Industry Updates

7 Ide Hadiah Natal Zero-Waste

Bulan Desember waktunya menyambut momen Natal dan liburan akhir tahun. Pada waktu Natal, orang-orang akan cenderung saling berkirim kado dan hadiah kepada orang yang dikasihinya. Wujudnya pun beraneka ragam, namun seringnya berupa barang ataupun parcel makanan. Tapi pernahkah kamu mencoba sebuah hadiah Natal yang mendukung zero-waste?

natal zero-waste
Ide hadiah Natal minim sampah (Sumber: Pela Case)

Selain hadiah tersebut, hadiah minim sampah juga bisa menjadi salah satu ide menarik kado tahun ini. Hadiah minim sampah berarti hadiah yang tidak menyisakan sampah apapun. Selain itu, sisa dari hadiah tersebut masih dapat digunakan kembali di kemudian hari atau diproses untuk didaur ulang.

Apa itu Zero Waste?

Menurut Zero Waste Indonesia, zero waste adalah sebuah filosofi yang dijadikan gaya hidup untuk lebih memaksimalkan penggunaan produk sampai batas pemakaiannya dan melakukan daur ulang setelahnya. Hasilnya, tidak ada sisa yang muncul dari penggunaan barang tersebut sehingga tidak akan ada yang mencemari lingkungan.

Menerapkan Natal yang zero-waste atau minim sampah berkaitan erat dengan prinsip 6R (Rethink, Refuse, Reduce, Reuse, Recycle, Rot) yang dalam bahasa Indonesia berarti menolak, mengurangi, menggunakan kembali, mendaur ulang, membusukkan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menciptakan lebih sedikit sampah hingga ke tanpa sampah dan menggunakan sumber daya alam secara bijaksana.

Penasaran apa saja ide hadiah Natal tanpa sisa yang mendukung konsep minim sampah? Berikut adalah beberapa idenya

Ide Hadiah Natal Minim Sampah

Memberi adalah bagian penting dari Natal. Hadiah akan sangat berarti bagi penerima bukan karena harganya yang mahal, melainkan jika barang tersebut memiliki makna mendalam atau merupakan hal yang sedang dibutuhkan oleh penerima. Berikut ini ide menarik hadiah Natal bagi yang sedang terapkan zero-waste untuk orang terkasih kamu.

Makanan Kesukaan

Semua orang suka makan. Terlebih jika itu adalah makanan kesukaan, diperoleh secara cuma-cuma, dan sumbernya dari orang terdekat mereka.

Makanan kesukaan dapat menjadi salah satu ide hadiah minim sampah yang bisa diberikan. Kamu bisa coba untuk membeli atau membuat sendiri makanan tersebut. Upayakan untuk menggunakan bahan pangan secara bijak dan sesuai kebutuhan serta memanfaatkan wadah makanan guna ulang agar dapat digunakan kembali di kemudian hari.

Tempat Sampah Terpilah

Di setiap rumah pasti kita akan menemukan tempat sampah sebagai barang yang wajib ada di rumah. Namun, belum tentu semua orang di rumahnya menyediakan tempat sampah khusus yang konsepnya mendukung pemilahan sampah.

Memilah sampah dapat membantu memudahkan proses daur ulang karena material sisa tidak akan bercampur dan merusak material lainnya. Untuk memudahkan pemilahan, kamu bisa mulai menyediakan dua tempat sampah berbeda yang dibagi menjadi sampah khusus organik dan sampah khusus anorganik.

Zero Waste Kit

Zero waste identik dengan kebiasaan mengkonsumsi dan memaksimalkan siklus hidup sebuah material dan sumber daya sehingga produk-produk bisa digunakan kembali.

Untuk mendukung gaya hidup zero waste, perlu untuk menyiapkan beberapa alat dan keperluan, seperti tas belanja guna ulang, kotak makan, tumbler minum, sapu tangan pengganti tisu, dan alat makan guna ulang. Alat-alat tersebut dapat membantu mengurangi jumlah sampah sekali pakai 

Hiasan dari Bohlam Bekas

Punya bohlam bekas yang tidak terpakai? Bisa dimanfaatkan menjadi dekorasi cantik dan estetik lho. Lilit bohlam menggunakan benang, tambahkan ornamen daun juga batang, maka akan jadi sebuah pir buatan yang cocok dipajang sebagai hiasan. Selain mengurangi sampah B3, bisa juga jadi dekorasi yang cantik.

Topi Rajut

Melengkapi minggu natal yang kadang dingin kadang panas, topi rajut bisa menjadi hadiah minim sampah cantik untuk orang terkasih. Topi rajut juga dapat dimanfaatkan untuk memadupadankan pakaian di lain waktu. Pasti keren.

Lukisan Unik

Hadiah berupa lukisan adalah barang terbaik yang tidak akan lekang dimakan waktu. Lukisan bisa menjadi pilihan dekorasi cantik dan hadiah yang akan selalu diingat oleh penerima

Uang atau Voucher Hadiah

Kalau yang satu ini banyak orang pasti suka. Jurus andalan ketika merasa bingung harus memberi hadiah apa, voucher hadiah menjadi pilihan terbaik jika uang dirasa tidak sopan dijadikan hadiah. Penerima pun bisa bebas membeli apapun yang diinginkan,

Bagaimana dengan rekomendasinya? Semoga membantu dalam memilih hadiah Natal yang mendukung prinsip zero-waste ya. Dalam perayaan Natal, yuk mulai berusaha mengurangi jumlah sampah di lingkungan sendiri. Pilih material yang berkelanjutan dan dukung sampah dikelola secara bertanggung jawab melalui proses daur ulang.

Waste4Change menyediakan layanan pengelolaan sampah bertanggung jawab untuk individu dengan tujuan mengurangi jumlah sampah berakhir di TPA. Sampah terpilah nantinya akan dipilah kembali secara lebih mendetail dan diarahkan ke mitra daur ulang terpercaya untuk diolah menjadi barang baru lainnya. 

Manfaatkan layanan Send Your Waste dari Waste4Change untuk berpartisipasi menjaga lingkungan dengan memilah dan mengirimkan sampah anorganik Anda untuk didaur ulang!

Posted on Last Updated on
Bagikan Artikel Ini

Mulai Pengelolaan Sampah
Secara Bertanggung Jawab
Bersama Waste4Change

Hubungi Kami