The Complete Recyclables Guide

The Complete Recyclables List
The Complete Recyclables List

Panduan Komplit Benda yang Bisa Didaur Ulang

Benda apa saja yang bisa didaur ulang?

Bagaimana cara pemilahan yang tepat agar sampah saya benar-benar bisa didaur ulang dengan maksimal?

Apa saja produk hasil daur ulang sampah saya?

Seperti yang pernah di sebutkan di posting sebelumnya: Tips Memilah Sampah – ala Waste4Change (http://waste4change.com/how-to-sort-your-waste-the-waste4change-way/) dan 5 Tips Simpel Memilah Sampah (http://waste4change.com/5-waste-sorting-simple-tips/), negara yang berbeda memiliki teknologi berbeda dalam pemrosesan barang yang dapat didaur ulang, sehingga apa yang dianggap sebagai barang daur ulang / tidak dapat didaur ulang di satu tempat mungkin berbeda dari yang lain. Tulisan ini akan bertindak sebagai rangkuman informatif tentang produk daur ulang sampah Anda.

Plastic Waste
Plastic Waste

Plastik

Produk plastik berdasarkan jenis (baca juga: 7 Tipe Plastik yang Perlu Anda Ketahui http://waste4change.com/7-types-plastic-need-know/):

  1. PET, ex: botol air sekali pakai
  2. HDPE, mis: tutup botol plastik
  3. PVC, ex: pipa PVC, sedotan plastik
  4. LDPE, mis: tas plastik
  5. PP, mis: botol saus, wadah kosmetik
  6. Styrofoam / Polystyrene, ex: piring sekali pakai dan kemasan makanan, karton telur
  7. Jenis plastik Lainnya, mis: galon air, botol susu bayi. Plastik # 7 dianggap sebagai material yang sulit didaur ulang.

Semua sampah plastik tersebut akan dibersihkan, dibilas dan diproses menjadi pelet plastik kualitas lebih rendah dan diolah menjadi produk daur ulang plastik berkualitas jauh lebih rendah seperti tempat sampah daur ulang, karton telur, ventilasi, kemasan busa, isolasi, pena, furnitur, karpet, panel , lantai, penanda jalan, alat pembersih, dan banyak lagi.

Glass Waste
Glass Waste

Kaca

Tidak seperti bahan lain seperti plastik dan kertas, kaca adalah salah satu bahan yang hanya mengalami penurunan kualitas minimum setelah daur ulang (sumber: http://www.gpi.org/recycling/glass-recycling-facts). Itulah mengapa penggunaan bahan kaca sangat disarankan jika Anda tertarik untuk semakin mengurangi jumlah sampah yang terkumpul di TPA.

Kaca dapat didaur ulang menjadi:

  • Botol kaca lain, botol, wadah.
  • Bahan dalam beton
  • Bahan dalam cat reflektif jalan
  • Pasir di pantai yang tersapu oleh erosi
  • Lantai keramik
  • Bingkai foto
  • Fiberglass
  • Gesekan untuk pertandingan dan amunisi
  • Digunakan sebagai abrasif untuk peledakan pasir
Metal Waste
Metal Waste

Logam

Logam dapat didaur ulang berulang kali tanpa mengubah kualitas. Menurut American Iron and Steel Institute (AISI), baja adalah material yang paling banyak didaur ulang di planet ini. Logam daur ulang lainnya termasuk aluminium, tembaga, perak, kuningan, dan emas (sumber: https://www.thebalancesmb.com/an-introduction-to-metal-recycling-4057469)

Ada 2 jenis metal: ferrous dan non-ferrous. Logam ferrous adalah kombinasi besi dengan karbon. Beberapa logam ferrous umum termasuk baja karbon, baja paduan, besi tempa, dan besi cor. Di sisi lain, logam non-ferrousi termasuk aluminium, tembaga, timah, seng, dan timah. Logam mulia adalah non-ferrous. Logam mulia yang paling umum termasuk emas, platinum, perak, iridium, dan paladium.

Produk daur ulang dari dua logam daur ulang yang paling banyak adalah:

Aluminium:

  • Kaleng soda
  • Peralatan
  • Suku cadang mobil
  • Windows
  • Pintu

Baja:

  • Kaleng
  • Suku cadang mobil
  • Suku cadang jembatan
  • Peralatan
  • Bangunan
Paper Waste
Paper Waste

Kertas

Kertas hanya dapat didaur ulang beberapa kali sebelum dianggap sulit untuk didaur ulang. Serat di kertas semakin pendek setiap kali melewati proses daur ulang. Selain itu, kertas mudah terkontaminasi oleh minyak, sisa makanan, atau bahan lainnya. Karena alasan-alasan tersebut, produk kertas daur ulang yang dihasilkan cenderung menurun kualitasnya.

Beberapa jenis kertas yang kemungkinan besar sulit didaur ulang:

  • Kertas tisu
  • Kardus pizza yang telah kotor oleh minyak dan saus
  • Kertas faks
  • Kertas basah

Produk yang dihasilkan dari kertas daur ulang:

  • Kertas kantor
  • Handuk dan serbet kertas
  • Kertas toilet dan tisu
  • Kartu ucapan
  • Karton
  • Majalah & Koran
Organic Waste
Organic Waste

Sampah Organik

Sebagian besar limbah kita terdiri dari sampah organik. Ini mudah terdegradasi di alam, tetapi jika tidak diperlakukan dengan benar, itu bisa mempengaruhi kita beberapa dampak negatif. Sampah organik yang dicampur dengan sampah non-organik dan terjebak di antara sampah lain di TPA dapat menghasilkan gas metana yang mudah terbakar, menciptakan ledakan berbahaya. Gas metana juga merupakan jenis Gas Rumah Kaca (GHG) yang dapat merusak lapisan ozon kita jika dilepaskan ke lingkungan.

Ada banyak metode yang tersedia untuk memproses sampah organik Anda, seperti pengomposan, vermicomposting, lubang biopori. Beberapa produk daur ulang dari sampah organik Anda adalah:

  • Kompos
  • Biogas
  • Pakan ternak
Electronic Waste
Electronic Waste

Sampah elektronik

Karena komponennya yang berbahaya dan beracun, sampah elektronik tidak boleh dibuang sembarangan. Kebocoran komponen berbahaya bisa mencemari tanah dan air di alam, sehingga barang-barang seperti mesin cuci, televisi, microwave, handphone, kabel USB, earphone, headset, charger, komputer, kamera, kulkas, dan peralatan dapur lainnya harus disimpan di tempat yang aman sebelum didistribusikan ke agen daur ulang atau agen penjualnya untuk diproses.

Sampah elektronik akan dipreteli dan diproses sesuai dengan jenis materialnya. Komponen logam akan didistribusikan ke agen daur ulang logam, komponen plastik akan dicincang menjadi pelet plastik, begitu pula bagian-bagian kaca.

Hazardous and Toxic Waste
Hazardous and Toxic Waste

Sampah Bahan Berbahaya & Beracun (B3)

Sampah Bahan Berbahaya & Beracun (B3) harus dipisahkan dan dikantongi secara terpisah. Siapkan tempat terpisah untuk baterai dan tempat lain untuk bola lampu, sampah bahan berbahaya dan beracun harus dijauhkan dari sumber api dan harus didistribusikan ke agen daur ulang profesional terdekat, pusat daur ulang terpercaya, atau kepada penjual (jika mereka mau menerima produk yang digunakan mereka sendiri). Barang-barang yang dianggap sebagai limbah berbahaya dan beracun adalah baterai, bola lampu, kaleng semprot, dan pestisida.

Vegetable Oil
Vegetable Oil

Minyak Goreng Bekas / Minyak Limbah / Minyak Nabati

Jangan membuang minyak goreng bekas Anda sembarangan! Minyak goreng bekas dapat berfungsi sebagai kontaminan pada limbah lainnya, jadi sebaiknya simpan minyak goreng bekas Anda dalam wadah kaca / logam tertutup sebelum Anda mendistribusikannya ke agen daur ulang setempat.

Minyak goreng bekas kemungkinan ulang akan didaur ulang menjadi:

  • Sabun mandi
  • Biodiesel
Rubber Waste
Rubber Waste

Karet

Barang-barang yang terbuat dari karet seperti ban dan sarung tangan karet bisa diolah menjadi karpet, sepatu, atau beton jalan. Karet mudah terbakar, jadi sebaiknya jauhkan dari panas dan sumber api.

Wood Waste
Wood Waste

Kayu

Hal-hal seperti furnitur yang tidak terpakai kemungkinan besar akan diproses menjadi produk kertas, bahan bangunan, dan kayu komposit. Kayu mudah terbakar, jadi sebaiknya jauhkan dari panas dan sumber api.

Medical Waste
Medical Waste

Sampah Medis

Meskipun dapat didaur ulang, sampah medis harus dikumpulkan dan diproses oleh pengangkut limbah medis berlisensi. Hal-hal seperti suntikan, darah, bagian tubuh manusia, obat kedaluwarsa, dan banyak limbah medis lainnya, jika tidak ditangani dengan benar, dapat menyebabkan risiko kesehatan yang serius.

Difficult-to-Recycle Waste
Difficult-to-Recycle Waste

Lainnya/Sulit untuk didaur ulang/Sampah Residu

Secara teknis, semua bahan di dunia ini bisa didaur ulang, tetapi untuk tujuan praktis, hanya yang tidak dapat didaur ulang semudah materi lain dikategorikan sebagai residu atau sisa limbah.

Ada beberapa alasan mengapa suatu barang dikategorikan sebagai sulit untuk didaur ulang / sampah residu:

  1. Dapat menyebabkan kerusakan mesin pada proses daur ulang
  2. Dapat mencemari material lain selama proses daur ulang
  3. Dapat menyebabkan masalah produksi yang serius dalam proses daur ulang – sulit dipisahkan, sulit untuk diproses
  4. Sudah merupakan produk daur ulang dengan kualitas rendah dan karena itu tidak dapat didaur ulang lebih lanjut, terutama jika barang terbuat dari kertas atau plastik
  5. Biaya yang terkait dengan proses daur ulang terlalu tinggi

Beberapa benda yang dianggap sulit didaur ulang:

  1. Kapas
  2. Tisu basah
  3. Kertas tisu
  4. Korek kuping
  5. Tisu toilet
  6. Serbet
  7. Popok
  8. Batok kelapa
  9. Kulit durian
  10. Tekstil
  11. Sachet plastik
  12. Kemasan plastik yang dilaminasi / kantong isi ulang

Sangat disarankan untuk mengurangi penggunaan barang-barang di atas karena kualitasnya yang sulit untuk didaur ulang. Dengan jumlah uang tertentu, sisa limbah Anda dapat didaur ulang sebagai bahan dan bahan bakar ramah lingkungan untuk industri lokal. Hubungi Waste4Change jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang pengolahan limbah sisa dan lainnya, atau jika Anda memiliki pertanyaan tentang daur ulang.

Klik untuk mengunduh – DAFTAR LENGKAP SAMPAH DAUR ULANG

DAFTAR LENGKAP BENDA YANG BISA DIDAUR ULANG
DAFTAR LENGKAP BENDA YANG BISA DIDAUR ULANG

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.