6 Years of Waste4Change: Check Out Our New Services and Products for Responsible Waste Management Solutions

6 Tahun Waste4Change: Lihat Layanan dan Produk Terbaru Kami Sebagai Solusi Pengelolaan Sampah yang Bertanggung Jawab

Bulan ini, Waste4Change akan berusia 6 tahun!

Yang awalnya bermula dari keprihatinan pendiri kami, M. Bijaksana Junerosano, terhadap kondisi persampahan di Indonesia, kini telah bertumbuh menjadi sebuah perusahaan yang menyediakan solusi pengelolaan sampah yang bertanggung jawab yang diisi oleh orang-orang yang passionate di bidangnya.

6 tahun mungkin terlihat sebentar untuk ukuran sebuah perusahaan, namun bagi kami ini adalah perjalanan panjang yang diwarnai dengan berbagai kolaborasi, inovasi, tantangan, klien lama dan baru, serta masih banyak lagi.

Untuk itu, izinkanlah kami untuk memperkenalkan beberapa layanan dan produk terbaru dari Waste4Change sebagai bagian dari solusi terhadap permasalahan sampah yang kian genting.

1. Personal Waste Management

Layanan terbaru kami bernama Personal Waste Management, yang akan mengangkut dan mengelola sampah Anda yang sudah terpilah langsung dari rumah!

Kami menerima sampah anorganik kertas (HVS, karton, kardus) dan sampah anorganik non-kertas (plastik, gelas, logam, kemasan isi ulang/sachet, karet, tekstil). Tolong diingat bahwa kami belum bisa menerima sampah elektronik, sampah medis, serta bahan beracun dan berbahaya (B3).

Anda hanya perlu memilah sampah anorganik Anda sesuai dengan kategori dan panduan yang akan kami sediakan. Letakkan sampah tersebut ke dalam kantong sampah berwarna biru dan oranye, kemudian tunggu lah sampai hari penjemputan sampah tiba.

Biaya berlangganan servis Personal Waste Management mulai dari IDR 495.000 untuk periode 3 bulan. Anda juga bisa berlangganan layanan PWM kami selama 6 bulan (IDR 825.000) atau bahkan untuk setahun penuh (IDR 1.485.000).

Biaya yang Anda bayarkan nantinya akan dialokasikan untuk beberapa aspek: 58% untuk partner pengumpul sampah kami, 17% untuk pemasukan Waste4Change, 15% untuk partner pengelola sampah kami, serta 10% sisanya untuk perlengkapan pemilahan sampah yang akan kami sediakan untuk klien kami.

Alokasi biaya berlangganan layanan Personal Waste Management

Dengan kata lain, apabila Anda berlangganan Personal Waste Management, Anda sudah turut membantu partner pengelola sampah serta operator sampah kami untuk mendapatkan upah yang layak melalui sistem yang aman, adil, serta bisa dipertanggung jawabkan.

2. Responsible Waste Management, Sekarang Tersedia di 5 Kota Baru!

Layanan pengelolaan sampah kami yang 100% holistik untuk perusahaan, gedung, maupun bisnis kini telah diperluas layanannya untuk mencakup 5 kota baru!

Kota-kota yang sekarang sudah masuk area layanan kami yaitu Bandung, Medan, Surabaya, Sidoarjo, dan Semarang.

Dengan berlangganan layanan Responsible Waste Management, klien akan memperoleh kantong sampah terpilah, pelatihan induksi untuk staf dan karyawan sebanyak satu kali, serta laporan alur sampah sebagai masukkan kepada klien kami yang ingin terus meningkatkan sistem pengelolaan sampah mereka.

Servis RWM kami akan membantu perusahaan dan bisnis Anda untuk mengurangi secara drastis jumlah sampah yang, bila tidak dipilah dan ditangani, akan berakhir di TPA. Di saat yang bersamaan, berlangganan servis RWM juga bisa membantu meningkatkan tingkat daur ulang sampah.

3. Larva Black Soldier Flies (BSF)

Pusat Pelatihan Black Soldier Flies kami di Sidoarjo kini juga menjual berbagai macam produk hasil olahan larva Black Soldier Flies (BSF) yang bisa dimanfaatkan untuk mengelola sampah organik atau sebagai pakan ternak.

Di bawah ini adalah daftar produk BSF yang bisa digunakan untuk tujuan mengembangbiakan atau beternak BSF:

  • Telur BSF  – IDR 15,000/g (minimal order 5 g)
  • Larva BSF berusia 5 hari (5-Dol) – IDR 0,75/larva (minimal order 100.000 larva)
  • Larva BSF berusia 15 hari – IDR 6,000/kg (minimal order 10 kg)
  • Pra Pupa BSF – IDR 25,000/kg (minimal order 5 kg)
  • Pupa BSF – IDR 100/pupa (minimal order 1.000)
  • BSF Starter Kit – IDR 65,000 (minimal order 500 pupa dan 1 set telur)

Jika Anda mempertimbangkan untuk belajar lebih lanjut soal pengembangbiakan BSF atau bahkan berencana untuk memulai sendiri peternakan BSF Anda, maka Anda bisa berpartisipasi dalam program pelatihan Black Soldier Flies yang dibagi menjadi tiga macam: Pelatihan selama 1 hari, pelatihan selama 5 hari, serta pelatihan intensif selama 21 hari.

Jika Anda mencari alternatif pakan ternak yang tinggi protein dan aman untuk hewan ternak Anda, maka Anda patut mengecek beragam produk olahan BSF berikut yang saat ini tengah kami jual sebagai hasil dari kolaborasi bersama PRO BSF.

Daftar harga untuk produk-produk olahan BSF (saat ini produk yang tersedia dan siap dipesan hanyalah PRO POP, FLAKES, AND CRUMB)

1. Pro Pop: Hasil proses dari larva BSF yang telah dikeringkan dan dapat digunakan sebagai pakan binatang ternak seperti ayam, ikan, udang, dll.

Ilustrasi gambar untuk produk PRO POP
Informasi nilai gizi untuk produk PRO POP

2. Pro Flakes: Hasil olahan dari larva BSF yang telah dikeringkan selama 24 jam dengan suhu 60 derajat celcius dan dapat digunakan sebagai pakan binatang ternak dan peliharaan.

Ilustrasi gambar untuk produk PRO FLAKES
Informasi nilai gizi untuk produk PRO FLAKES

3. Pro Crumb: Hasil proses olahan larva BSF yang telah disanitasi, kemudian dikeringkan melalui proses dehidrasi, serta dicincang kasar menjadi bentuk remahan. PRO CRUMB cocok untuk digunakan sebagai pakan ikan kecil seperti ikan cupang dan ikan hias (guppy).

Ilustrasi gambar untuk produk PRO CRUMB
Informasi nilai gizi untuk produk PRO CRUMB

Untuk info dan pemesanan produk BSF, silahkan menghubungi Ardiana Rahma Safitri di nomor berikut +62 896-9960-3667

Sejauh ini, tiga hal inilah yang menjadi servis dan produk terbaru dari Waste4Change yang bisa menjadi solusi pengelolaan sampah yang bertanggung jawab untuk klien maupun masyarakat luas. Terus ikuti perkembangan kami dengan berlangganan newsletter Waste4Change dan mengikuti media sosial kami di @Waste4Change.

1 2