Bekasi — Waste4Change kembali menggelar pelatihan Akademi Bijak Sampah Rabu, 21 Oktober 2015 lalu. Peserta pelatihan Akademi Bijak Sampah kali ini adalah siswa SMA kelas X,XI, dan XI SMAN 13 Bekasi. Para siswa SMA ini terlihat antusias mengikuti rangkaian pelatihan dari pagi hingga sore hari.

Kegiatan dimulai dengan kunjungan ke area pengkomposan. Di sini para peserta mendapat penjelasan mengenai berbagai macam jenis-jenis sampah. Tidak hanya itu, peserta diajak terjun langsung untuk memilah sampah berdasarkan karakteristiknya.

Di area pengomposan, para peserta juga melihat langsung bagaimana proses pembuatan pupuk kompos mulai dari pupuk kompos yang berasal dari sampah organik, pupuk kompos cair, hingga pembuatan pupuk dengan metode vermicomposting. Agenda selanjutnya adalah berkunjung ke Rumah Pemulihan Materi (RPM). Di RPM peserta mendapat pengetahuan baru tentang pengolahan sampah anorganik seperti plastik, kertas, kaca, dan lain sebagainya. Sampah dikelompokkan berdasarkan jenisnya untuk kemudian diproses di mesin pencacah. Hasil dari pencacahan ini kemudian didistribusikan ke pihak ketiga untuk bisa dijadikan barang baru lagi.

Kegiatan selanjutnya peserta diajak ke kantor utama Waste4Change untuk mendapat pembekalan berupa materi terkait masalah sampah serta penanganannya saat ini yang masih memprihatinkan. Dari rangkaian acara selama satu hari para peserta akhirnya diajak untuk menyadari bahwa permasalahan sampah membutuhkan kesadaran dan upaya bersama untuk menyelesaikannya. Dengan mengikuti Akademi Bijak Sampah ini para siswa SMA 13 Bekasi siap untuk tumbuh menjadi pribadi-pribadi yang bijak terhadap pengelolaan sampahnya. Apakah Anda juga siap?