Industry Updates

3 Kreasi Unik Daur Ulang Botol Plastik

Bagaimana kamu mengonsumsi air di keseharianmu? Apakah kamu menggunakan air minum kemasan botol plastik? Jika iya, itu artinya kamu ikut menyumbangkan sampah botol plastik yang menghasilkan angka ribuan ton.

Recycle Bin (Sumber: Nick Fewings/Unsplash)

Pada 2021 lalu, PT Incocyle Technology yang merupakah salah satu perusahaan teknologi yang berfokus pada pengelolaan daur ulang botol plastik dan limbah plastik lainnya berhasil mengumpulkan sedikitnya 90.000 ton sampah botol plastik Polyethylene Terephthalate (PET) setiap tahunnya untuk kemudian didaur ulang kembali. 

Angka yang cukup fantastis ini dihasilkan karena kepraktisan dari air kemasan botol plastik. Karena kepraktisannya, air kemasan ini sering dikonsumsi untuk berbagai jenis acara kecil maupun besar, saat bepergian, bahkan untuk diminum dalam keseharian di rumah. 

Perjalanan Sampah Botol Plastik

Dibalik sejarah botol plastik, tujuan penggunaannya adalah untuk digunakan secara berulang karena sifatnya yang kuat, ringan serta fleksibel.

Merujuk pada sejarahnya, perjalanan botol plastik punya alur yang sangat panjang. Mulai dari ekstraksi nya gas alam serta minyak bumi sebagai bahan mentah, kemudian di pabrik ekstraksi diubah menjadi biji plastik, lalu dipanaskan hingga berbentuk botol, kemudian botol-botol tersebut dikirim serta didistribusikan, hingga hadir di tangan kita dan digunakan hanya dalam hitungan detik saja. 

Sejak awal diciptakan plastik hingga keberadaannya di tangan kita, dibutuhkan waktu hingga ribuan tahun dan telah menggunakan energi serta menghasilkan emisi yang cukup banyak. Dengan perjalanan panjang tersebut, botol plastik sebaiknya digunakan dengan bijak. Karena tidak sedikit sampah botol plastik yang mengakhiri perjalanannya di laut dan pada akhirnya mencemari ekosistem laut. Sampah botol plastik yang dihasilkan dapat dikirimkan ke penyedia jasa daur ulang plastik ataupun dimanfaatkan untuk menjadi barang yang lebih berguna. 

Ide Kreasi Daur Ulang Botol Plastik

Sampah botol plastik masih dapat digunakan ulang menjadi kreasi unik yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari. Selain menghemat uang karena tidak perlu membeli barang, pengkreasian ulang botol plastik dapat mencegahnya untuk berakhir di laut. 

  • Kebun Vertikal

Dengan menggunakan botol plastik bekas, pot tak lagi diperlukan untuk membuat kebun vertikal. Langkah pertama adalah memisahkan label botol serta bersihkan botol yang akan digunakan. Kemudian, potong bagian tengah botol dengan ukuran 3-5 cm untuk meletakkan tanah serta menanam tanaman. Kawat yang kuat dibutuhkan untuk memasangkan botol sehingga tertempel di dinding.

Untuk membuat kebun yang tidak membutuhkan lahan ini, puluhan hingga ratusan botol plastik dapat dimanfaatkan dan tidak terbuang di laut. 

  • Tempat Aksesoris

Untuk membuat tempat aksesoris yang cantik, dibutuhkan dua buah botol plastik berukuran dua liter serta satu liter. Bagian botol yang dibutuhkan adalah bagian bawah sebagai wadah untuk meletakkan aksesoris serta alas untuk membuat tempat aksesoris ini dapat berdiri.

Cara pertama adalah membersihkan botol yang telah dikumpulkan. Lalu, memotong bagian bawah botol sekitar dua hingga tiga cm sampai berbentuk piringan. Kemudian, lubangi bagian tengah piringan tersebut dan gunakan kayu atau besi untuk menempelkan piringan-piringan tersebut. Piringan pertama adalah piringan yang berasal dari botol satu liter.

Kemudian letakkan piringan tersebut menengadah ke bawah karena akan digunakan sebagai alas. Lalu rekatkan dengan lem. Berikan jarak dua hingga tiga cm untuk merekatkan piringan kedua dan ketiga yang menghadap ke atas supaya dapat digunakan untuk meletakkan aksesori. Tempat aksesoris yang cantik dan unik pun siap digunakan. 

  • Tempat Pakan Burung

Tidak banyak alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat kreasi satu ini. Hanya diperlukan botol, ranting, tali serta pisau atau gunting untuk membuat lubang.

Langkah pertama yang diperlukan adalah membersihkan botol yang akan digunakan lalu mengeringkannya. Botol yang digunakan dapat dalam ukuran apapun tergantung jenis dan besarnya burung yang akan memanfaatkan tempat makan tersebut. Semakin besar burung, maka semakin besar pula botol yang diperlukan.

Setelah dibersihkan, buat dua lubang yang berukuran ranting di sebelah kanan dan kiri botol. Ranting yang digunakan harus lebih panjang dari lebar botol sebagai tempat hinggap di satu sisi dan tempat burung untuk makan di sisi yang lainnya. Selain itu, ranting juga harus kuat agar pakan yang di dalam botol tidak tumpah saat burung hinggap di ranting tersebut.

Setelah lubang dibuat, pasangkan ranting pada lubang tersebut. Lalu langkah berikutnya adalah ikat tali pada bagian atas botol sehingga tali tersebut dapat digunakan untuk menggantung botol. Tempat pakan burung pun selesai dibuat. Pakan burung dapat diisi di botol tersebut dengan biji atau jagung sesuai dengan makanan jenis burung yang akan menggunakannya. 

Ayo mulai berkreasi dengan botol plastik bekas yang kamu miliki! Jangan biarkan botol plastik ini bermuara di laut!

Posted on Last Updated on
Bagikan Artikel Ini

Mulai Pengelolaan Sampah
Secara Bertanggung Jawab
Bersama Waste4Change

Hubungi Kami