Awal Mei kemarin, kampanye #BijakKelolaSampah dilakukan olehWaste4Change di acara “Pesta Wirausaha”. Acara ini merupakan gelaran tahunan berkumpulnya para wirausahawan nasional yang diselenggarakan oleh Komunitas Bisnis Tangan Di Atas. Pesta Wirausaha 2014 dilaksanakan selama 3 hari pada 13 – 15 Mei 2014 di Gedung Sasana Kriya TMII.

Kampanye #BijakKelolaSampah kali ini dilaksanakan atas kerjasama Waste4Change dengan Tangan Di AtasHiLo, dan The Body Shop Indonesia. Selama tiga hari, kami menempatkan tempat sampah terpilah tersebar di 8 lokasi di sekitar Sasana Kriya. Tempat sampah terpilah tersebut dijaga oleh 18 orang relawan yang tergabung dalam Pasukan Bijak Sampah. Selama keberlangsungan acara, Pasukan Bijak Sampah membimbing pengunjung untuk memilah sampah dan mengingatkan pengunjung untuk bertanggung jawab terhadap sampah yang mereka hasilkan. Selain dengan bantuan Pasukan Bijak Sampah, pengunjung juga diingatkan melalui signageyang dibuat oleh tim Waste4Change dan ditempel di lokasi acara.

Untuk menarik minat pengunjung untuk terlibat dalam kampanye #BijakKelolaSampah, Waste4Change bekerjasama dengan HiLo dan The Body Shop Indonesia mengadakan kuis via twitter untuk pengunjung Pesta Wirausaha. 5 pengunjung dengan tips #BijakKelolaSampah terbaik telah mendapatkan hadiah dari The Body Shop Indonesia, sementara 5 pengunjung dengan tweetpic suasana #BijakKelolaSampah terbaik telah mendapatkan hadiah dari HiLo.

Setelah acara selesai, sampah yang terkumpul di tempat sampah terpilah kemudian dikumpulkan untuk ditimbang dan dicatat beratnya. Sampah anorganik dan sampah kertas diberikan kepada pemulung setempat, sementara sampah organik dibuang ke Tempat Pemrosesan Akhir (TPA). Dalam tiga hari acara tersebut, 15.000 pengunjung Pesta Wirausaha telah menghasilkan sebesar 284,26 kg sampah dengan komposisi 28% organik, 22% kertas, dan 50% anorganik. Sampah yang terkumpul selain di tempat sampah terpilah tidak dihitung dalam perhitungan ini dan tidak menjadi tanggung jawab Waste4Change.

Waste4Change mengucapkan terimakasih untuk dukungan Komunitas Bisnis Tangan Di AtasHiLo, dan The Body Shop Indonesia dalam keberlangsungan kampanye #BijakKelolaSampah di Pesta Wirausaha 2014. Tidak lupa, kami juga berterimakasih kepada 18 orang relawan Pasukan Bijak Sampah. Sampai bertemu di kampanye #BijakKelolaSampah berikutnya!