JAKARTA — Waste4Change turut serta berpartisipasi dalam kegiatan Clean-up Jakarta Day 2015.Clean-up Jakarta Day sebagai kegiatan rutin yang mulai diselenggarakan sejak tahun 2013 lalu mencoba mengajak masyarakat Jakarta untuk turut berpartisipasi bergotong royong membersihkan Jakarta. Tujuannya adalah untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat mengenai masalah persampahan yang ada di Jakarta. Bahwa masalah sampah bukan hanya menjadi tanggung jawab petugas kebersihan namun menjadi tanggung jawab bersama.

Kegiatan dimulai pukul 10.00 WIB dengan memungut sampah yang tersebar di 37 lokasi di Jakarta. Waste4Change bergerak bersama Pasukan Bijak Sampah (PBS) dan ratusan relawan lainnyadengan fokus utama di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta. Dengan kerjasama kurang lebih 10.000 relawan, selama 2 jam berhasil terkumpul sampah sebanyak 100 ton. Sampah yang telah terkumpul secara terpilah ini nantinya akan diolah untuk dapat dimanfaatkan kembali.

Tersimpan sebuah harapan besar dengan terselenggaranya kegiatan ini bahwa setiap hari di Jakarta merupakan hari Clean-up Jakarta. Setiap hari adalah rutinitas menjaga kebersihan saat tiap individu sadar bahwa kebersihan merupakan tanggung jawab bersama dan mengurai masalah kebersihan, mengurai masalah sampah membutuhkan usaha bersama: semangat gotong royong. (Nurul Widiyatmoko | Editor: Annisa Paramita)