Kalbe Junior Science Fair (KJSF) adalah acara yang diselenggarakan oleh PT Kalbe Farma, Tbk. pada 20-22 September 2013. Acara ini merupakan festival sains anak-anak terbesar di Indonesia yang telah diselenggarakan empat kali. Rangkaian acara yang diselenggarakan antara lain kompetisi sains, stand games edukatif dan performance.

Waste4Change berpartisipasi dalam KJSF sebagai pihak pengelola sampah acara ini. Bekerjasama dengan penyelenggara acara yaitu PT Kalbe Farma Tbk, kami mengedukasi pengunjung untuk bertanggung jawab terhadap sampah yang mereka hasilkan melalui kampanye #BijakKelolaSampah. Dibantu oleh sekitar 40 orang relawan yang bertugas sebagai “polisi lingkungan” atau dikenal juga sebagai Pasukan Bijak Sampah, anak-anak dan pengunjung KJSF dibimbing memilah sampahnya dengan baik dan benar.

Selain mengedukasi pengunjung, relawan juga menarik testimonial dari pengunjung mengenai kegiatan kampanye #BijakKelolaSampah. Dari 184 responden yang dimintai testimoninya, 82% responden mengatakan bahwa berdasarkan pengalaman mereka biasanya acara dan kegiatan besar menyisakan sampah yang kotor dan berserakan. Namun, di acara KJSF ini, 50% responden mengakui bahwa kondisi kebersihan dan pengelolaan sampahnya sudah baik.

Pada akhir acara, sampah yang terkumpul ditimbang dan dicatat. Selama tiga hari, total timbulan sampah acara KJSF di Ecovention Hall Ancol yaitu sebanyak 3004 kg atau 3 ton. Sampah yang terkumpul kemudian diangkut oleh Ancol Zero Waste dan Pemda Jakarta.