah dan gratis untuk melakukan pembuangan sampah furniture Bandung karena DLH Kota Bandung memiliki layanan pengangkutan sampah furniture.

Sampah furniture akibat terendam banjir (Sumber: Liputan6com)

Meski tidak dikenakan biaya, warga Bandung mesti mengajukan pelayanan jasa angkut sampah terlebih dahulu sesuai dengan beberapa persyaratan yang telah ditetapkan oleh DLH Kota Bandung. 

Apa Itu Sampah Furniture?

Sampah seperti kasur, ranjang, lemari, sofa, kursi merupakan sampah furniture yang dikategorikan sebagai sampah besar yang penangannya membutuhkan cara dan alat khusus.

Sampah furniture seharusnya tidak lagi menjadi masalah bagi para warga, karena Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Lingkungan Hidupnya telah memberikan layanan jasa angkut sampah secara gratis dan mudah untuk didapatkan.

Selain membuka layanan jasa angkut sampah furniture Bandung, sampah besar lainnya seperti kulkas dan mesin cuci pun kerap menjadi sampah yang sering dibuang oleh masyarakat dalam penggunaan layanan jasa angkut sampah. 

Apa Persyaratan Pengangkutan Sampah Furniture?

Awal mula layanan jasa angkut sampah furniture Bandung ini dibentuk dengan tujuan mengurangi sampah besar yang ada di sungai karena dalam pembersihan sampah di sungai yang telah dilakukan oleh tim DLH Kota Bandung, sampah besar masih sering dibuang secara liar di sungai oleh warga sekitar.

sampah furniture bandung
Instagram @upt_pengelolaansampah.dlhbdg

Salah satu contoh adalah ditemukannya bak mandi besar di sungai yang ada di perbatasan kota yang menyebabkan banjir. Maka dari itu, Pemerintah Kota Bandung mengajak warga untuk turut serta dalam menjaga lingkungan dengan berpartisipasi dalam layananan ini dan tidak membuang sampah besar ke sungai terlebih lagi layanan jasa angkut sampah ini tidak memerlukan biaya sedikitpun.

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan

  1. Pada satu titik jemput, sampah besar yang dibuang berjumlah maksimal dua buah
  2. Sampah yang akan dibuang diletakkan di depan rumah agar memudahkan petugas dalam proses pengangkutan
  3. Jika lokasi titik jemput berada di dalam gang yang tidak dapat diakses mobil, maka sampah besar yang akan dibuang diletakkan di pinggir jalan untuk memudahkan dalam proses pengambilan sampah

Beberapa langkah untuk mendapatkan layanan jasa angkut sampah

  1. Menghubungi pusat layanan DLH Kota Bandung melalui nomor 022-720-7889 
  2. Setelah dihubungi, tim DLH Kota Bandung akan melakukan penjadwalan terhadap layanan pengangkutan
  3. Tim DLH Kota Bandung selanjutnya akan mengkonfirmasi terhadap jadwal penjemputan sampah serta verifikasi alamat penjemputan sampah

Layanan ini dinilai sangat bermanfaat bagi warga yang ingin membuang sampah besarnya karena tidak perlu menyewa mobil pick up untuk membuang sampah ataupun membayar layanan jasa angkut sampah. Selain itu, DLH Kota Bandung pun dapat menjadikan program ini sebagai program edukasi warga untuk membuang sampah pada tempatnya dan menjaga lingkungan. Dengan layanan jasa angkut sampah ini pula, sampah besar tidak langsung berakhir di tempat pemrosesan akhir.

DLH Kota Bandung menyebutkan bahwa sebagian besar sampah furniture yang diambil masih dapat diperbaiki dan digunakan kembali. Sebagai contoh adalah sofa yang memiliki salah satu kaki yang rusak akan ditambal dan dapat digunakan kembali di taman kota Bandung. Selain itu, DLH Kota Bandung juga mempunyai misi untuk membuka pasar barang bekas seperti yang ada di luar negeri dengan menerima sampah dari masyarakat kemudian memilahnya untuk dijual kembali.

Lebih lanjut, DLH Kota Bandung juga berniat untuk menghubungkan para warga melalui media sosial. Sehingga, sampah besar yang masih layak pakai dapat diterima oleh warga lain yang membutuhkan dalam media sosial DLH Kota Bandung. Dengan program tersebut, maka akan meminimalisir sampah yang dibuang sembarangan ataupun jumlah sampah yang ada di tempat pemrosesan akhir.

Sementara itu, sampah besar yang sudah tidak layak pakai akan melewati beberapa proses sebelum ditimbun di tempat pemrosesan akhir. Proses yang dilewati berupa ditumpuk, diratakan lalu ditimbun di TPA Sarimukti yang kini telah menggunakan sistem controlled landfill. Terhitung terdapat 259 sampah besar yang telah diangkut dari layanan ini dalam kurun waktu Januari hingga Juni 2022. Angka tersebut menyelamatkan sampah-sampah besar tersebut yang biasa berakhir begitu saja di TPA. 

Layanan Angkut Sampah oleh Waste4Change

Jika layanan jasa angkut sampah furniture hanya terdapat di Bandung, layanan jasa angkut sampah waste4change dapat digunakan di 21 kota termasuk area JABODETABEK. Layanan yang bernama Reduce Waste to Landfill ini tidak hanya dapat digunakan untuk perumahan, tetapi juga untuk gedung, kantor, restoran, kawasan perbelanjaan dan komersil, serta hotel. Informasi lengkap mengenai layanan RWTL dapat diakses melalui laman ini. Untuk info artikel jasa angkut sampah Bandung baca di sini.

Layanan ini tidak serta merta mengangkut sampah dan membuang ke TPA, tetapi terdapat pengolahan sampah dan memaksimalkan daur ulang bahkan hingga pengelolaan sampah residu. 

[Sulistianing Ambarwati]

Posted on Last Updated on
Bagikan Artikel Ini

Mulai Pengelolaan Sampah
Secara Bertanggung Jawab
Bersama Waste4Change

Hubungi Kami