Industry Updates

Belajar Memilah Sampah bersama Waste4Change

Setiap harinya, manusia pasti menghasilkan sampah. Berdasarkan data dari KLHK, di tahun 2020 total sampah nasional adalah sebanyak 67,8 juta ton. Itu berarti rata-rata setiap warga Indonesia menghasil 0.7 kilogram sampah setiap harinya. 

Beruntungnya, beberapa orang sudah sadar dan berusaha untuk mengelola sampah mereka secara bijak. Namun sayangnya, beberapa lagi masih tidak peduli bahkan tidak tau caranya mengelola sampah dengan benar. Sepertinya, pengetahuan tentang mengelola sampah di rumah harus secara luas disebarkan nih.

Mempersiapkan Generasi Penerus Pemilah Sampah

Mengajarkan pengetahuan mengenai cara pengelolaan sampah yang benar bisa dimulai sejak dini. Tujuannya supaya generasi muda punya kepedulian terhadap bumi dan lingkungan juga agar mereka siap menerapkan pengetahuan ini di kehidupan mereka. Membantu Indonesia mengurangi produksi limbah dan sampah dan terwujud bumi dengan lingkungan yang lebih sehat.

Kegiatan Kebun Kumara juga termasuk edukasi tentang kompos untuk anak-anak
Kegiatan Kebun Kumara juga termasuk edukasi tentang kompos untuk anak-anak

Namun mengajarkan anak-anak bisa mengelola sampah tidak boleh sembarangan. Ada hal-hal yang bisa anda terapkan agar pembelajaran jadi lebih asik dan anak dapat belajar dengan rasa senang dan ikhlas tanpa adanya paksaan

Waste4Change menyediakan materi edukasi dan lembar kegiatan untuk pengenalan teknik pemilahan sampah yang bertanggung jawab. Materi edukasi ini dibedakan ke beberapa kategori sesuai usia.

Di bawah ini adalah materi edukasi berupa poster dan presentasi untuk anak-anak usia minimal 3 tahun sampai 6 tahun (lembar kegiatan untuk melatih keterampilan mewarnai, motorik, kognitif, sensorik, seni, dan sosial).

Materi edukasi dapat diunduh dan dicetak sesuai kebutuhan (ukuran antar A2, A3, dan A4). Namun upayakan untuk memanfaatkan kertas bekas yang sudah tidak lagi digunakan untuk ikut mendorong pengurangan penggunaan kertas. Jangan lupa untuk digunakan secara optimal ya.

Terima kasih sudah membantu menyebarkan semangat #BijakKelolaSampah. Semoga kita semua bisa senantiasa menjaga sampah kita #100PersenTerpilah ya.

Selamat mengedukasi! 

Memilah Sampah Dimulai Dari Rumah

Berikut ini adalah materi edukasi dan lembar kegiatan untuk pengenalan teknik pemilahan sampah yang bertanggung jawab.

Materi edukasi terbagi menjadi semua umur (berbentuk poster dan presentasi) dan untuk anak-anak usia minimal 3 sampai 6 tahun (lembar kegiatan untuk melatih keterampilan mewarnai, motorik, kognitif, sensorik, seni dan sosial).

Materi edukasi bisa diunduh dan dicetak (ukuran antara A2, A3 dan A4), namun kami juga mendorong kawan-kawan semuanya untuk mengurangi penggunaan kertas. Disarankan menggunakan kertas yang tidak lagi digunakan, atau jika memang akan lebih efektif dicetak, pastikan dimanfaatkan dengan optimal.

Selamat menyebarkan #BijakKelolaSampah, semoga kita semua senantiasa menjaga sampah kita #100PersenTerpilah

Materi Edukasi Memilah Sampah (untuk semua umur)

NoDeskripsiLink UnduhLink Penjelasan
1Penjelasan Siklus Hidup BSF (Black Soldier Flies)Inggris | IndonesiaInggris | Indonesia
2Poster Daftar Sampah yang Bisa Didaur Ulang dan Residu Inggris | Indonesia Inggris | Indonesia
3Hirarki Pengelolaan Sampah yang Bertanggung JawabInggris Belum ada
4Hirarki Pengelolaan Bahan Makanan InggrisBelum ada
5Cara Mengelola Sampah Masker Medis Inggris | Indonesia Inggris | Indonesia
How to handle Your medical waste
Food Recovery Hierarchy
Waste Management Hierarchy
Waste4Change Recyclables Guide
Black Soldier Flies and Organic Waste

Lembar Kegiatan Memilah Sampah (untuk anak usia minimal 3 sampai 6 tahun)

Mari kurangi sampah kertas. Gunakan kertas yang tak lagi digunakan, atau kami sarankan untuk hanya mencetak lembar kerja yang membutuhkan kerja motorik.

NoDeskripsiKegiatanUsia minimalLink unduh
1Mengenal Truk SampahMotorik (mewarnai)3 tahunTidak Berwarna
2Mengenal Berbagai Bentuk Tempat SampahMotorik (mewarnai, melingkari)3 tahunTidak Berwarna
3Mengenal 2 Jenis SampahMotorik (Mewarnai, Menyambung Garis)6 tahunTidak Berwarna
4Mengenal Petugas Pengelolaan SampahMotorik (mewarnai, melingkari)3 tahunTidak Berwarna
5Membuat label “Sampah Mudah Membusuk”Motorik (Menggunting, menempel, mewarnai)6 tahunTidak Berwarna
modul-pemilahan-anak-03-1024×724.jpg

Saatnya Mempersiapkan Generasi Penerus Memilah Sampah

Faktanya, mengajarkan anak tentang pengelolaan sampah yang bertanggung jawab punya caranya masing-masing. Tergantung pada usia yang mereka miliki. Klik link di bawah untuk tahu perbedaannya!

Terima kasih telah turut mendukung edukasi #BijakKelolaSampah bagi lingkungan kita! Kunjungi Waste4Change untuk tahu informasi lainnya tentang belajar mengelola sampah

Posted on Last Updated on
Bagikan Artikel Ini

Mulai Pengelolaan Sampah
Secara Bertanggung Jawab
Bersama Waste4Change

Hubungi Kami